Roboguru

Sebutkan secara umum urutan jalannya terjadinya ur...

Sebutkan secara umum urutan jalannya terjadinya urine dari tempat pembuatan hingga keluar tubuh :

ginjal →          →          →          

 

Jawaban:

Urine terbentuk di ginjal melalui 3 tahapan yaitu :

  1. Filtrasi. Pada tahap ini, darah akan disaring di dalam glomerolus dan melewatkan air, garam, asam amino, glukosa dan urea. Sebaliknya, darah dan protein akan tetap berada di dalam pembuluh darah karena ukurannya yang besar dan tidak dapat menembus masuk ke dalam glomerolus. Hasil saringan glomerolus lalu dibawa menuju kapsul Bowman dan disebut sebagai urine primer.
  2. Reabsorbsi. Pada tahap ini, urine primer dari kapsul Bowman akan dibawa menuju tubulus proksimal. Di dalam tubulus proksimal terjadi proses penyerapan kembali berbagai zat yang masih dibutuhkan tubuh seperti glukosa, asam amino dan air. Hasil dari proses reabsorbsi berupa urea dan limbah nitrogen disebut sebagai urine sekunder.
  3. Augmentasi. Pada tahap ini, urine sekunder akan dibawa menuju tubulus distal dimana terbentuk urine yang sesungguhnya yang mengandung zat-zat sisa metabolisme yang tidak lagi dibutuhkan tubuh.

Urine sesungguhnya lalu dialirkan ke renal pelvis kemudian ke ureter dan ditampung sementara di kandung kemih sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh melalui uretra.

Dengan demikian, di dalam ginjal urine akan diproses melalui 3 tahap sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh yaitu tahap filtrasi (terjadi di glomerolus dan kapsul Bowman dengan produk berupa urine primer), reabsorbsi (terjadi di tubulus proksimal dengan produk berupa urine sekunder) dan augmentasi (terjadi di tubulus distal dengan produk akhir berupa urine sesungguhnya). Urine sesungguhnya lalu dibawa ke renal pelvis, ureter dan ditampung di kandung kemih sebelum dibuang keluar tubuh melalui uretra.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved