Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan organ-organ penyusun pernapasan beserta fungsinya!

Sebutkan organ-organ penyusun pernapasan beserta fungsinya! 

Iklan

P. Data

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Respirasi atau pernapasan adalah proses pertukaran gas yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Sistem pernapasan terdiri dari organ-organ yang berperan dalam proses pernapasan. Pada manusia, sistem pernapasan tersusun atas hidung, faring (tekak), laring (ruang suara), trakea (tenggorokan), bronkus, dan paru-paru . Hidung berfungsi untuk menyaring dan menangkap partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara, menyamakan suhu udara yang terhirup dari luar dengan suhu tubuh. Faring berfungsi sebagai jalur masuk udara, ruang resonansi suara, serta tempat tonsil yang berpartisipasi pada reaksi kekebalan tubuh dalam melawan benda asing. Laring berfungsi untuk menghubungkan faring dengan trakea. Pada laring terdapat epiglotis dan pita suara. Epiglotis berfungsi untuk menutup laring sewaktu menelan makanan atau minuman, sedangkan pita suara berfungsi untuk menghasilkan suara. Trakea berfungsi untuk menghubungkan laring dengan bronkus. Trakea memiliki jaringan epitelium bersilia yang berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Bronkus berfungsi menghubungkan trakea dengan paru-paru. Bronkus merupakan percabangan dari trakea. Paru-paru merupakan alat pernapasan utama. Di dalam paru-paru terdapat bronkiolus dan alveolus. Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus. Pada ujung-ujung bronkiolus terdapat gelembung-gelembung yang sangat kecil dan berdinding tipis yang disebut alveolus. Alveolus berperan dalam pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida.

Respirasi atau pernapasan adalah proses pertukaran gas yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Sistem pernapasan terdiri dari organ-organ yang berperan dalam proses pernapasan. Pada manusia, sistem pernapasan tersusun atas hidung, faring (tekak), laring (ruang suara), trakea (tenggorokan), bronkus, dan paru-paru.

  • Hidung berfungsi untuk menyaring dan menangkap partikel debu atau kotoran yang masuk bersama udara, menyamakan suhu udara yang terhirup dari luar dengan suhu tubuh.
  • Faring berfungsi sebagai jalur masuk udara, ruang resonansi suara, serta tempat tonsil yang berpartisipasi pada reaksi kekebalan tubuh dalam melawan benda asing.
  • Laring berfungsi untuk menghubungkan faring dengan trakea. Pada laring terdapat epiglotis dan pita suara. Epiglotis berfungsi untuk menutup laring sewaktu menelan makanan atau minuman, sedangkan pita suara berfungsi untuk menghasilkan suara.
  • Trakea berfungsi untuk menghubungkan laring dengan bronkus. Trakea memiliki jaringan epitelium bersilia yang berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan.
  • Bronkus berfungsi menghubungkan trakea dengan paru-paru. Bronkus merupakan percabangan dari trakea.
  • Paru-paru merupakan alat pernapasan utama. Di dalam paru-paru terdapat bronkiolus dan alveolus. Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus. Pada ujung-ujung bronkiolus terdapat gelembung-gelembung yang sangat kecil dan berdinding tipis yang disebut alveolus. Alveolus berperan dalam pertukaran gas oksigen dan gas karbon dioksida.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Almira Lutfika Damiyani

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Udara akan masuk ke dalam paru-paru melewati organ-organ pernapasan. Melalui aktivitas telaah pustaka atau mencari di internet, lengkapilah tabel organ pernapasan pada manusia beserta fungsinya sesuai...

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia