Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan macam-macam interaksi antar organisme! Berikan contoh masing-masing!

Sebutkan macam-macam interaksi antar organisme! Berikan contoh masing-masing!space 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Organisme tidak dapat hidup sendiri sehingga makhluk hidup pasti membutuhkan makhluk hidup lain. Di dalam ekosistem terjadi interaksi antar komponen ekosistem.Terdapat beberapa tipe interaksi antar organisme, yaitu: Kompetisi adalah interaksi antara dua atau lebih spesies yang saling menghalangi hal ini terjadi karena setiap spesies memiliki kebutuhan yang sama, contoh sesama kambing jantan berkelahi untuk memperebutkan pasangan kawinnya. Kompetisi terdiri dari dua yaitu intraspesies dan interspesies. Simbiosis adalah hubungan yag terjadi antara 2 organisme. Simbiosis dibedakan menjadi tiga yaitu mutualisme (menguntungan kedua organisme, contohnya kerba dan buruk jalak), komensalisme (satu pihak diuntungkan namun pihak lain tidak merasa diuntungkan atau dirugikan, cotohnya pohon dan bunga anggrek)dan parasitisme (satu pihak diuntungkan namun pihak lain dirugikan, contohnya nyamuk dan manusia). Predasi adalahinteraksi makan memakan antar organisme. Contoh, ular menjadi predator tikus Rantai makanan adalah proses perpindahan energi makanan melalui organisme. Pada rantai makanan terdapat produsen, konsumen dan dekomposer. J aring-jaring makanan adalah gabungan beberapa rantai makanan yang saling bersinggungan. Piramida makanan adalah diagram susunan tingkat trofik satu dan tingkat trofik lain berdasarkan jumlah, biomassa dan kemampuan menyimpan energi.

Organisme tidak dapat hidup sendiri sehingga makhluk hidup pasti membutuhkan makhluk hidup lain. Di dalam ekosistem terjadi interaksi antar komponen ekosistem. Terdapat beberapa tipe interaksi antar organisme, yaitu:

  1. Kompetisi adalah interaksi antara dua atau lebih spesies yang saling menghalangi hal ini terjadi karena setiap spesies memiliki kebutuhan yang sama, contoh sesama kambing jantan berkelahi untuk memperebutkan pasangan kawinnya. Kompetisi terdiri dari dua yaitu intraspesies dan interspesies. 
  2. Simbiosis adalah hubungan yag terjadi antara 2 organisme. Simbiosis dibedakan menjadi tiga yaitu mutualisme (menguntungan kedua organisme, contohnya kerba dan buruk jalak), komensalisme (satu pihak diuntungkan namun pihak lain tidak merasa diuntungkan atau dirugikan, cotohnya pohon dan bunga anggrek) dan parasitisme (satu pihak diuntungkan namun pihak lain dirugikan, contohnya nyamuk dan manusia). 
  3. Predasi adalah interaksi makan memakan antar organisme. Contoh, ular menjadi predator tikus
  4. Rantai makanan adalah proses perpindahan energi makanan melalui organisme. Pada rantai makanan terdapat produsen, konsumen dan dekomposer.
  5. Jaring-jaring makanan adalah gabungan beberapa rantai makanan yang saling bersinggungan. 
  6. Piramida makanan adalah diagram susunan tingkat trofik satu dan tingkat trofik lain berdasarkan jumlah, biomassa dan kemampuan menyimpan energi. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

93

Dea Putri Nasution

Pembahasan lengkap banget

DHEA MAULIDA NAJWA

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan jenis - jenis interaksi pada ekosistem!

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia