Iklan

Iklan

Pertanyaan

Se butkan tiga dampak tidak langsung konflik dan kekerasan dalam masyarakat !

Sebutkan tiga dampak tidak langsung konflik dan kekerasan dalam masyarakat !

undefined 

Iklan

F. Freelancer6

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kata “konflik” berasal dari bahasa Latin “ configure ” yang artinya saling memukul. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik sendiri didefinisikan sebagai percekcokkan, perselisihan, atau pertentangan. Sedangkan secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih atau kelompok yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.Setiap konflik yang terjadi dalam masyarakat akan membawa dampak, baik dampak secara langsung maupun dampak secara tidak langsung . Dampak secara langsung merupakan dampak yang secara langsung dirasakan oleh pihak-pihak yang terlibat konflik. Dampak tidak langsung merupakan dampak yang dirasakan oleh orang-orang yang tidak terlibat langsung dalam sebuah konflik ataupun dampak jangka panjang dari suatu konflik yang tidak secara langsung dirasakan oleh pihak-pihak yang berkonflik . Contohnya keresahan masyarakat sekitar yang tinggal dekat tempat kejadikan konflik, kemiskinan jika sampai terjadi kerusakan material. dan dapat memunculkan norma-norma lama bahkan menciptakan norma baru.

Kata “konflik” berasal dari bahasa Latin “configure” yang artinya saling memukul. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik sendiri didefinisikan sebagai percekcokkan, perselisihan, atau pertentangan. Sedangkan secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih atau kelompok yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Setiap konflik yang terjadi dalam masyarakat akan membawa dampak, baik dampak secara langsung maupun dampak secara tidak langsung.

  1. Dampak secara langsung merupakan dampak yang secara langsung dirasakan oleh pihak-pihak yang terlibat konflik.
  2. Dampak tidak langsung merupakan dampak yang dirasakan oleh orang-orang yang tidak terlibat langsung dalam sebuah konflik ataupun dampak jangka panjang dari suatu konflik yang tidak secara langsung dirasakan oleh pihak-pihak yang berkonflik. Contohnya keresahan masyarakat sekitar yang tinggal dekat tempat kejadikan konflik, kemiskinan jika sampai terjadi kerusakan material. dan dapat memunculkan norma-norma lama bahkan menciptakan norma baru.

Latihan Bab

Konflik Sosial dan Penyebabnya

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Jenis Konflik Sosial

Dampak Konflik Sosial

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan 3 dampak konflik secara langsung ...

463

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia