Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sejarah pertempuran Surabaya dilatar belakangi oleh?

Sejarah pertempuran Surabaya dilatar belakangi oleh? 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maka Pertempuran Surabaydilatar belakangi oleh kedatangan Sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby, penolakan ultimatum warga Surabaya untuk menyerah dan meletakkan senjata, hingga seruan Resolusi Jihad 22 Oktober 1945.

maka Pertempuran Surabay dilatar belakangi oleh kedatangan Sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby, penolakan ultimatum warga Surabaya untuk menyerah dan meletakkan senjata, hingga seruan Resolusi Jihad 22 Oktober 1945.

Iklan

Pembahasan

Pertempuran Surabaya meletus pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran tersebut merupakan pertempuran melawan sekutu dalam skalabesar yang pertama pasca kemerdekaan Indonesia. Pertempuran tersebut dilatar belakangi oleh sejumlah faktor, yakni kedatangan Sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby dalam sebuah insiden, penolakan ultimatum warga Surabaya untuk menyerah dan meletakkan senjata, hingga seruan Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 sebagai upaya menegakkan kemerdekaan dan mengusir penjajah. Pertempuran 10 November berlangsung selama beberapa minggu dan menelan banyak korban jiwa, baik dari pejuang Republik maupun Sekutu. Dengan demikian, maka Pertempuran Surabaydilatar belakangi oleh kedatangan Sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby, penolakan ultimatum warga Surabaya untuk menyerah dan meletakkan senjata, hingga seruan Resolusi Jihad 22 Oktober 1945.

Pertempuran Surabaya meletus pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran tersebut merupakan pertempuran melawan sekutu dalam skala besar yang pertama pasca kemerdekaan Indonesia. Pertempuran tersebut dilatar belakangi oleh sejumlah faktor, yakni kedatangan Sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby dalam sebuah insiden, penolakan ultimatum warga Surabaya untuk menyerah dan meletakkan senjata, hingga seruan Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 sebagai upaya menegakkan kemerdekaan dan mengusir penjajah. Pertempuran 10 November berlangsung selama beberapa minggu dan menelan banyak korban jiwa, baik dari pejuang Republik maupun Sekutu. 

Dengan demikian, maka Pertempuran Surabay dilatar belakangi oleh kedatangan Sekutu yang diboncengi oleh NICA, terbunuhnya Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby, penolakan ultimatum warga Surabaya untuk menyerah dan meletakkan senjata, hingga seruan Resolusi Jihad 22 Oktober 1945.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Puncak pertempuran yang terjadi pada tanggal 10 November 1945sehingga kota Surabaya berhasil dipertahankan oleh rakyatnya walaupun banyak para pejuang gugur di medan perang. Peristiwa tersebut disebut...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia