Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan tokoh-tokoh Indonesia yang melakukan perlawanan dalam pertempuran Surabaya, Ambarawa, Medan Area, Manado, Bandung, Bali dan Makasar. Jelaskan dengan tulis tangan profil singkat tokoh tersebut!

Sebutkan tokoh-tokoh Indonesia yang melakukan perlawanan dalam pertempuran Surabaya, Ambarawa, Medan Area, Manado, Bandung, Bali dan Makasar. Jelaskan dengan tulis tangan profil singkat tokoh tersebut! 

Iklan

I. Agung

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perlawanan-perlawanan terhadap sekutu pasca kemerdekaan Indonesia terjadi di sejumlah daerah.

perlawanan-perlawanan terhadap sekutu pasca kemerdekaan Indonesia terjadi di sejumlah daerah. 

Iklan

Pembahasan

Pasca diproklamirkan sebagai sebuah negara yang merdeka, Indonesia masih harus menghadapi berbagai macam tantangan dari luar. Tantang tersebut meliputi pelucutuan serta perlawanan tentara Jepang yang masih ada di Indonesia, kedatangan sekutu atau AFNEI, hingga kedatangan Belanda yang selanjutnya melakukan agresi militer. Dalam menghadapi tantangan tersebut, terjadi perlawanan di sejumlah daerah, mulai dari Surabaya, Ambarawa,Medan Area, Bandung, Bali dan Makasar. Perlawanan di Surabaya terjadi pada tanggal 10 November 1945 dan dipimpin oleh Bung Tomo. Perlawanan di Ambarawa terjadi pada 29 November hingga 15 Desember 1945 dan dipimpin oleh Kolonel Soedirman. Perlawanan di Medan Area terjadi pada bulan Oktober 1945 akibat ketegangan antara pejuang republik dengan tentara Sekutu yang baru tiba di Medan. Perlawanan di Bandung terjadi pada bulan November 1945 hingga Maret 1946 dan dipimpin oleh A.H. Nasution. Perlawanan di Bali terjadi pada Maret hingga April 1946 dan dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai serta Kapten Makardi. Sedangkan perlawanan di Makasar ditandai dengan perobekan bendera Belanda di tangsi militer Belanda, di Teling Menado oleh Serda S.D. Wuisan. Dengan demikian, perlawanan-perlawanan terhadap sekutu pasca kemerdekaan Indonesia terjadi di sejumlah daerah.

Pasca diproklamirkan sebagai sebuah negara yang merdeka, Indonesia masih harus menghadapi berbagai macam tantangan dari luar. Tantang tersebut meliputi pelucutuan serta perlawanan tentara Jepang yang masih ada di Indonesia, kedatangan sekutu atau AFNEI, hingga kedatangan Belanda yang selanjutnya melakukan agresi militer. Dalam menghadapi tantangan tersebut, terjadi perlawanan di sejumlah daerah, mulai dari Surabaya, Ambarawa, Medan Area, Bandung, Bali dan Makasar. Perlawanan di Surabaya terjadi pada tanggal 10 November 1945 dan dipimpin oleh Bung Tomo. Perlawanan di Ambarawa terjadi pada 29 November hingga 15 Desember 1945 dan dipimpin oleh Kolonel Soedirman. Perlawanan di Medan Area terjadi pada bulan Oktober 1945 akibat ketegangan antara pejuang republik dengan tentara Sekutu yang baru tiba di Medan. Perlawanan di Bandung terjadi pada bulan November 1945 hingga Maret 1946 dan dipimpin oleh A.H. Nasution. Perlawanan di Bali terjadi pada Maret hingga April 1946 dan dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai serta Kapten Makardi. Sedangkan perlawanan di Makasar ditandai dengan perobekan bendera Belanda di tangsi militer Belanda, di Teling Menado oleh Serda S.D. Wuisan.

Dengan demikian, perlawanan-perlawanan terhadap sekutu pasca kemerdekaan Indonesia terjadi di sejumlah daerah. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perjuangan lewat konfrontasi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia!

94

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia