Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan nama Suku Bangsa yang berasal dari daerah Pulau Sumatera!

Sebutkan nama Suku Bangsa yang berasal dari daerah Pulau Sumatera!

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negarayang kaya akan sumberdaya alam dan budayanya. Kekayaan budaya dapat dilihat dari suku bangsa yang ada di Indonesia. Kurang lebih sebanyak 447 suku bangsa terdapat di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Adapun suku bangsa yang tersebar di Pulau Sumatra antara lain sebagai berikut : Suku Aceh merupakan suku asli sebagian besar penduduk Aceh. Suku ini banyak mendiami wilayah pesisir dan sebagian wilayah pedalaman Provinsi Aceh. Suku ini mayoritas beragama Islam dan menggunakan bahasa Aceh. Suku Tamiang , suku asli yang Kabupaten Aceh Tamiang. Suku inni masih serumpun dengan Suku Melayu. Suku Gayo adalah suku yang tinggal di wilayah dataran tinggi di di , Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Tengah , Kabupaten Aceh Timur, Gayo Lues, dan Kabupaten Bener Meriah. Suku Melayu , suku ini berasal dari Semenanjung Melayu tersebar di berbagai daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Malaysia , Thailand hingga India. Di Sumatera Utara masih terdapat kerajaan Melayu di Deli Serdang. Suku Batak , merupakan suku terbesar yang berasal dari Sumatera Utara. Suku Batak terdiri dari suku-suku antara lain Suku Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Simalungun, dan Batak Angkola.

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang kaya akan sumberdaya alam dan budayanya. Kekayaan budaya dapat dilihat dari suku bangsa yang ada di Indonesia. Kurang lebih sebanyak 447 suku bangsa terdapat di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Adapun suku bangsa yang tersebar di Pulau Sumatra antara lain sebagai berikut :

  1. Suku Aceh  merupakan suku asli sebagian besar penduduk Aceh. Suku ini banyak mendiami wilayah pesisir dan sebagian wilayah pedalaman Provinsi Aceh. Suku ini mayoritas beragama Islam dan menggunakan bahasa Aceh.
  2. Suku Tamiang , suku asli yang Kabupaten Aceh Tamiang. Suku inni masih serumpun dengan Suku Melayu.
  3. Suku Gayo adalah suku yang tinggal di wilayah dataran tinggi di di , Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Tengah , Kabupaten Aceh Timur, Gayo Lues, dan Kabupaten Bener Meriah.
  4. Suku Melayu, suku ini berasal dari Semenanjung Melayu tersebar di berbagai daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Malaysia , Thailand hingga India. Di Sumatera Utara masih terdapat kerajaan Melayu di Deli Serdang.
  5. Suku Batak, merupakan suku terbesar yang berasal dari Sumatera Utara. Suku Batak terdiri dari suku-suku antara lain Suku Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Simalungun, dan Batak Angkola.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Gejala Sosial di Masyarakat

Status Sosial Sebagai Komponen Struktur Sosial

Peranan Sebagai Komponen Struktur Sosial

Diferensiasi Sosial Sebagai Komponen Struktur Sosial

141

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan nama suku bangsa yang berasal dari daerah Pulau Maluku!

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia