Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sejumlah mahasiswa dari suatu Universitas melakukan penelitian di Pampang (kampung Dayak) untuk mengkaji tentang makna-makna simbolik yang masih terus eksis dipertahankan oleh masyarakat adat di daerah tersebut. Berdasarkan tempat berlangsungnya, penelitian yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa masuk kedalam jenis penelitian….

Sejumlah mahasiswa dari suatu Universitas melakukan penelitian di Pampang (kampung Dayak) untuk mengkaji tentang makna-makna simbolik yang masih terus eksis dipertahankan oleh masyarakat adat di daerah tersebut. Berdasarkan tempat berlangsungnya, penelitian yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa masuk kedalam jenis penelitian….

  1. historis

  2. pustaka

  3. evaluasi

  4. rekayasa

  5. lapangan

Iklan

P. Nabilah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Penelitian lapanganmerupakan salah satu metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif yang tidak memerlukan pengetahuan mendalam akan literatur yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak peneliti. Penelitian lapangan biasa dilakukan untuk memutuskan ke arah mana penelitiannya berdasarkan konteks. Penelitian lapangan biasa diadakan di luar ruangan. Ketika peneliti melakukan penelitian lapangan, ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan: Mengamati kejadian sehari-hari yang biasa/tidak biasa dalam setting kehidupan sehari-hari Terlibat langsung apakah orang yang diteliti Memperoleh sudut pandang orang yang diteliti sekaligus mempertahankan perspektif analitis orang luar Menggunakan beragam teknik dan keterampilan sosial secara luwes. Menghimpun data berbentuk catatan rinci, bagan , peta , maupun gambar untuk keperluan deskripsi . Memandang gejala dalam konteks sosial . Mengembangkan empati dengan orang yang diteliti Memperhatikan aspek-aspek kebudayaan . Tidak memaksakan sudut pandang sebagai orang luar. Mampu mengatasi stres, ketidakpastian , dan masalah-masalah etis. Mahasiswa turun langsung melakukan penelitian di Pampang dan mengamati secara langsung, sehingga mahasiswa tersebut melakukan penelitian lapangan.

Penelitian lapangan merupakan salah satu    dalam penelitian  yang tidak memerlukan  mendalam akan  yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak peneliti. Penelitian lapangan biasa dilakukan untuk memutuskan ke arah mana penelitiannya berdasarkan konteks. Penelitian lapangan biasa diadakan di luar ruangan. Ketika peneliti melakukan penelitian lapangan, ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan:

  • Mengamati kejadian sehari-hari yang biasa/tidak biasa dalam  kehidupan sehari-hari
  • Terlibat langsung apakah orang yang diteliti
  • Memperoleh sudut pandang orang yang diteliti sekaligus mempertahankan perspektif analitis orang luar
  • Menggunakan beragam  dan   secara luwes.
  • Menghimpun data berbentuk catatan rinci, , , maupun gambar untuk keperluan .
  • Memandang gejala dalam konteks .
  • Mengembangkan empati dengan orang yang diteliti
  • Memperhatikan aspek-aspek .
  • Tidak memaksakan sudut pandang sebagai orang luar.
  • Mampu mengatasi stres, , dan masalah-masalah etis.

Mahasiswa turun langsung melakukan penelitian di Pampang dan mengamati secara langsung, sehingga mahasiswa tersebut melakukan penelitian lapangan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan tabel berikut ini ! Catatan lapangan mengenai perilaku disiplin siswa saat kegiatan belajar tersebut dituangkan dalam bentuk... .

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia