Roboguru

Sebutkan tiga keuntungan memilih tenaga kerja yang sudah berpengalaman!

Pertanyaan

Sebutkan tiga keuntungan memilih tenaga kerja yang sudah berpengalaman!  

Pembahasan Soal:

Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang telah bekerja dan pernah mengikuti latihan sesuai dengan bidangnya, misalnya seorang yang telah menamatkan studinya dalam bidang akuntansi, maka mereka dapat digolongkan sebagai tenaga kerja terlatih. Tenaga kerja terlatih ini dapat disamakan dengan tenaga kerja yang sudah berpengalaman.
Keuntungan dalam memilih tenaga kerja yang sudah berpengalaman ini antara lain:

  1. Tenaga kerja yang sudah berpengalaman mempunyai tingkat produktivitas tinggi sehingga dapat secara langsung memberikan sumbangan yang besar bagi perusahaan.
  2. Tenaga kerja yang sudah berpengalaman ini tidak memerlukan pelatihan khusus dan hanya memerlukan penyesuaian-penyesuaian tertentu sehingga perusahaan tidak perlu membuat program pelatihan seperti yang terjadi pada tenaga kerja yang belum berpengalaman.
  3. Sebagai akibatnya perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya untuk pelatihan khusus bagi tenaga kerja yang sudah berpengalaman tersebut.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Kusnandar

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab upah tenaga kerja terdidik lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga kerja terlatih dan tenaga kerja tidak terdidik dan terlatih adalah….

Pembahasan Soal:

Tenaga Kerja Terdidik adalah tenaga kerja yang memperoleh kemampuannya dalam suatu bidang dengan cara menempuh pendidikan formal. Penyebab upah tenaga kerja terdidik lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga kerja terlatih dan tenaga kerja tidak terdidik dan terlatih adalah kebutuhan akan tenaga terdidik lebih besar. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.  

0

Roboguru

Pekerjaan sebagai penjahit, montir, sopir, tukang sol, tukang las, diklasifikasikan sebagai tenaga kerja ….

Pembahasan Soal:

Tenaga kerja merupakan penduduk di sebuah wilayah yang berada pada usia produktif yaitu 15 tahun hingga 64 tahun. Berdasarkan kualitasnya, tenaga kerja dibedakan menjadi tiga yaitu:

  1. Tenaga Kerja Terdidik, tenaga kerja yang memperoleh kemampuannya melalui pendidikan formal, seperti insinyur, dokter, ahli hukum, dan guru.
  2. Tenga Kerja Terampil, tenaga kerja yang memperoleh kemampuannya melalui pelatihan atau pengalaman kerja, seperti teknisi, tukang kayu, dan sopir.
  3. Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terampil, tenaga kerja yang mengandalkan tenaga fisiknya tanpa melalui pendidikan formal ataupun pelatihan, seperti buruh kasar, penjaga sekolah dan tenaga kebersihan.


Jadi, jawaban yang sesuai adalah A.  

0

Roboguru

Tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu diperoleh dari pengalaman kerja dan berlatih sehingga mampu menguasai pekerjaan, disebut ....

Pembahasan Soal:

Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. Tenaga kerja dikelompokkan dalam tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, serta tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih.

  1. Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan dan keahlian pendidikan formal. Misalnya akuntan, dokter, bidan, arsitek, guru, hakim, dan pengacara.
  2. Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan pengetahuan dari latihan-latihan atau kursus-kursus. Misalnya sopir, pemangkas rambut, penjahit, dan penata rias.
  3. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah tenaga kerja yang memperoleh keterampilan hanya dari pengalaman dan kebiasaan. Misalnya tukang sapu, tukang parkir, buruh kasar, dan pesuruh.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. space space space space 

0

Roboguru

Jenis tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam suatu bidang melalui pelatihan atau pengalaman kerja disebut ….

Pembahasan Soal:

Jenis tenaga kerja berdasarkan kualitasnya dibagi menjadi tenaga kerja terdidik, terlatih (terampil), dan tenaga kerja tidak terdidik dan terlatih. Adapun tenaga kerja terlatih adalah orang yang memiliki keahlian dalam suatu bidang melalui pelatihan atau pengalaman kerja. Contohnya pelukis. 

Oleh karena itu,  jawaban yang tepat adalah D. undefined 

0

Roboguru

Berikut ini merupakan tenaga kérja terdidik, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan keahliannya, tenaga kerja di bagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Tenaga kerja terdidik
    Tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang tertentu yang diperolehnya melalui pendidikan formal pada pendidikan tinggi, contoh profesinya seperti guru, dosen, dokter, perawat, dan insinyur.
  2. Tenaga kerja terlatih
    Tenaga kerja yang memiliki pengalaman kerja cukup lama pada bidang tertentu dan memliki keterampilan tertentu melalui pelatihan atau pendidikan nonformal, contohnya seperti Juru masak, penjahit, dan montir.
  3. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih
    Tenaga kerja yang tidak memerlukan keterampilan atau keahlian melalui pendidikan dan pelatihan sebelumnya, contohnya seperti kuli bangunan dan asisten rumah tangga.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved