Sejak 2002 hingga sekarang masih banyak terjadi klaim kebudayaan Indonesia oleh negara lain. Misalnya klaim batik, reog Ponorogo, dan angklung oleh Malaysia beberapa tahun silam. Meskipun klaim kebudayaan tersebut lemah dan pada akhirnya kebudayaan tersebut diakui dunia internasional sebagai budaya asli Indonesia oleh UNESCO. Namun, bukan berarti bangsa Indonesia tidak perlu melakukan apapun untuk menjaga eksistensi budaya bangsa. Kasus klaim budaya seharusnya bisa menjadi peringatan sebab banyaknya budaya Indonesia tidak diimbangi dengan jumlah masyarakatnya yang mau mempelajari dan melestarikan. Upaya pemajuan kebudayaan yang tepat berdasarkan permasalahan tersebut adalah ….

Pertanyaan

Sejak 2002 hingga sekarang masih banyak terjadi klaim kebudayaan Indonesia oleh negara lain. Misalnya klaim batik, reog Ponorogo, dan angklung oleh Malaysia beberapa tahun silam. Meskipun klaim kebudayaan tersebut lemah dan pada akhirnya kebudayaan tersebut diakui dunia internasional sebagai budaya asli Indonesia oleh UNESCO. Namun, bukan berarti bangsa Indonesia tidak perlu melakukan apapun untuk menjaga eksistensi budaya bangsa. Kasus klaim budaya seharusnya bisa menjadi peringatan sebab banyaknya budaya Indonesia tidak diimbangi dengan jumlah masyarakatnya yang mau mempelajari dan melestarikan.

Upaya pemajuan kebudayaan yang tepat berdasarkan permasalahan tersebut adalah ….space space

  1. giat mengajukan dan meratifikasi konvensi UNESCOspace space

  2. mengintensifkan diplomasi kebudayaan dengan Malaysiaspace space

  3. mempromosikan pariwisata budaya secara masif dalam skala globalspace space

  4. menginisiasi pendirian sanggar seni dan kampanye pelestarian budayaspace space

  5. berkolaborasi dengan tokoh adat untuk berdiskusi dengan negara pengklaimspace space

I. Surya

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space space

Pembahasan

Banyaknya masalah klaim budaya masih bisa terselesaikan di masa kini. Namun, potensi klaim budaya masih bisa berlanjut di masa yang akan datang. Misalnya di masa yang akan datang terjadi klaim objek budaya lain milik Indonesia. Namun, jika tidak ada pencatatan yang sah dan tidak ada yang melestarikan budaya tersebut, maka klaim tersebut akan sulit dipatahkan. Oleh karena itu, perlu upaya – upaya mewariskan budaya kepada generasi muda. Contohnya melalui pengajaran kebudayaan, untuk kebudayaan yang berupa seni dapat diajarkan di sanggar seni, selanjutnya agar penyebaran kebudayaan lebih masif dapat melalui kampanye pelestarian budaya, dan lain – lain. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space

29

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Setiap individu dari berbagai lapisan masyarakat berhak dan berkewajiban untuk berperan aktif dalam memajukan kebudayaan Indonesia. Hal ini sesuai dengan asas ….

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia