Roboguru

Sebutkan perbedaan antara otot polos, otot jantung, dan otot lurik dilihat dari letak!

Pertanyaan

Sebutkan perbedaan antara otot polos, otot jantung, dan otot lurik dilihat dari letak!space 

Pembahasan Soal:

Otot merupakan alat gerak aktif. Otot memiliki 3 kemampuan spesifik, yaitu kemampuan memendek (kontraksibilitas), kemampuan memanjang (ekstensibilitas), dan kemampuan kembali ke ukuran semula (elastisitas). Menurut jenisnya, ada tiga macam otot yaitu otot lurik, otot jantung, dan otot polos. Perbedaan antara otot polos, otot jantung, dan otot lurik dilihat dari letaknya yaitu :

  1. Otot polos terletak di dinding saluran pencernaan, saluran pernapasan, pembuluh darah, serta pada organ-organ dalam sehingga sering disebut otot organ dalam.
  2. Otot jantung terletak hanya pada jantung.
  3. Otot lurik terletak menempel pada rangka.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan perbedaan antara otot polos, otot jantung, dan otot lurik dilihat dari kecepatan kontraksi!

Pembahasan Soal:

Otot merupakan alat gerak aktif. Otot memiliki 3 kemampuan spesifik, yaitu kemampuan memendek (kontraksibilitas), kemampuan memanjang (ekstensibilitas), dan kemampuan kembali ke ukuran semula (elastisitas). Menurut jenisnya, ada tiga macam otot yaitu otot lurik, otot jantung, dan otot polos. Perbedaan antara otot polos, otot jantung, dan otot lurik dilihat dari kecepatan kontraksi yaitu :

  1. Otot polos memiliki kecepatan kontraksi yang lambat dan teratur.
  2. Otot lurik memiliki gerakan yang cepat dan teratur
  3. Otot jantung memiliki kecepatan kontraksi sedang (intermediet) dan teratur.space space 
Roboguru

Perhatikan tabel di bawah ini! Perbedaan yang tepat antara otot rangka, otot jantung, dan otot polos ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Perbedaan antara otot rangka, otot jantung, dan otot polos dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C.undefinedundefined

Roboguru

Apakah perbedaan antara fungsi otot lurik, otot polos, dan otot jantung?

Pembahasan Soal:

Jaringan otot  mengandung berkas-berkas sel panjang  yang  dinamakan serabut otot. Jaringan otot berfungsi untuk melakukan gerakan pada berbagai bagian tubuh. Berdasarkan sifat, ciri dan fungsinya, jaringan otot dibedakan menjadi otot lurik (otot rangka), otot polos dan otot jantung. Otot lurik atau otot rangka dilekatkan pada tulang oleh tendon. Otot lurik bertanggung jawab terhadap gerakan sadar (volunter). Disebut dengan otot lurik karena memiliki garis lintang (lurik) yang  berwarna gelap dan  terang yang  merupakan  unit  protein kontraktil. Sel  otot  lurik berbentuk silindris panjang dengan banyak inti  yang terletak di tepian sel. Kontraksi otot lurik cepat dan kuat, akan tetapi mudah lelah. Otot lurik terdapat pada semua otot yang membungkus tulang.

Otot polos bertanggung jawab terhadap gerakan tak sadar (involunter). Strukturnya tidak bergaris lintang atau lurik. Sel  otot  polos berbentuk gelendong dengan satu  inti  di  tengah sel. Kontraksi otot polos lambat dan tanpa lelah. Otot polos terdapat pada organ bagian dalam seperti saluran pencernaan. Otot jantung bertanggung jawab  terhadap gerakan tak sadar (involunter). Struktur otot jantung tampak bergaris lintang (lurik) dengan selnya yang bercabang. Sel otot jantung berbentuk silindris panjang dengan satu inti di tengah. Kontraksinya berirama dan tidak mudah lelah. Otot jantung hanya terdapat pada organ jantung.

Jadi, fungsi otot lurik yaitu untuk melakukan gerakan sadar pada organ gerak seperti tangan, dan kaki.  Otot polos berfungsi untuk mengatur pergerakan organ bagian dalam tubuh seperti pembuluh darah dan organ pencernaan yang dilakukan secara tidak sadar. Sedangkan, otot jantung berfungsi untuk mengatur gerakan pada organ jantung berupa denyut jantung secara tidak sadar. space 

Roboguru

Sebutkan perbedaan antara otot polos, otot jantung, dan otot lurik dilihat dari sitoplasma!

Pembahasan Soal:

Otot merupakan alat gerak aktif. Otot memiliki 3 kemampuan spesifik, yaitu kemampuan memendek (kontraksibilitas), kemampuan memanjang (ekstensibilitas), dan kemampuan kembali ke ukuran semula (elastisitas). Menurut jenisnya, ada tiga macam otot yaitu otot lurik, otot jantung, dan otot polos. Perbedaan antara otot polos, otot jantung, dan otot lurik dilihat dari sitoplasmanya yaitu :

  1. Otot polos memiliki sitoplasma yang homogen.
  2. Otot lurik memiliki sitoplasma yang tersusun atas miofibril dan pada mikroskop elektron tampak mikrofilamen. Miofibril dalam plasma berwarna gelap dan terang, tersusun teratur, dan tampak bergaris.
  3. Otot jantung memiliki sitoplasma yang hampir sama dengan otot lurik, yaitu tersusun atas miofibril.space space 
Roboguru

Hubungan antara jenis otot dengan ciri-cirinya berikut yang tidak benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Otot merupakan jaringan pada tubuh manusia yang dapat berkontraksi (mengerut) dan relaksasi (mengendur). Berdasarkan struktur dan fungsinya, ada 3 jenis otot yaitu otot Lurik, otot Polos dan otot Jantung:

  1. Otot lurik (otot rangka) merupakan otot yang menempel pada rangka tubuh dan digunakan sebagai alat pergerakan. Ciri-ciri otot lurik yaitu inti sel banyak dan berada di bagian tepi, bentuknya silindris, panjang, punya ribuan serabut yang membentuk jaringan otot,dapat ditemukan pada otot lengan, perut, pipi, dan rangka tubuh, termasuk otot volunter (harus bekerja dengan kesadaran) dan mudah lelah.
  2. Otot polos merupakan otot yang melapisi organ-organ dalam di tubuh. Ciri-ciri otot polos yaitu hanya memiliki satu inti sel yang berada di bagian tengah, bentuknya gelendong dengan kedua ujung meruncing, bereaksi lambat tidak mudah lelah, dapat ditemukan pada otot peredaran darah, otot urat nadi, otot usus, termasuk otot involunter/otonom.
  3. Otot Jantung merupakan otot yang menyusun jantung. Memiliki ciri-ciri seperti inti sel banyak dan terletak di tengah, bentuknya memanjang, silindris, dan serabut selnya bercabang dan saling menyatu, hanya terdapat di jantung dan bekerja di luar kesadaran (involunter/otonom).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved