Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sejak menjadi anggota OSIS di sekolah Rina yang pemalu, menjadi pemberani, lebih berfikir kritis, sistematis, dan sopan. Rina juga peduli dengan masalah lingkungan dan pelestarian budaya, serta mudah bergaul. Segala potensi yang dimiliki Rina merupakan hasil dari fungsi dari sosialisasi yang dipengaruhi oleh faktor....

Sejak menjadi anggota OSIS di sekolah Rina yang pemalu, menjadi pemberani, lebih berfikir kritis, sistematis, dan sopan. Rina juga peduli dengan masalah lingkungan dan pelestarian budaya, serta mudah bergaul. Segala potensi yang dimiliki Rina merupakan hasil dari fungsi dari sosialisasi yang dipengaruhi oleh faktor....

  1. keluarga

  2. media massa

  3. kelompok sebaya

  4. lingkungan sekolah

  5. lingkungan kerja

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Agen sosialisasi lingkungan sekolah memberikan manfaat kepada individu karena agen ini memberikan nilai-nilai baru yang tidak ia dapatkan dari keluarga dan teman bermain. Sekolah tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan yang mempengaruhi perkembangan intelektual anak, tetapi juga hal lain seperti kemandirian, tanggung jawab, dan tata tertib, keberanian, kekritisan, kepdulian dengan budaya, sikap empati dan mudah bergaul. Sehingga Rina yang semula pemalu, menjadi pemberani, lebih berfikir kritis, sistematis dan sopan, peduli dengan masalah lingkungan dan pelestarian budaya serta mudah bergaul merupakan hasil dari fungsi sosialisasi lingkungan sekolah. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Agen keluarga berfungsi dalam memberikan nilai-nilai pokok kepada individu, melalui keluarga arah kepribadian anak sangat ditentukan. Media Massa berfungsi dalam memberikan wawasan global kepada masyarakat, serta nilai-nilai umum yang ada dalam setiap masyarakat seluruh dunia. Kelompok sebaya berfungsi dalam memberikan nilai-nilai sportifitas, solidaritas, empati, kejujuran.

Agen sosialisasi lingkungan sekolah memberikan manfaat kepada individu karena agen ini memberikan nilai-nilai baru yang tidak ia dapatkan dari keluarga dan teman bermain. Sekolah tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan yang mempengaruhi perkembangan intelektual anak, tetapi juga hal lain seperti kemandirian, tanggung jawab, dan tata tertib, keberanian, kekritisan, kepdulian dengan budaya, sikap empati dan mudah bergaul. Sehingga Rina yang semula pemalu, menjadi pemberani, lebih berfikir kritis, sistematis dan sopan, peduli dengan masalah lingkungan dan pelestarian budaya serta mudah bergaul merupakan hasil dari fungsi sosialisasi lingkungan sekolah.

 Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Agen keluarga berfungsi dalam memberikan nilai-nilai pokok kepada individu, melalui keluarga arah kepribadian anak sangat ditentukan.
  • Media Massa berfungsi dalam memberikan wawasan global kepada masyarakat, serta nilai-nilai umum yang ada dalam setiap masyarakat seluruh dunia.
  • Kelompok sebaya berfungsi dalam memberikan nilai-nilai sportifitas, solidaritas, empati, kejujuran.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Contoh sosialisasi yang dilakukan oleh lingkungan sekolah adalah …

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia