Iklan

Iklan

Pertanyaan

Secara geografis, letak geografis Indonesia yang cukup strategis menyebabkan Jepang merasa sangat perlu menguasai Indonesia. Mengapa? Jelaskan.

Secara geografis, letak geografis Indonesia yang cukup strategis menyebabkan Jepang merasa sangat perlu menguasai Indonesia. Mengapa? Jelaskan.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Indonesia secara geografis penting untuk dikuasai karena kaya akan sumber daya alam (minyak bumi) dan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam perang Jepang.

Indonesia secara geografis penting untuk dikuasai karena kaya akan  sumber daya alam (minyak bumi) dan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam perang Jepang.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Indonesia memiliki sumber-sumber alam yang melimpah utamanya minyak bumi. Penguasaan Jepang atas sumber alam digunakan untuk menyokong kebutuhan perang dan industrinya. Minyak bumi menjadi bahan mentah industri perang dan logistik untuk cadangan aluminium. Jepang melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah penghasil minyak bumi seperti Sumatera dan Kalimantan. Jepang juga mengekspansi Jawa yang merupakan wilayah penghasil beras dengan jumlah yang besar. Hal ini diperlukan Jepang untuk memenuhi pasokan pangan tentaranya. Selain itu, Jawa dinilai penting karena mempunyai sumber daya manusia yang banyak, sehingga dapat menambah kekuatan tentara Jepang. Jawa dirancang sebagai daerah pusat penyediaan operasi militer di Asia Tenggara, sementara Sumatera sebagai sumber pasokan minyak bumi. Dengan demikian, Indonesia secara geografis penting untuk dikuasai karena kaya akan sumber daya alam (minyak bumi) dan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam perang Jepang.

Indonesia memiliki sumber-sumber alam yang melimpah utamanya minyak bumi. Penguasaan Jepang atas sumber alam digunakan untuk menyokong kebutuhan perang dan industrinya. Minyak bumi menjadi bahan mentah industri perang dan logistik untuk cadangan aluminium. Jepang melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah penghasil minyak bumi seperti Sumatera dan Kalimantan.  Jepang juga mengekspansi Jawa yang merupakan wilayah penghasil beras dengan jumlah yang besar. Hal ini diperlukan Jepang untuk memenuhi pasokan pangan tentaranya. Selain itu, Jawa dinilai penting karena mempunyai sumber daya manusia yang banyak, sehingga dapat menambah kekuatan tentara Jepang. Jawa dirancang sebagai daerah pusat penyediaan operasi militer di Asia Tenggara, sementara Sumatera sebagai sumber pasokan minyak bumi.

Dengan demikian, Indonesia secara geografis penting untuk dikuasai karena kaya akan  sumber daya alam (minyak bumi) dan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam perang Jepang.

Latihan Bab

Kedatangan Jepang

Kebijakan Masa Jepang

Perlawanan pada Masa Pendudukan Jepang

Konsep Kilat

85

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dampak dari kemenangan Jepang di beberapa front Perang Asia Pasifik bagi kolonialisme Belanda di Indonesia adalah ….

131

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia