Roboguru

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu...

Pertanyaan

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu...

  1. Benua Asia dan Benua Australia

  2. Benua Asia dan Benua Amerika

  3. Benua Australia dan Eropa

  4. Samudra Pasifik dan Samudra Hindia

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi silang, yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan letak wilayah secara astronomis dan geografis negara anggota ASEAN pada tabel berikut!

Pembahasan Soal:

Letak astronomis adalah posisi suatu tempat yang dilihat berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Sementara itu, letak geografis adalah posisi suatu tempat berdasarkan kenyataanya di permukaan bumi. Berdasarkan letak astronomis, Indonesia berada di antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Sementara itu berdasarkan letak geografis, Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dan berada di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Roboguru

Angin muson Barat yang bertiup dari Benua Asia menuju Benua Australia melewati wilayah Indonesia pada bulan...

Pembahasan Soal:

Angin muson atau disebut juga angin musim merupakan gerakan massa udara yang terjadi karena perbedaan tekanan antara daratan dan lautan. Sementara itu, di wilayah tropis, angin muson dipengaruhi perbedaan sinar matahari. Angin muson sendiri terbagi menjadi dua yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Perbedaan keduanya terletak pada arah angin, waktu terjadinya, dan dampak yang dihasilkan angin tersebut. Angin muson barat bertiup dari benua Asia ke benua Australia pada bulan Oktober hingga April. Ini terjadi karena tekanan udara di benua Asia lebih tinggi dibandingkan benua Australia. Angin ini bertiup melewati Samudera Hindia sehingga banyak membawa uap air. Akibatnya, Indonesia mengalami musim penghujan. Sebaliknya, angin muson timur bertiup dari Australia menuju Asia pada bulan April hingga Oktober. Hal tersebut terjadi karena tekanan udara di benua Australia lebih tinggi dibandingkan benua Asia. Angin ini hanya sedikit membawa uap air sehingga Indonesia mengalami musim kemarau.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Jika di Papua (WIT) menunjukkan pukul 09.00 maka pada waktu yang sama di Indramayu (WIB) menunjukkan pukul...

Pembahasan Soal:

Penentuan waktu di suatu tempat didasarkan pada posisi garis bujur. Sementara itu, keberadaan garis lintang lebih tepat digunakan untuk mengukur lamanya durasi siang atau matahari bersinar di lokasi tersebut. Dalam satu hari, bumi berputar pada porosnya selama 23 jam 56 menit kemudian dibulatkan menjadi 24 jam. Perputaran tersebut menyebabkan bumi berada pada posisi celestial sphere dan membentuk satu lingkaran penuh. Mengingat satu lingkaran penuh adalah 360° dan ditempuh dalam 24 jam, maka 1 jam sama dengan 15°. Kemudian, setiap panjang garis bujur 15° ditetapkan sebagai zona waktu tersendiri dengan rumus GMT+waktu area tersebut. Oleh sebab itu, wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu karena memiliki panjang garis bujur 44°. Lalu, total panjang garis bujur tersebut (44°) dibagi dengan konversi satu jam ke dalam satuan derajat (15°). Hasil perhitungan tersebut adalah 2,93 dan bisa dibulatkan menjadi 3. Jadi, panjang waktu keseluruhan di Indonesia adalah 3 jam. Atas dasar inilah wilayah Indonesia dibagi menjadi 3 zona waktu, yaitu WIB, WITA dan WIT.

Papua (WIT)        = 09.00

Indramayu (WIB) = 09.00 – 2 jam = 07.00 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Akibat letak astronomisnya, Indonesia memiliki dua musim yaitu...

Pembahasan Soal:

Jika dilihat dari letak astronomis, maka wilayah Indonesia terletak pada daerah tropis. Daerah tropis terletak diantara 0LU – 23½LU dan 0Ls – 23½LS. Di daerah tropis, kita hanya mengenal dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Jika dilihat dari letak astronomis, maka wilayah Indonesia terletak pada daerah tropis. Daerah tropis terletak diantara 0LU – 23½LU dan 0Ls – 23½LS. Di daerah tropis, kita hanya mengenal dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Untuk musim penghujan terutama terjadi pada saat angin bertiup muson barat, sedangkan untuk musim kemarau terjadi saat angin bertiup muson timur.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Kondisi geografis Pulau Jawa adalah ...

Pembahasan Soal:

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau terbesar di negara Indonesia. Pulau Jawa dikelilingi beberapa perairan, yaitu Laut Jawa, Selat Sunda, Samudera Hindia, dan Selat Bali. Pulau Jawa terbentang dari barat ke timur dengan luas 126.700 space text km end text squared. Daratan Pulau Jawa memiliki barisan gunung berapi aktif yang membentang dari barat ke timur dengan ketinggian pengunungan aktif tertinggi sekitar 3000 meter diatas permukaan laut (mdpl), yaitu Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Gunung Bromo di Jawa Timur.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved