Sejak menjadi anggota pramuka di sekolah, Hasan menjadi lebih berpikiran kritis, terutama terhadap masalah-masalah lingkungan dan pelestarian kebudayaan. Ia selalu mengemukakan pendapatnya tanpa ragu-ragu dengan gaya bicara yang lugas, jelas, sistematis, dan sopan. Selain berpikiran demokratis, Hasan juga lebih mudah menyesuaikan diri terhadap orang lain. Segala potensi yang dimiliki Hasan tersebut merupakan hasil dari fungsi media sosialisasi ....

Pertanyaan

Sejak menjadi anggota pramuka di sekolah, Hasan menjadi lebih berpikiran kritis, terutama terhadap masalah-masalah lingkungan dan pelestarian kebudayaan. Ia selalu mengemukakan pendapatnya tanpa ragu-ragu dengan gaya bicara yang lugas, jelas, sistematis, dan sopan. Selain berpikiran demokratis, Hasan juga lebih mudah menyesuaikan diri terhadap orang lain. Segala potensi yang dimiliki Hasan tersebut merupakan hasil dari fungsi media sosialisasi ....space 

  1. keluargaspace 

  2. kelompok persahabatanspace 

  3. sekolahspace 

  4. lingkungan kerjaspace 

  5. media massaspace 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.space space space space space space space 

Pembahasan

Poin pada soal terkait pada agen sosialisasi pada individu.

Sosialisasi adalah proses individu belajar berinteraksi dengan menghayati norma dan nilai sosial yang ada dimasyarakat. Sehingga sosialisasi ini akan mempengaruhi pada pembentukan diri seorang individu dan kerpibadian dalam menyerap nilai dan norma dalam kehidupan sosial.  Untuk membantu individu memahami nilai dan norma yang berlaku ada pihak-pihak yang berperan atau agen-agen dalam proses sosialisasi yaitu keluarga, sekolah, teman sepermainan dan media massa.

Jika dianalisis dalam ilustrasi pada soal pembentukan diri atau kepribadian individu, terletak dalam agen sosialisasi yaitu sekolah, karena sekolah merupakan lembaga pendidikan yang berperan untuk mengembangkan potensi murid yang ada melalui proses pembelajaran dan mengenalkan nilai-nilai positif agar para murid dapat menyesuaikan dengan lingkungan sosial yang lebih luas nantinya. Karena peran utama sekolah dalam menjadi media atau agen sosialisasi yaitu :

1. Sekolah menjadi media transmisi kebudayaan, berupa ilmu pengetahuan, kecakapan, maupun nilai dan sikap.
2. Sekolah mengajarkan peranan sosial, seperti memberikan peran dalam berbagai organisasi. Sekolah juga menciptakan integrasi sosial, seperti mengajarkan nilai-nilai hidup bersama dan toleransi kepada para siswa.
3. Sekolah melahirkan terobosan baru dengan menciptakan hal baru dalam kegiatan belajar mengajar.
4. Sekolah membentuk kepribadian siswa dengan dibiasakan tertib, berpikir logis dan maju, hidup berencana, bekerja sama, berpacu dalam prestasi, serta saling menghargai dan tenggang rasa.

Sehingga salah satu media sosialisasi di sekolah adalah kegiatan pramuka sebagai oraganisasi dalam sekolah untuk pembentukan kepribadian seorang individu, dimana para peserta belajar untuk berani berbicara, kritis, dan beratanggung jawab tanpa menghilangkan nilai-nilai kesopanan yang berlaku dimasyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space space space space space space 

391

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di beberapa sekolah di Kota Ruangjaya diisi dengan sosialisasi kenakalan remaja dan tertib berlalu lintas. Selain beradaptasi dengan lingkungan sekol...

69

2.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia