Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seiring perkembangan zaman, tuntutan pendidikan yang bermutu menu- akibatkan naiknya biaya pendidikan. Akibatnya, masyarakat kurang mampu semakin sulit menyekolahkan anaknya serta banyak anak usia sekolah terpaksa putus sekolah karena biaya mahal. Kutipan di atas menunjukkan telah terjadi ketimpangan sosial. Kondisi ini terjadi karena....

Seiring perkembangan zaman, tuntutan pendidikan yang bermutu menu- akibatkan naiknya biaya pendidikan. Akibatnya, masyarakat kurang mampu semakin sulit menyekolahkan anaknya serta banyak anak usia sekolah terpaksa putus sekolah karena biaya mahal. Kutipan di atas menunjukkan telah terjadi ketimpangan sosial. Kondisi ini terjadi karena....

  1. Terdapat hubungan antara perkembangan zaman dan kemajuan pendidikan

  2. Masyarakat lapisan bawah tidak mampu mengakses pendidikan bermutu

  3. Masyarakat menjadi tidak mampu karena biaya pendidikan mahal

  4. Tingginya biaya pendidikan menyebabkan peserta didik tidak cerdas

  5. Harapan masyarakat agar anaknya pintar tidak tercapai

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban: B.Salah satu bentuk ketimpangan sosial nonekonomi terjadi dalam bidang pendidikan. Adapun bentuk ketimpangan pendidikan sebagai berikut. 1. Sarana dan prasarana pendidikan belum merata di seluruh wilayah Indonesia. Bagi masyarakatyang hidup di kota, gedung sekolah yang bersih dan kukuh serta berbagai fasilitas dapat dinikmati oleh mereka. Akan tetapi, fasilitas tersebut kadang sulit dinikmati bagi masyarakat yang tinggal di daerah pelosok. Masih banyak fasilitas pendidikan di daerah pelosok Indonesia masih minim. 2. Dilihat dari keterjangkauan akses pendidikan. Adanya globalisasi mendorong terjadi peningkatan mutu dan standar pendidikan. Peningkatan tersebut berdampak pada naiknya biaya mengakses pendidikan. Kondisi ini menyebabkan masyarakat miskin semakin sulit mengakses dan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. 3. Dilihat dari tujuan pokoknya, globalisasi mendorong pendidikan menyesuaikan standar internasional, misalnya penggunaan bahasa asing dalam setiap kegiatan pembelajaran. Banyak lembaga pendidikan disyaratkan menerapkan penggunaan bahasa asing, tetapi realitasnya terkendala pada keterbatasan tenaga pengajar, sarana, dan prasarana. Berdasarkan penjelasan tersebut dengan menghubungkan pada ilustrasi soal, ketimpangan sosial dalam bidang pendidikan terjadi karena peningkatan mutu pendidikan mengakibatkan naiknya biaya pendidikan sehingga masyarakat lapisan bawah (miskin) tidak mampu mengakses pendidikan bermutu dengan harga yang mahal.

Jawaban: B. Salah satu bentuk ketimpangan sosial nonekonomi terjadi dalam bidang pendidikan. Adapun bentuk ketimpangan pendidikan sebagai berikut.

1. Sarana dan prasarana pendidikan belum merata di seluruh wilayah Indonesia. Bagi masyarakatyang hidup di kota, gedung sekolah yang bersih dan kukuh serta berbagai fasilitas dapat dinikmati oleh mereka. Akan tetapi, fasilitas tersebut kadang sulit dinikmati bagi masyarakat yang tinggal di daerah pelosok. Masih banyak fasilitas pendidikan di daerah pelosok Indonesia masih minim.

2. Dilihat dari keterjangkauan akses pendidikan. Adanya globalisasi mendorong terjadi peningkatan mutu dan standar pendidikan. Peningkatan tersebut berdampak pada naiknya biaya mengakses pendidikan. Kondisi ini menyebabkan masyarakat miskin semakin sulit mengakses dan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

3. Dilihat dari tujuan pokoknya, globalisasi mendorong pendidikan menyesuaikan standar internasional, misalnya penggunaan bahasa asing dalam setiap kegiatan pembelajaran. Banyak lembaga pendidikan disyaratkan menerapkan penggunaan bahasa asing, tetapi realitasnya terkendala pada keterbatasan tenaga pengajar, sarana, dan prasarana. Berdasarkan penjelasan tersebut dengan menghubungkan pada ilustrasi soal, ketimpangan sosial dalam bidang pendidikan terjadi karena peningkatan mutu pendidikan mengakibatkan naiknya biaya pendidikan sehingga masyarakat lapisan bawah (miskin) tidak mampu mengakses pendidikan bermutu dengan harga yang mahal.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

111

Naufal Mirza

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pesatnya perkembangan Industri yang mengglobal jika tidak di imbangi dengan kualitas pendidikan yang sepadan maka hal ini akan berdampak pada….

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia