Roboguru

Secara keseluruhan atom bersifat netral, sedangkan di dalam atom terdapat partikel-partikel bermuatan seperti proton dan elektron. Bagaimana Anda dapat menjelaskan hal ini?

Pertanyaan

Secara keseluruhan atom bersifat netral, sedangkan di dalam atom terdapat partikel-partikel bermuatan seperti proton dan elektron. Bagaimana Anda dapat menjelaskan hal ini?space 

Pembahasan Soal:

Di dalam atom terdapat partikel-partikel subatomik bermuatan, yaitu proton yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif. Atom dapat bermuatan netral menunjukkan bahwa muatan positif dan muatan negatif sebanding karena muatan yang berlawanan akan saling meniadakan. Dengan kata lain, jumlah proton dan elektron sama di dalam atom. Ketika jumlah proton atau elektron lebih banyak, atom akan menjadi bermuatan.


Jadi, di dalam atom terdapat proton yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif. Atom bermuatan netral karena jumlah proton dan elektron sama di dalam atom. Namun, ketika jumlah proton atau elektron lebih banyak, atom akan menjadi bermuatan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved