Roboguru

Sebutkan urutan proses perubahan zigot menjadi embrio!

Pertanyaan

Sebutkan urutan proses perubahan zigot menjadi embrio!

Pembahasan Soal:

Fase embrionik merupakan fase yang dimulai dari terbentuknya zigot sampai berkembang menjadi embrio. Zigot yang terbentuk dari proses fertilisasi antara sperma dan sel telur mengalami pertambahan jumlah sel akibat pembelahan secara mitosis. Zigot akan melakukan pembelahan sel (cleavage) lalu membentuk organ-organ hingga menjadi individu yang utuh. Adapun tahapan-tahapan yang dilalui zigot sampai menjadi embrio adalah sebagai berikut:

  1. Tahap morula. Pada tahap ini, zigot akan mengalami pembelahan mitosis berulang kali menjadi 2, 4, 8, sampai 64 sel. Sel-sel yang terbentuk ini dinamakan blastomer. Saat berjumlah 64, blastomer tadi berkumpul dan membentuk bola sel yang tidak berongga seperti buah arbei dan dinamakan morula.
  2. Tahap blastula. Selanjutnya, sel-sel morula terus membelah diri dan akhirnya membentuk suatu bola sel berongga yang berisi cairan dan kita kenal sebagai tahap blastula. Rongga pada bagian tengah blastula dinamakan blastosol, sedangkan tahap pembentukan blastula disebut blastulasi.
  3. Tahap gastrula. Pada tahap ini, ditandai dengan pelekukan tubuh yang semakin nyata, lalu timbul lapisan dinding tubuh embrio serta rongga tubuh (gastrosol). Proses ini disebut gastrulasi. Lubang tempat pelekukan itu kelak akan berkembang menjadi anus yang disebut blastopor. Pada tahap ini, embrio telah terbentuk dan menghasilkan tiga lapisan embrionik, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm.
  4. Tahap organogenesis. Tahap organogenesis merupakan proses pembentukan berbagai organ tubuh yang berkembang dari tiga lapisan gastrula.
    • Lapisan ektoderm, merupakan lapisan terluar. Lapisan ini berkembang menjadi rambut, kulit, sistem saraf, dan indra.
    • Lapisan mesoderm, berada pada lapisan tengah yang berkembang menjadi otot, rangka, alat reproduksi, alat peredaran darah, dan alat ekskresi.
    • Lapisan endoderm, adalah lapisan terdalam. Lapisan ini berkembang menjadi alat pencernaan dan alat pernapasan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam perkembangannya sel zigot menjadi embrio mengalami pembelahan selama 5 kali jumlah sel yang dimiliki embrio tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Fertilisasi adalah proses peleburan antara sperma dengan ovum menjadi zygot di dalam oviduct. Zygot sepanjang oviduct akan membelah berkali- kali. Pembelahan pertama membentuk 2 sel, kedua membentuk 4 sel, ketiga membentuk 8 sel, keempat membentuk 16 sel, kelima membentuk 32 sel sampai seterusnya. Jadi, zygot akan membentuk 32 sel setelah membelah lima kali. 

Roboguru

Setelah terjadi pembuahan, embrio manusia akan menempel dan tumbuh di ....

Pembahasan Soal:

Sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma akan membelah hingga menjadi embrio. Embrio kemudian akan menempel pada lapisan rahim yang kaya akan darah untuk menyerap zat makanan dari sana dan terus berkembang disana. Embrio akan terus membelah dan mendapat nutrisi dari darah ibu melalui plasentta hingga menjadi janin (calon bayi).undefined 

Roboguru

Embrio adalah....

Pembahasan Soal:

Embrio merupakan perkembangan dari zigot yang dihasilkan dari fertilisasi antara sel sperma dan sel telur. Embrio berkembang di uterus yang selanjutnya akan berkembang menjadi fetus (janin). Setelah menempel pada dinding uterus, janin memperoleh makanan dari ibu melalui plasenta. Plasenta merupakan organ yang tumbuh dalam dinding rahim yang berasal dari karion dan endometrium. Sebelum terbentuk plasenta, janin memperoleh makanan dari korpus luteum. Janin di bungkus oleh selaput pembungkus yang terdiri atas sakus vitelinus (kantong kuning telur), amnion, karion, dan alantolis.

Jadi, embrio adalah perkembangan dari zigot yang dihasilkan dari fertilisasi antara sel sperma dan sel telur.space 

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan zigot?

Pembahasan Soal:

Fertilisasi adalah proses bertemunya dua sel gamet jantan dan betina, fertilisasi alami pada manusia terjadi di dalam rahim. Zigot adalah sel eukariotik yang dihasilkan oleh proses fertilisasi. Zigot akan memiliki kombinasi DNA inti dari kedua sel gamet, dan memiliki struktur sitoplasma selain nukleus serupa dengan gamet betina/ibu. Zigot kemudian akan melanjutkan perkembangan melalui tahap morula, blastula, dan seterusnya hingga menjadi individu baru.

Jadi, zigot adalah sel eukariotik yang didapatkan dari bertemunya dua sel gamet suatu makhluk hidup.

Roboguru

Selama masa pertumbuhannya, embrio manusia memperoleh makanan dari induknya melalui ....

Pembahasan Soal:

Plasenta adalah organ yang menyediakan oksigen dan nutrisi bagi bayi untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan dalam kandungan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved