Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan komponen-komponen peta!

Sebutkan komponen-komponen peta! 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu.Komponen-komponen peta antara lain sebagai berikut. Judul biasanya terletak di atas gambar. Tujuannya, untuk menjelaskan jenis peta. Petunjuk arah biasanya berada pada bagian ruang kosong di peta. Petunjuk arah berisi simbol arah mata angin. Tujuannya untuk mengetahui arah pada peta, seperti utara, selatan, timur, dan barat. Legendapeta berfungsi untuk menjelaskan mengenai keterangan simbol-simbol yang terdapat pada peta. Legenda biasanya berada di sudut kiri peta. Skala Peta merupakan perbandingan jarak antara keadaan pada peta dengan keadaan sebenarnya. Simbol berfungsi untuk mewakili keadaan sesungguhnya, seperti simbol kota, simbol jalan kereta api, simbol gunung, dan simbol sungai. Inset merupakan sebuah peta berukuran kecil dan lebih detil yang disisipkan pada peta utama. Fungsinya antara lain untuk penunjuk lokasi dan memperjelas suatu lokasi. Warna Peta tujuannya untuk menjelaskan keadaan tempat atau obyek di permukaan Bumi. Garis Tepi adalah sebuah garis untuk membatasi ruang pada peta, biasanya berbentuk persegi empat. Garis tepi dibuat pada peta agar gambar berada tepat di tengah-tengah dan meletakkan garis astronomi. Sumber peta sumber peta perlu dicantumkan untuk meyakinkan sih pengguna bahwa peta tersebut berasal dari instansi atau lembaga yang berkompeten dalam pembuatan peta. Tahun pembuatan peta berguna untuk mengetahui waktu peta itu dibuat. Tahun pembuatan peta ini penting untuk dicantumkan khususnya pada peta yang sifat datanya selalu mengalami perubahan. Garis astronomis adalah garis khayal yang ada di peta untuk menentukan letak suatu tempat.

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Komponen-komponen peta antara lain sebagai berikut.

  1. Judul biasanya terletak di atas gambar. Tujuannya, untuk menjelaskan jenis peta. 
  2. Petunjuk arah biasanya berada pada bagian ruang kosong di peta. Petunjuk arah berisi simbol arah mata angin. Tujuannya untuk mengetahui arah pada peta, seperti utara, selatan, timur, dan barat.
  3. Legenda peta berfungsi untuk menjelaskan mengenai keterangan simbol-simbol yang terdapat pada peta. Legenda biasanya berada di sudut kiri peta.
  4. Skala Peta merupakan perbandingan jarak antara keadaan pada peta dengan keadaan sebenarnya.
  5. Simbol berfungsi untuk mewakili keadaan sesungguhnya, seperti simbol kota, simbol jalan kereta api, simbol gunung, dan simbol sungai.
  6. Inset merupakan sebuah peta berukuran kecil dan lebih detil yang disisipkan pada peta utama. Fungsinya antara lain untuk penunjuk lokasi dan memperjelas suatu lokasi.
  7. Warna Peta tujuannya untuk menjelaskan keadaan tempat atau obyek di permukaan Bumi.
  8. Garis Tepi adalah sebuah garis untuk membatasi ruang pada peta, biasanya berbentuk persegi empat. Garis tepi dibuat pada peta agar gambar berada tepat di tengah-tengah dan meletakkan garis astronomi.
  9. Sumber peta sumber peta perlu dicantumkan untuk meyakinkan sih pengguna bahwa peta tersebut berasal dari instansi atau lembaga yang berkompeten dalam pembuatan peta.
  10. Tahun pembuatan peta berguna untuk mengetahui waktu peta itu dibuat. Tahun pembuatan peta ini penting untuk dicantumkan khususnya pada peta yang sifat datanya selalu mengalami perubahan.
  11. Garis astronomis adalah garis khayal yang ada di peta untuk menentukan letak suatu tempat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Sofi Agrenia

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan peta berikut. Pada peta, komponen peta yang ditunjukkan oleh anak panah menunjukkan....

54

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia