Roboguru

Sebutkan salah seorang penyebar agama Islam dengan metode wayang kulit.

Pertanyaan

Sebutkan salah seorang penyebar agama Islam dengan metode wayang kulit.

Pembahasan Soal:

Islam datang ke Nusantara dengan damai. Ajaran Islam diterima masyarakat tanpa ada paksaan. Di Pulau Jawa, Islam disebarkan para ulama yang dikenal dengan julukan Walisongo: Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kudus, Sunan Giri, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, serta Sunan Gunung Jati, melalui dakwah kultural.
Para wali berdakwah dengan bahasa lokal, memperhatikan kebudayaan dan adat, serta kesenangan dan kebutuhan masyarakat setempat. Ketika masyarakat Jawa amat senang dengan kesenian, para wali menggunakan berbagai kesenian itu sebagai media dakwah.
Salah satu kesenian rakyat yang dijadikan media dakwah adalah wayang. Seperti yang dilakukan Sunan Kalijaga, ia mengembangkan wayang purwa, yakni wayang kulit bercorak Islam. Selain itu, Sunan Kalijaga juga menciptakan corak batik bermotif burung (kukula) yang mengandung ajaran etik agar seseorang selalu menjaga ucapannya.
Wayang secara harfiah berarti bayangan. Ia merupakan istilah untuk menunjukkan teater tradisional di Indonesia. Ada yang berpendapat, wayang berasal dari India dan rekaman pertama pertunjukan wayang telah ada sejak 930 M. Kesenian wayang yang diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga mengadopsi cerita Mahabarata dan Ramayana yang telah dikenal masyarakat lokal dengan pembawaan cerita/ kisah yang lebih islami.

Dengan demikian, penyebar agama Islam yang menggunakan metode dakwah dengan menggunakan kesenian wayang kulit adalah Sunan Kalijaga.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved