Roboguru

Sebutkan struktur atau bagian-bagian ginjal , dan jelaskan fungsinya!

Pertanyaan

Sebutkan struktur atau bagian-bagian ginjal , dan jelaskan fungsinya! undefined 

Pembahasan Soal:

Ginjal terdiri 3 bagian. Bagian luar disebut korteks atau kulit ginjal, di bawahnya ada medula atau sumsum ginjal dan di bagian dalam berupa rongga yang disebut rongga ginjal atau pelvis renalis.

  • Korteks ginjal
    Di dalam korteks terdapat nefron yang terdiri dari badan malpighi dan tubulus ginjal. Badan malpighi terdiri dari glomerulus dan kapsula bowman. Glomerulus berfungsi dalam penyaringan darah dan kapsula bowman berfungsi dalam menampung hasil filtrat. Sementara itu, untuk tubulus ginjal yang terdapat di korteks diantaranya tubulus proksimal yang berfungsi sebagai tempat reabsorbsi (penyerapan kembali zat yang masih berguna bagi tubuh) dan tubulus distal yang berfungsi sebagai tempat augmentasi.
  • Medula
    Di dalam medula terdapat bagian nefron yang terdiri dari lengkung henle dan tubulus kolektivus. Lengkung henle adalah bagian saluran ginjal yang melengkung pada daerah medula dan berhubungan dengan tubulus proksimal dan tubulus distal. Fungsi lengkung henle yaitu membantu dalam proses reabsorbsi. Sedangkan tubulus kolektivus merupakan tempat pengumpul urin sementara yang berasal dari tubulus distal
  • Pelvis Renalis
    penampung urin sementara sebelum dikeluarkan melalui ureter.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved