Roboguru

Sebutkan syarat-syarat terjadinya perencanaan sosial!

Pertanyaan

Sebutkan syarat-syarat terjadinya perencanaan sosial!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Menurut Ogburn dan Nimkoft (sebagaimana dikutip Soerjono Soekanto: 1987), terdapat beberapa persyaratan suatu perencanaan dapat berjalan efektif. Syarat-syarat perencanaan adalah sebagai berikut.

  1. Adanya unsur modern dalam masyarakat yang mencakup suatu sistem ekonomi. Sebagai contohnya telah dipergunakan uang, urbanisasi yang teratur, inteligensia di bidang teknik dan ilmu pengetahuan suatu sistem administrasi yang baik.
  2. Adanya sistem pengumpulan keterangan dan analisis yang baik.
  3. Terdapatnya sikap publik yang baik terhadap usaha-usaha perencanaan sosial.
  4. Adanya pimpinan ekonomis dan politik yang progresif.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan dibawah ini!   1)Interaksi sosial 2)Perubahan sosial 3)Konflik sosial 4)Intergrasi sosial   Berikut yang termasuk dalam bentuk dari realitas sosial adalah ....

Pembahasan Soal:

Realitas sosial adalah sesuatu yang nyata dan terjadi di tengah masyarakat. Realitas sosial memiliki berbagai bentuknya yaitu; Interaksi sosial dan perubahan sosial.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.1 dan 2undefined 

0

Roboguru

Seorang sosiolog harus mampu menyingkap berbagai fenomena yang menjadi realitas sosial. Salah satu syarat untuk mengungkap realitas sosial adalah ....

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas pada soal ini adalah tentang fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat.

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki fungsi untuk mengkaji gejala sosial di masyarakat. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri karena memenuhi unsur-unsur ilmu pengetahuan, yaitu pengetahuan tersusun secara sistematis, menggunakan pemikiran, dan dapat diselidiki oleh orang lain atau umum (objektif). Emile Durkheim adalah tokoh pertama yang meletakkan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan. Durkheim menyatakan bahwa sosiologi memiliki objek kajian yang jelas, yakni fakta sosial. 

Riset sosiologi berkontribusi pada pembentukan pengertian umum di masyarakat. Para sosiolog menggunakan imajinasi sosial, melihat lewat cara dan pandangan berbeda, menguji ulang asumsi-asumsi yang telah ada dengan mempelajari bagaimana hal-hal itu terjadi di masa lalu, perubahannya, apa yang berbeda antarmasyarakat, dan perubahannya di masa depan. Para sosiolog menyusun penjelasan dan simpulan berdasarkan bukti-bukti yang dikumpulkan melalui riset menggunakan prosedur penelitian yang mapan.

Sehingga untuk mengungkap fenomena yang menjadi realitas sosial, sosiolog harus mengikuti aturan-aturan ilmiah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space space 

0

Roboguru

Setiap mahasiswa baru diwajibkan mengikuti kegiatan ospek di awal memasuki kehidupan kampus. Ospek yang diselenggarakan pihak kampus ini bertujuan untuk mengetahui dan membiasakan mahasiswa baru denga...

Pembahasan Soal:

Tahap internalisasi adalah sosialisasi atau penanaman peraturan yang sudah dibuat di tengah-tengah kelompok masyarakat. Ilustrasi dari adanya ospek yang diselenggarakan pihak kampus, yaitu untuk mensosialisasikan peraturan yang sudah mereka buat di tengah-tengah kelompok masyarakat (mahasiswa). Hal ini merupakan tahapan internalisasi dalam pembentukan realitas sosial.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D.undefined  

0

Roboguru

Perhatikan ilustrasi di bawah ini!   Budi akan mengantar ibunya ke pasar menggunakan kendaraan sepeda motor. Saat akan berangkat, ayah Budi menyarankan Budi untuk mengenakan helm saat ia hendak beran...

Pembahasan Soal:

Penafsiran Budi tentang pemakaian helm yang hanya digunakan ketika berpergian jauh dan hanya bila ada polisi adalah sebuah tahap eksternalisasi dalam diri Budi. Eksternalisasi adalah sebuah proses individu mengekspresikan apa yang sudah diterimanya pada tahap internalisasi sesuai dengan penafsiran diri sendiri. Berdasarkan ilustrasi di atas, terlihat bahwa perkataan Budi mengenai penggunaan helm adalah proses penafsirannya yang berasal dari dirinya sendiri, karena pada kenyataannya penggunaan helm wajib digunakan oleh siapapun ketika sedang berkendara dengan sepeda motor, meskipun dengan jarak yang dekat atau bahkan tidak ada polisi sekalipun. Hal ini disebabkan karena penggunaan helm itu wajib agar bisa melindungi pengendara dari kecelakaan yang mungkin terjadi. Terlihat bahwa adanya perbedaan antara internalisasi dengan penafsiran yang dilakukan oleh Budi, proses itulah yang disebut dengan eksternalisasi.

Maka, jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Sekolah merupakan salah satu realitas sosial yang terwujud melalui proses internalisasi, eksternalisasi, dan objektivasi. Berikut ini yang merupakan proses objektivasi dalam sekolah yang tepat adalah ...

Pembahasan Soal:

Berger dan Lucman menjelaskan bahwa ada tiga tahap atau proses terbentuknya realitas sosial, yaitu internalisasi, eksternalisasi, dan objektivasi. Internalisasi merupakan proses penerimaan nilai, norma, dan realitas lainnya yang ada di masyarakat. Internalisasi biasanya dilakukan melalui sosialisasi yang berlangsung sepanjang hidup manusia. Eksternalisasi merupakan proses individu mengekspresikan apa yang sudah mereka pelajari di tahap internalisasi, sesuai dengan penafsiran mereka sendiri. Dan terakhir adalah obyektivasi, yang terbentuk karena individu sebagai anggota masyarakat berulang kali melakukan kebiasaan-kebiasaan dan membentuk pola yang berlaku secara umum atau dilakukan juga oleh anggota masyarakat lainnya. Berdasarkan soal, bentuk objektivasi dalam sekolah yaitu sekolah menjadi pola di masyarakat untuk prasyarat bagi orang yang mau bekerja terutama di sektor formal. Sekolah kemudian terwujud sebagai salah satu lembaga sosial di masyarakat. Sehingga di masyarakat ada syarat tingkat pendidikan ketika mau melamar kerja.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Aundefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved