Pertanyaan

Sebutkan masing-masing contoh tumbuhan perdu, semak, dan herba!

Sebutkan masing-masing contoh tumbuhan perdu, semak, dan herba!

N. Shoimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

contoh pohon yaitu pohon mangga, pohon randu dan pohon jati. Contoh semak pacar air dan puring. Contoh perdu mawar, bunga lavender, dan bougenville.

contoh pohon yaitu pohon mangga, pohon randu dan pohon jati. Contoh semak pacar air dan puring. Contoh perdu mawar, bunga lavender, dan bougenville.

Pembahasan

Berdasarkan perawakannya tumbuhan dibagi menjadi pohon, perdu, dan semak. Pohon merupakan jenis tumbuhan tinnggi yang memiliki batang berkayu dan batangnya dapat mengeras. Pohon memiliki batang utama yang menopang bagian dahan dan ranting. Tinggi tumbuhan yang biasa disebut pohon umumnya diatas 1,5 meter. Contohnya : Pohon mangga, Pohon randu dan Pohon jati. Semak merupakan jenis tumbuhan berumpun dengan batang pendek, dengan ukuran tinggi kurang dari 1,5 meter. Tumbuhan ini biasanya berumur pendek, tidak memiliki banyak cabang pada batangnya, dan batang yang berkayu adalah bagian batang utamanya saja. Contohnya : Pacar air dan puring. Perdu merupakan jenis tumbuhan berkelompok yang memiliki ketinggian dibawah 6 meter. Perdu merupakan tumbuhan berumur panjang yang memiliki batang berkayu, ciri khas dari tumbuhan ini adalah batangnya bercabang banyak dan bagian batang utamanya kurang jelas. Contohnya : Mawar, Bunga Lavender, dan Bougenville. Dengan demikian, contoh pohon yaitu pohon mangga, pohon randu dan pohon jati. Contoh semak pacar air dan puring. Contoh perdu mawar, bunga lavender, dan bougenville.

Berdasarkan perawakannya tumbuhan dibagi menjadi pohon, perdu, dan semak.

  • Pohon merupakan jenis tumbuhan tinnggi yang memiliki batang berkayu dan batangnya dapat mengeras. Pohon memiliki batang utama yang menopang bagian dahan dan ranting. Tinggi tumbuhan yang biasa disebut pohon umumnya diatas 1,5 meter. Contohnya : Pohon mangga, Pohon randu dan Pohon jati.
  • Semak merupakan jenis tumbuhan berumpun dengan batang pendek, dengan ukuran tinggi kurang dari 1,5 meter. Tumbuhan ini biasanya berumur pendek, tidak memiliki banyak cabang pada batangnya, dan batang yang berkayu adalah bagian batang utamanya saja. Contohnya : Pacar air dan puring.
  • Perdu merupakan jenis tumbuhan berkelompok yang memiliki ketinggian dibawah 6 meter. Perdu merupakan tumbuhan berumur panjang yang memiliki batang berkayu, ciri khas dari tumbuhan ini adalah batangnya bercabang banyak dan bagian batang utamanya kurang jelas. Contohnya : Mawar, Bunga Lavender, dan Bougenville.

Dengan demikian, contoh pohon yaitu pohon mangga, pohon randu dan pohon jati. Contoh semak pacar air dan puring. Contoh perdu mawar, bunga lavender, dan bougenville.

1rb+

4.5 (2 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan alasan yang dijadikan dasar mengelompokkan tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji ke dalam satu golongan dunia tumbuhan (kingdom plantae)!

743

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia