Roboguru

Sebutkan usaha pemerintah dalam pemerataan pembangunan desa dan kota!

Pertanyaan

Sebutkan usaha pemerintah dalam pemerataan pembangunan desa dan kota!space

Pembahasan Soal:

Berikut merupakan contoh upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam pemerataan pembangunan di desa dan kota.

  • Pembangunan infrastruktur, dengan adanya infrastruktur yang baik, akses antara satu daerah dengan daerah lain akan lebih cepat dan mudah.
  • Menyeimbangkan pembangunan, pembangunan fasilitas tidak hanya dilakukan di daerah perkotaan, namun juga diperlukan di daerah pedesaan. Setiap daerah memiliki dana desa sendiri yang dapat dimanfaatkan untuk membangun fasilitas penting. Dengan adanya fasilitas yang memadai seperti rumah sakit, sekolah yang bagus, serta pelayanan masyarakat yang terjangkau akan membuat masyarakat pedesaan meningkat taraf hidupnya sehingga dapat menekan angka urbanisasi.
  • Memperhatikan dan mengembangkan wilayah perbatasan, wilayah ini seharusnya mendapatkan perhatian dalam segi pembangunan untuk menjaga keharmonisan serta ketenangan bagi masyarakat setempat.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Ridha

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 26 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan dampak positif dan negatif dari pengembangan industri di perdesaan!  Dampak Pengembangan Kawasan Industri di Perdesaan  No. Dampak Negatif Dampak Positif ...

Pembahasan Soal:

Dampak positif yang ditimbulkan karena adanya pengembangan kawasan industri di Perdesaan adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi Pengangguran
    Pengembangan kawasan industri merupakan solusi yang efektif dalam mengurangi jumlah pengangguran karena dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.
  2. Penggerak Roda Perekonomian
    Munculnya kawasan industri baru akan memicu kemunculan berbagai usaha baru disekitarnya seperti tempat makan, parkiran, dan berbagai fasilitas penunjang lain untuk mendukung para pekerja dalam kawasan industri tersebut.
  3. Meningkatkan Pendapatan Daerah
    Pengembangan kawasan industri baru akan menarik investor untuk menginvestasikan asetnya pada industri tersebut. Pada prosesnya para investor akan membayar sejumlah pajak kepada pemerintah daerah sesuai dengan peraturan dan undang – undang yang berlaku di Indonesia. Pajak ini selanjutnya akan dikelola oleh pemerintah daerah dalam bentuk APBD yang digunakan untuk pemerataan pembangunan pada wilayah tersebut.

Adapun pengembangan kawasan industri di Perdesaan juga memberikan dampak negatif sebagai berikut:

  1. Pencemaran Lingkungan
    Berkembangnya industri seperti dibangunnya pabrik – pabrik besar di perdesaan dapat menimbulkan permasalahan lingkungan hidup seperti pencemaran air dan polusi.
  2. Berkurangnya Lahan Pertanian
    Lahan – lahan yang sebelumnya dimanfaatkan pada sektor pertanian mulai dialih fungsikan menjadi permukiman dan pusat keramaian. Selain menimbulkan permasalahan limbah domestik dan kepadatan penduduk berkurangnya lahan pertanian dapat berpengaruh pada produktivitas sektor pertanian dimana dalam skala besar hal ini tentunya akan mengganggu ketahanan pangan nasional.
  3. Gangguan Terhadap Ekosistem
    Kegiatan penggusuran, pembangunan akan berpotensi mengganggu tatanan ekologis sehingga membuat beberapa spesies flora dan fauna sulit untuk ditemukan, padahal spesies tersebut memegang peranan yang sentral dalam mengatur tatanan ekologi pada lingkungan hidup dimana kawasan industri itu dibangun.
  4. Konflik Kepentingan
    Pengembangan industri baru seringkali dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab sebagai bentuk ladang basah untuk memperoleh keuntungan pribadi

Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya berbagai kemungkinan dampak positif dan negatif pengembangan kawasan industri di perdesaan hendaknya mendorong para pemangku kepentingan dan kebijakan untuk senantiasa mengawasi tahap pengembangan industri dari fase perencanaan sehingga pengembangan industri menjadi tepat guna dan memberikan manfaat semaksimal mungkin diatas resiko negatif yang ditimbulkan bagi masyarakat perdesaan, bukan hanya memberikan keuntungan dari pengembang dan pemodal.  

0

Roboguru

Tujuan pembangunan prasarana dan sarana transportasi antardesa dan kota merupakan ....

Pembahasan Soal:

Hal-hal yang menarik penduduk desa pindah ke kota (Pull Factor), antara lain sebagai berikut.

  • Ada anggapan di kota lebih banyak lapangan pekerjaan dan mudah mendapat penghasilan.
  • Lebih luas kesempatan untuk mengembangkan usaha kerajinan rumah menjadi industri kerajinan.
  • Banyak fasiltas tersedia di kota, seperti pendidikan, kesehatan dan transportasi serta sebagainya.
  • Tempat berkumpulnya penduduk dari segala budaya.

Berdasarkan penjelasan diatas maka pembangunan transportasi antar desa dan kota termasuk faktor penarik urbanisasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Salah satu kendala yang sering dijumpai di masa pembangunan adalah lambatnya pembangunan yang dilakukan. Hal ini dapat menyebabkan kerugian baik di sisi dana maupun dari sisi kenyamanan masyarakat. Up...

Pembahasan Soal:

Salah satu kendala yang sering dijumpai di masa pembangunan, yaitu lambatnya pembangunan yang dilakukan. Hal ini dapat menyebabkan kerugian baik di sisi dana maupun dari sisi kenyamanan masyarakat. Pembangunan, terutama di daerah yang tertinggal perlu dipercepat dengan cara menambah sumber daya manusia berkualitas dan membuat proses yang lebih efektif. Makin cepat pembangunan dilakukan, maka pemerataan antara desa dan kota juga akan menjadi makin cepat. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Ketimpangan pembangunan antarwilayah cenderung tinggi. Sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunannya. SEBAB  Mobilitas kurang lancar menyebabkan kelebihan produksi suatu daerah t...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar

Ketimpangan pembangunan antarwilayah cenderung tinggi. Sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunannya.

Alasan benar

Mobilitas kurang lancar menyebabkan kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat di jual ke daerah lain yang membutuhkan.

Jika mobilitas kurang lancar maka kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat di jual ke daerah lain yang membutuhkan. Hal tersebut mengakibatkan ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggi, sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunannya. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa alasan dan pernyataan menujnjukkan hubungan sebab akibat. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Dengan adanya infrastruktur yang baik, akses antara satu daerah dengan daerah lain akan lebih cepat dan mudah. SEBAB Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa meliputi kegiatan perdagangan antarwil...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar

Dengan adanya infrastruktur yang baik, akses antara satu daerah dengan daerah lain akan lebih cepat dan mudah.

Alasan benar

Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa meliputi kegiatan perdagangan antarwilayah menyebabkan ketimpangan.

Pembangunan insfrastruktur yang baik merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesenjangan antarwilayah. Dengan adanya infrastruktur yang baik, akses antara satu daerah dengan daerah lain akan lebih cepat dan mudah.

Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa merupakan salah satu penyebab terjadinya ketimpangan pembangunan antarwilayah. 

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa alasan dan pernyataan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubugan sebab akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved