Roboguru

Sebutkan langkah-langkah meringkas teks eksplanasi!

Pertanyaan

Sebutkan langkah-langkah meringkas teks eksplanasi!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Ringkasan adalah suatu bentuk penyajian karangan atau tulisan secara ringkas, padat, dan menyeluruh. Dalam meringkas teks eksplanasi, terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan agar ringkasan menjadi baik. Langkah-langkah pembuatan ringkasan, di antaranya yaitu membaca teks dengan saksama, mencatat gagasan utama dan hal-hal penting dalam teks, serta mengubah gagasan utama yang telah dicatat menjadi kalimat efektif. Jangan lupa, penulisan ringkasan harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Dengan demikian, pembuatan ringkasan, di antaranya yaitu membaca teks dengan saksama, mencatat gagasan utama dan hal-hal penting dalam teks. Terakhir, ubahlah gagasan utama yang telah dicatat menjadi kalimat efektif. Jangan lupa, penulisan ringkasan harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Baca dan pahami teks berikut! Teknologi Proses Sampah     Dengan teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan, kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dap...

Pembahasan Soal:

Teks Teknologi Proses Sampah termasuk kategori teks eksplanasi yang menjelaskan proses teknologi pengolahan sampah.

Teknologi proses sampah dapat kita lihat dalam teks pada paragraf kedua:

Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting), (3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang (recycling).

Pada paragraf kedua tersebut dijelaskan bahwa sampah dapat mengalami proses lanjutan dengan berbagai teknologi yang bisa mengubah sampah dari barang buangan menjadi barang yang bermanfaat.

Jadi, teknologi proses sampah adalah teknologi untuk memproses atau mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat.undefined  

0

Roboguru

Ringkasan isi teks eksplanasi yang tepat adalah ......

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Peristiwa alam maupun sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.

Meringkas teks eksplanasi dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu:

  • Membaca teks atau naskah yang asli.
  • Menentukan dan mencatat gagasan utamanya.
  • Menulis ringkasan dari gagasan utama dan menambahkan bagian-bagian penting dari teks.
  • Meneliti dengan membaca kembali ringkasan yang dimana telah dibuat.

Ringkasan isi teks eksplanasi yang tepat adalah Salah satu fenomena ajaib adalah biritang jatuh. Bintang jatuh dapat kita saksikan di malam hari. Fenomena ini disebabkan oleh gaya gravitasi Bumi terhadap benda langit. Benda langit yang terkena gaya gravitasi Bumi dapat terbakar. Materi yang terbakar tersebut masuk ke dalam Bumi karena merupakan paparan inti atau berisi gagasan dari keseluruhan isi teks.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

0

Roboguru

Bacalah penggalan tajuk utama berikut dengan seksama!     Memang tidak dipungkiri gaji PNS sangatlah rendah, inilah yang membuat pemerintah sulit untuk bisa memacu produktivitasnya. Sebaliknya untuk...

Pembahasan Soal:

Permasalahan dapat dicari dari gagasan pokok, yang letaknya bisa di bagian awal ataupun pada bagian akhir paragraf. Dalam penggalan tajuk rencana tersebut, masalah yang diungkapkan adalah rasionalisasi jumlah PNS.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Rangkuman yang tepat untuk bacaan di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Cuplikan teks pada soal tersebut adalah bentuk teks eksplanasi karena menjelaskan sebuah fenomena alam dari sudut pandang ilmiah. Fenomena alam yang dibahas adalah polusi udara. Untuk merangkum teks eksplanasi, teks tersebut harus dibaca terlebih dahulu untuk menemukan gagasan pokok tiap paragrafnya.

Pada teks tersebut, gagasan pokok pada paragraf pertama adalah penjelasan mengenai polusi udara, yaitu udara yang mengandung zat kimia ataupun memiliki kondisi fisik yang melewati batas tertentu yang dapat membahayakan manusia, makhluk hidup lain, maupun lingkungan abiotik. Kemudian, gagasan pokok pada paragraf kedua adalah penjelasan lebih lanjut bahwa polusi udara yang terjadi secara alamiah tidak terlalu berbahaya karena masih dalam batas-batas yang dapat ditoleransi. Oleh karena itu, kalimat "Polusi udara adalah udara yang mengandung zat kimia sehingga dapat membahayakan yang merupakan ancaman serius." pada pilihan B merupakan rangkuman paling tepat dari teks eksplanasi tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined  

0

Roboguru

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Simpulan paragraf merupakan suatu kumpulan kalimat yang berupa ulasan singkat yang merupakan inti sari dari suatu paragraf. Simpulan dari paragraf di atas adalah tentang makanan yang mengandung formalin diantaranya adalah tahu, bakso, mi basah, kerang basah, makanan tersebut berbahaya bagi kesehatan karena mengganggu fungsi pada tubuh.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved