Roboguru

Sebutkan zat-zat yang terdapat dalam gas alam!

Pertanyaan

Sebutkan zat-zat yang terdapat dalam gas alam!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Gas alam merupakan bahan bakar fosil berupa alkana suku rendah. Komposisi gas alam secara umum adalah

Jadi, zat-zat yang terdapat dalam gas alam adalah metana, etana, propana, butana, bold CO subscript bold 2 bold comma bold space bold O subscript bold 2 bold comma bold space bold N subscript bold 2 bold comma bold space bold H subscript bold 2 bold S bold comma bold spacedan gas lain.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan zat polutan yang dihasilkan dari pembakaran gas alam!

Pembahasan Soal:

Gas alam merupakan bahan bakar fosil berupa alkana suku rendah. Pembakaran gas alam untuk energi menghasilkan emisi lebih sedikit pada hampir semua jenis polutan udara dan karbon dioksida open parentheses C O subscript 2 close parentheses per unit panas yang dihasilkan dibandingkan batubara atau minyak bumi.

Namun demikian, gas alam sebagian besar terdiri dari metana, yang merupakan gas rumah kaca yang sangat kuat. Metana dapat bocor ke atmosfer dari tambang batubara, sumur minyak dan gas, tangki penyimpanan gas alam, pipa, dan lokasi pengolahannya. 

Hasil pembakaran tak sempurna gas yang berasal dari hidrokarbon juga dapat berupa CO yang beracun dan mencemari udara. Sedangkan gas alam yang mengandung unsur lain dapat menghasilkan sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan senyawa lain tergantung pada komposisi kimia dari gas alam dan seberapa baik gas tersebut dapat terbakar.

Jadi, zat polutan dari hasil pembakaran gas alam adalah CO, S O subscript 2, nitrogen oksida, C O subscript 2, dan senyawa lain.

Roboguru

Senyawa yang paling banyak terkandung dalam liquefied natural gas (LNG) adalah ....

Pembahasan Soal:

LPG atau singkatan dari Liquefied Petroleum Gas merupakan bahan bakar gas pengganti minyak tanah. LPG terdiri dari susunan butana dan propana. LNG atau Liquefied Natural Gas merupakan gas yang didominasi oleh Etana dan Metana. Sama seperti LPG, LNG juga berbentuk cair.

Jadi, senyawa yang paling banyak terkandung dalam liquefied natural gas (LNG) adalah etana dan metana.

Roboguru

Selain sebagai bahan bakar, tuliskan kegunaan lain dari gas alam dan minyak bumi.

Pembahasan Soal:

Minyak bumi dan gas sangat penting dalam kehidupan manusia, diantaranya sebagai bahan bakar dan bahan baku industri.

  • Gas Alam. Gas alam terutama digunakan sebagai bahan bakar, baik sebagai bahan bakar industri, bahan bakar rumah tangga, maupun pemanas ruangan waktu musim dingin. Selain itu, gas  alam juga berfungsi sebagai sumber hidrogen dan sebagai bahan dasar untuk berbagai jenis industri.
  • Minyak bumi. Selain untuk bahan bakar, minyak bumi juga sangat berperan sebagai bahan baku industri, bahan untuk pembuatan perabotan rumah tangga, hingga digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan dan bidang kesehatan. space 

Jadi, kegunaan lain dari gas alam dan minyak bumi adalah sebagai bahan baku industri.

Roboguru

Data hasil penyulingan bertingkat minyak bumi sebagai berikut: Pasangan yang tepat antara titik didih dan kegunaannya adalah ....

Pembahasan Soal:

Gas yang biasa kita kenal dengan sebutan LPG adalah singkatan dari (Liquified Potroleum Gas) dengan jumlah atom begin mathsize 14px style C subscript 1 – C subscript 4 end style  yang akan melebur pada suhu begin mathsize 14px style less than 30 degree C end style. Dibawah suhu ini, minyak mentah tersebut akan menguap dan yang keluar sebagai uapan tersebut adalah gas. Kegunaan dari gas ini dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai gas LPG (bahan bakar rumah tangga) dan produk petrokimia.

Oleh karena itu, pasangan yang tepat antara titik didih dan kegunaannya adalah fraksi No. 1.

Roboguru

Di antara fraksi minyak bumi berikut yang tidak dapat digunakan sebagai bahan baku cracking untuk menghasilkan bensin adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses cracking atau perengkahan merupakan proses pengubahan struktur dari fraksi minyak bumi. Salah satu yang dapat dilakukan, yaitu pemecahan rantai dari fraksi minyak bumi yang berantai panjang menjadi fraksi lain dengan rantai yang lebih pendek. Di antara kelima fraksi tersebut, yang tidak dapat dilakukan cracking adalah gas elpiji (propana dan butana) karena sudah merupakan rantai pendek.undefined 


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved