Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sejarah politik baru, pembahasannya lebih menekankan pada hal-hal sebagai berikut, kecuali ....

Sejarah politik baru, pembahasannya lebih menekankan pada hal-hal sebagai berikut, kecuali ....

  1. struktur politik

  2. kepemimpinan

  3. para elite

  4. otoritas

  5. tokoh-tokoh besar

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yan tepat adalah yang E.

jawaban yan tepat adalah yang E.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sejarah politik bangsaIndonesia itu berawal dari zaman prasejarah,pada saat itu pemerintahan di Indonesia berbentuk kesukuan yang dipimpin oleh seorang kepala suku.Selanjutnya ketika masuk kebudayaanHindu-Budhasistem pemerintahanberganti menjadi kerajaan, pada masa Islam menjadi kesultanan, danketika bangsaEropa datang, para penguasa tradisional baik raja, sultan dan kepala suku itu berada di bawah pmerintahan kolonial, begitu juga pada masa TiraniJepang.Setelah Indonesia merdeka hingga sekarang sistem pemerintahan yang digunakan adalahNegaraRepublikyang dipimpinoleh seorangpresiden. Pembahasan pada sejarah politik lama biasanya mengutamakan masalah diplomasi dan peran tokoh-tokohbesar, seperti pembahasan peranan para pahlawan. Kalaupolitik baru pembahasannya menggunakan pendekatan dari berbagai ilmu-ilmu sosial, seperti bagaimana jalannya pemerintahan, mengenai orang-orangyang bisa menguasai politik dan perekonomian, kewenangan yang dijalankan tokoh politik dan bagaimana perilaku tokoh politik menjalankan pemerintahannya. Jadi, jawaban yan tepat adalah yang E.

Sejarah politik bangsa Indonesia itu berawal dari zaman prasejarah, pada saat itu pemerintahan di Indonesia berbentuk kesukuan yang dipimpin oleh seorang kepala suku. Selanjutnya ketika masuk kebudayaan Hindu-Budha sistem pemerintahan berganti menjadi kerajaan, pada masa Islam menjadi kesultanan, dan ketika bangsa Eropa datang, para penguasa tradisional baik raja, sultan dan kepala suku itu berada di bawah pmerintahan kolonial, begitu juga pada masa Tirani Jepang. Setelah Indonesia merdeka hingga sekarang sistem pemerintahan yang digunakan adalah Negara Republik yang dipimpin oleh seorang presiden.

Pembahasan pada sejarah politik lama biasanya mengutamakan masalah diplomasi dan peran tokoh-tokoh besar, seperti pembahasan  peranan para pahlawan. Kalau politik baru pembahasannya menggunakan pendekatan dari berbagai ilmu-ilmu sosial, seperti bagaimana jalannya pemerintahan, mengenai orang-orang yang bisa menguasai politik dan perekonomian, kewenangan yang dijalankan tokoh politik dan bagaimana perilaku tokoh politik menjalankan pemerintahannya. 

Jadi, jawaban yan tepat adalah yang E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

40

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kajian tentang tulisan-tulisan kuno, termasuk ilmu membaca, menentukan waktu (tanggal) dan menganalisis tulisan-tulisan kuno disebut ...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia