Roboguru

Sebutkan tugas-tugas dari moderator, notulen, narasumber dan audience!

Pertanyaan

Sebutkan tugas-tugas dari moderator, notulen, narasumber dan audience!space 

Pembahasan Soal:

Moderator, notulen, narasumber dan audiens biasanya muncul dalam sebuah kegiatan diskusi.

Diskusi adalah kegiatan tukar pemikiran untuk memperoleh pemahaman mengenai penyebab suatu masalah dan solusi penyelesaiannya.

Moderator adalah orang yang memulai/membuka diskusi dan biasanya yang mempersilahkan orang bertanya dan memimpin jalannya diskusi.

Notulen adalah orang yang mencatat jalannya diskusi seperti mencatat semua pertanyaan dan jawaban juga hal penting yang disampaikan narasumber.

Narasumber adalah orang yang dijadikan sumber informasi atau rujukan. Bisa juga orang yang membawakan materi yang akan didiskusikan.

Audiens adalah peserta diskusi yang lebih sebagai pendengar dalam sebuah diskusi.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ryan

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan jenis-jenis diskusi !

Pembahasan Soal:

Diskusi adalah pertukaran pikiran, gagasan dan pendapat antara 2 (dua) orang ataupun lebih, yang bertujuan untuk mencari kesepakatan pendapat. Ada macam-macam jenis Diskusi, antara lain

  1. Diskusi kelompok adalah bentuk diskusi yang paling sederhana. Untuk mengadakan suatu diskusi kelompok, hanya diperlukan adanya ketua atau moderator, notulis dan beberapa peserta yang sekaligus berperan sebagai penyaji maupun penyanggah.
  2. Seminar adalah bentuk diskusi yang digunakan untuk mencari kesepakatan atau kesamaan langkah atau pandangan dalam menghadapi persoalan yang bersifat formal.
  3. Diskusi panel biasanya dilakukan untuk memperluas wawasan mengenai suatu masalah yang sedang banyak dibicarakan. Biasanya diskusi ini melibatkan beberapa pakar sebagai panelis atau pembicaranya.
  4. Symposium adalah bentuk diskusi yang diselenggarakan untuk membahas prasaran -prasaran mengenai suatu pokok persoalan atau masalah tertentu.
  5. Lokakarya adalah bentuk diskusi atau pertemuan para ahli atau pakar dengan tujuan untuk membahas suatu masalah di bidangnya.
  6. Kongres adalah bentuk diskusi atau pertemuan dari para wakil organsasi, baik itu politik, sosial, mau pun profesi, untuk mendiskusikan atau mengambil keputusan mengenai suatu masalah.
  7. Konferensi adalah pertemuan untuk merundingkan atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
  8. Sarasehan adalah bentuk diskusi berupa pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat para ahli mengenai suatu masalah dalam bidang tertentu.
  9. Munas atau musyawarah nasionaladalah bentuk diskusi berupa pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan-perwakilan yang bersifat nasional untuk membahas masalah berskala nasional. undefined 

0

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan diskusi?

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Pendapat lain mengatakan pengertian diskusi adalah proses pertukaran pikiran, gagasan, dan pendapat, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, untuk mendapatkan suatu kesimpulan atau kesepakatan bersama.

Contoh:

  1. Mereka berdiskusi tentang pentingnya rasa cinta tanah air.
  2. Para peserta seminar sedang mendiskusikan masalah pemanasan global.

Dengan demikian, diskusi adalah suatu kegiatan yang membahas tentang sebuat topik sebagai bentuk pertukaran gagasan, informasi, pendapat antar kelompok yang bertujuan menemukan titik temu atau suatu kesepakatan. space 

0

Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan diskusi?

Pembahasan Soal:

Diskusi adalah interaksi antara dua orang atau kelompok. Biasanya komunikasi tersebut dalam bentuk ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.undefined 

0

Roboguru

Sebuah pendapat yang dapat dipertanggunggjawabkan ialah pendapat yang disertai dengan ...

Pembahasan Soal:

Teks diskusi adalah teks yang berisi dua argumen tentang suatu isu. Argumen dalam teks disukusi berupa fakta dan opini. Argumen yang dipaparkan dalam berdiskusi harus disertai dengan bukti atau fakta yang ada.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan B.space 

0

Roboguru

Tiga komponen utama dalam diskusi adalah ....

Pembahasan Soal:

Pembahasan:

Untuk mengadakan sebuah diskusi tidak akan lepas dari komponen berikut ini.
komponen pada diskusi yaitu moderator atau pemimpin diskusi, penyaji/narasumber/pembicara, notulis/sekretaris, dan peserta diskusi jika diskusi tidak dihadiri pembicara. Orang yang bertugas membahas masalah adalah moderator selaku pemimpin diskusi. Sedangkan orang yang betugas mencatat jalannya diskusi dan menyimpulkan atau merangkum hasil diskusi yaitu notulis. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved