Roboguru

Sebutkan persebaran bencana alam di Indonesia beserta penyebab dan dampaknya!

Pertanyaan

Sebutkan persebaran bencana alam di Indonesia beserta penyebab dan dampaknya!space 

Pembahasan:

Berikut adalah sebaran bencana alam di Indonesia.

  • Gempa Bumi, penyebab dari gempa bumi adalah adanya getaran pada permukaan bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik dan aktivitas vulkanik. Dampak yang ditimbulkan dari gempa bumi ini adalah, rusaknya fasilitas umum, terdapat banyak korban meninggal dunia, jaringan transportasi dan komunikasi terganggu, meningkatkan kewaspadaan manusia, dapat dijadikan tempat pariwisata, menciptakan alat-alat teknologi pendeteksi gempa. Adapun daerah sebarannya ialah Aceh, Padang, Nias, Jambi, Bengkulu, Lampung, Tasikmalaya, Yogyakarta, Sulawesi, Maluku dan Papua.
  • Letusan Gunung Berapi, disebabkan adanya proses keluarnya magma dari perut bumi ke permukaan bumi berupa material padat, cair, maupun gas. Dampak letusan ini adalah, tercemarnya udara dengan abu gunung berapi, berpotensi menyebabkan penyakit ISPA, suburnya tanah pertanian, membuka mata pencaharian bagi masyarakat, material padat bekas letusan dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Adapun daerah sebarannya ialah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara.
  • Tanah Longsor, umumnya disebabkan karena gaya pendorong pada lereng lebih besar dai gaya penahan, yang pengaruhi oleh kekuatan batuan serta kepadatan tanah. Dampak tanah longsor ini adalah, banyaknya korban jiwa, rusaknya infrastruktur, buruknya sanitasi lingkungan, tanah menjadi gembur, mempercepat dan memperbanyak proses peleburan batu dalam tanah. Adapun daerah sebarannya ialah Banjarnegara, Wonosobo, Ponorogo, Purworejo, Ciwidey.
  • Tsunami, disebabkan karena adanya gempa bumi yang diikuti dengan perpindahan massa tanah/batuan yang sangat besar dibawah air laut serta terjadinya letusan gunung api dibawah laut dan gunung api pulau. Dampak bencana tsunami adalah, banyaknya korban jiwa, rusaknya fasilitas umum, adanya inovasi konstruksi bangunan. Adapun daerah sebarannya ialah Pantai Barat Sumatra, Pantai Selatan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.
  • Banjir, secara umum disebabkan oleh tingginya curah hujan. Dampak bencana banjir adalah kerusakan sarana dan prasarana, lingkungan menjadi kotor. Adapun daerah sebarannya ialah Jakarta, Bandung, Bekasi, Semarang.
  • Angin Puting Beliung, disebabkan karena adanya pusat tekanan rendah di suatu wilayah. Dampak yang ditimbulkan adalah rusaknya rumah dan infrastruktur daerah yang terkena, timbulnya korban jiwa, rusaknya kebun-kebun warga. Adapun daerah sebarannya ialah Sukabumi, Banten, Jawa Timur dan Sumatera bagian Barat.
  • Kekeringan, disebabkan oleh musim kemarau panjang atau karena anomali cuaca seperti El Nino. Dampak yang ditimbulkan adalah, pepohonan menjadi mati dan tanah menjadi gundul sehingga pada musim hujan dapat menyebabkan erosi dan banjir. Adapun daerah sebarannya ialah Gunung Kidul, Pacitan, Sulawesi Tengah dan Lombok.
  • Gas beracun, disebabkan oleh gejala post vulkanik seperti di Kawah Domas, Ijen dan Dieng. Gas beracun ini tidak berasa dan berbau sehingga agak sulit dideteksi oleh manusia, sehingga berdampak mempengaruhi otak serta sistem saraf manusia, seperti detak jantung yang bertambah kencang, hingga halusinasi serta mual-mual.
  • Kebakaran Lahan, diakibatkan oleh musim kemarau yang panjang dan gunung berapi erupsi. Sementara itu, ulah manusia bisa menjadi penyebab kebakaran hutan karena dipicu keteledoran dan faktor ekonomi. Dampak yang diakibatkan ialah rusaknya ekosistem. Adapun daerah sebarannya ialah Pulau Kalimantan, Riau, Sumatera Selatan dan Jambi.space 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

A. Ridha

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan peta Indonesia berikut! Bencana yang sering terjadi di wilayah X yaitu ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved