Roboguru

Sebutkan perbedaan antara kehidupan pada masyarakat kota dengan kehidupan pada masyarakat desa secara demografis, ekonomis, sosiologis, pendidikan, dan secara budaya!

Pertanyaan

Sebutkan perbedaan antara kehidupan pada masyarakat kota dengan kehidupan pada masyarakat desa secara demografis, ekonomis, sosiologis, pendidikan, dan secara budaya!

Pembahasan Soal:

Desa adalah suatu daerah tempat tinggal penduduk yang jauh dari kota, adanya homogenitas pada penduduk desa, baik dalam hal mata pencaharian maupun kebudayaan. Kota merupakan sebuah pusat kegiatan manusia di luar kegiatan pertanian. Terdapat perbedaan antara masyarakat yang tinggal di kota dan desa di antaranya sebagai berikut. 

  • Secara demografis/kependudukan, penduduk kota sangat padat, sedangkan penduduk desa relatif jarang
  • Secara ekonomis, penduduk desa bersifat agararis sedangkan masyarakat kota bekerja pada sektor perdagangan, industri, dan jasa.
  • Secara sosiologis, masyarakat desa memiliki korelasi yang bersifat kekeluargaan, langsung, memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Sedangkan masyarakat kota lebih bersifat individual.
  • Secara pendidikan, masyarakat kota rata-rata memiliki pendidikan yang tinggi
  • Secara budaya, warga kota berasal dari latar belakang budaya yang beraneka ragam (heterogen) daripada masyarakat desa yang homogen.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan antara kehidupan sosial budaya masyarakat desa dengan masyarakat kota?

Pembahasan Soal:

Perbedaan kehidupan sosial budaya antara masyarakat desa dengan kota adalah sebagai berikut.

  • Masyarakat desa sangat dekat dengan alam karena aktivitas ekonominya bergantung pada alam, sedangkan masyarakat desa cenderung tidak terlalu dekat dengan alam karena alam di perkotaan sudah banyak dimodifikasi untuk keperluan manusia.
  • Masyarakat desa cenderung bersifat homogen karena memiliki banyak karakteristik yang seragam seperti lapangan pekerjaan, sedangkan masyarakat kota bersifat heterogen karena berasal dari latar belakang sosial dan budaya yang beragam.
  • Ikatan kekeluargaan masyarakat desa sangat erat, sedangkan masyarakat kota cenderung individualistis.
  • Hubungan sosial masyarakat desa bersifat paguyuban dan terjalin dalam jangka waktu yang panjang, sedangkan hubungan sosial masyarakat kota bersifat patembayan yang terjalin dalam jangka waktu yang pendek.
  • Masyarakat desa masih memegang teguh adat istiadat, sedangkan masyarakat kota berpandangan hidup rasional sehingga adat istiadatnya sudah tidak mengikat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara kehidupan sosial budaya masyarakat desa dengan masyarakat kota terletak pada kedekatannya dengan alam, sifat masyarakatnya, ikatan kekeluargaannya, hubungan sosialnya, dan adat istiadatnya. 

0

Roboguru

Berikut ini yang menjadi perbedaan antara masyarakat desa dan masyarakat kota secara sosiologis adalah….

Pembahasan Soal:

Ciri sosial penduduk kota dan desa sangat nampak perbedaannya.  Hal ini menjadikan ciri khas masing-masing kota dan desa. Penduduk desa memiliki ciri hubungan kerabatan masih kuat, masyarakat desa masih memegang nilai tradisi dan kebudayaan setempat dan kehidupan masyarakat sangat erat dengan alam. Penduduk kota memiliki sifat individualis, egois serta masyarakatnya bersifat heretogen.

Berdasarkan penejalsan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Mahasiswa yang menempuh pendidikan di kota ini berasal dari berbagai wilayah. Berbagai bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat berkembang di Kota Yogyakarta. Pe...

Pembahasan Soal:

Karakteristik perkotaan dapat dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu fisik dan nonfisik yang dapat menjadi cerminan keruangan kota. Karakteristik fisik mencakup bentuk bangunan, ketersediaan fasilitas umum, dan tutupan lahan. Sedangkan karakteristik nonfisik terbentuk karena adanya corak sosial dan kebudayaan seperti:

  1. Masyarakat bersifat heterogen
  2. Kesenjangan sosial
  3. Mata pencaharian nonagraris
  4. Kekerabatan memudar
  5. Individualis
  6. Pandangan hidup rasional

Corak sosial dan kebudayaan diatas ikut andil dalam membentuk ciri khas keruangan perkotaan. Variasi Bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat akibat kehadiran berbagai mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan manca negara merupakan bukti heterogenitas masyarakat di Kota Yogyakarta.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.  
 

0

Roboguru

Di.kota tersedia tenaga medis yang memadai dan fasilitas sekolah hingga pendidikan tinggi. Kondisi ini merupakan potensi .. . kota.

Pembahasan Soal:

Kota memiliki beberapa potensi yaitu sebagai berikut

  1. potensi ekonomi berkaitan dengan potensi kota sebagai pusat kegiatan ekonomi dan pusat memperoleh pekerjaan karena semakin minimnya lapangan pekerjaan di pedesaan.
  2. potensi sosial berhubungan dengan lengkapnya sarana kesehatan, pendidikan, dan perekonomian.
  3. potensi budaya berhubungan dengan bahasa, teknologi, keagamaan dll
  4. potensi politik berhubungan dengan fungsi kota sebagai tempat sentral administrasi dan kelembagaan sehingga untuk pusat kegiatan politik berada di daerah kota.

Tersedia tenaga medis yang memadai dan fasilitas sekolah hingga pendidikan tinggi. Kondisi ini merupakan potensi  sosial kota. 

0

Roboguru

Kota Pekalongan terkenal dengan batiknya. Hal ini menunjukkan salah satu tipologi kota menurut Aurousseau, yakni kota....

Pembahasan Soal:

Fenomena pada soal tersebut menunjukkan tipologi kota berdasarkan budaya. Batik menupakan salah satu bentuk budaya yang ada di dalam masyarakat. Selain dilestarikan, batik juga bisa dikomersialkan karena memiliki nilai jual. Pekalongan dikenal dengan keindahan budayanya, salah satunya dengan produk batik.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved