Roboguru

Sebutkan kestabilitasan apa saja yang harus dijaga oleh bank sentral !

Pertanyaan

Sebutkan kestabilitasan apa saja yang harus dijaga oleh bank sentral !space 

  1. ....space 

  2. ....space 

Pembahasan Soal:

Demi menjaga stabilitas sistem keuangan perbankan dan sistem pembayaran, sehingga dapat mencapai serta memelihara kestabilan nilai rupiah di Indonesia. Dibutuhkanlah suatu lembaga yang bertugas sebagai pembina dan pengawas bank yang lainnya yang dinamakan Bank Sentral.

Sebagai otoritas moneter, perbankan dan sistem pembayaran, tugas utama Bank Indonesia tidak saja menjaga stabilitas moneter, namun juga stabilitas sistem keuangan (perbankan dan sistem pembayaran).

Jadi, jawaban yang tepat adalah stabilitas moneter dan stabilitas sistem keuangan.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Makhrisza

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertahanan

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di Indonesia bank yang bertugas untuk mengatur kestabilan badan-badan keuangan serta menjamin agar kegiatan badan-badan keuangan tersebut dapat menciptakan tingkat kegiatan ekonomi yang tinggi dan sta...

Pembahasan Soal:

Bank Sentral adalah sebuah lembaga yang bertanggungjawab atas kebijakan yang berkaitan dengan keuangan (kebijakan moneter) di negara tertentu. Di Indonesia sendiri yang dijadikan sebagai bank sentral adalah Bank Indonesia.


Bank Indonesia mempunyai tugas dan wewenang, yaitu:

  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, dalam hal ini Bank Indonesia memiliki wewenang yaitu menetapkan sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi dan melakukan pengendalian  moneter di luar operasi pasar terbuka, tingkat diskonto, cadangan wajib minimum dan pengaturan kredit atau pembiayaan baik secara konvensional maupun secara syariah.
  2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, dalam hal ini Bank Indonesia berwenang untuk melaksanakan dan memberikan persetujuan dan izin atas penyelenggaraan jasa sistem pembayaran, mewajibkan penyelenggaraan jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan laporan tentang kegiatannya, dan menetapkan penggunaan alat pembayaran.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space space  

0

Roboguru

Sebagai bank sentral, Bank Indonesia memiliki otonomi penuh dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Otonomi ini berarti ....

Pembahasan Soal:

Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang No. 23/1999 tentang Bank Indonesia. Undang-undang ini memberikan status dan kedudukan sebagai suatu lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan Pemerint​​ah dan/atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang ini. Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga. space space 

0

Roboguru

Perhatikan cuplikan wacana dari Republika berikut ini: Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta setiap perusahaan perniagaan daring (e-commerce) untuk mematuhi kewajiban perizinan dari ...

Pembahasan Soal:

Ada 5 peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran diantaranya:
 

  • Regulator adalah Bank Indonesia membuat peraturan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan sistem pembayaran yang dikeluarkan. Misalnya peraturang tentang kliring dan transfer dana.
  • Perizinan adalah Bank Indonesia memberikan izin kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan sistem pembayaran, misalnya LKBB.
  • Pengawasan adalah langkah Bank Indonesia melakukan pengawasan terhadap aktivitas para pelaku yang terlibat dalam pelaksanaan sistem pembayaran.
  • Operator adalah Bank Indonesia menyediakan layanan sistem pembayaran berupa BI-RTGS, BI-SSS, dll.
  • Fasilitator adalah Bank Indonesia menjamin sistem pembayaran aman dan efisien.


Berdasarkan bacaan diatas, setiap perusahaan perniagaan daring (e-commerce) memiliki kewajiban untuk mematuhi kewajiban perizinan dari Bank Indonesia, maka ini masuk peran Bank Indonesia dalam hal perizinan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space  

0

Roboguru

Tuliskan tujuan, fungsi dan tugas bank sentral!

Pembahasan Soal:

Bank sentral adalah sebuah lembaga di sebuah negara yang bertanggungjawab dalam mengatur kebijakan moneter suatu negara, mengedarkan uang, menjaga kestabilan nilai mata uang suatu negara,  dan mengatur sistem pembayaran di suatu negara. Tujuan bank sentral antara lain:

  • Menjaga dan memelihara kestabilan nilai mata uang domestik

Sedangkan fungsi bank sentral antara lain:

  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
  • Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
  • Mengatur dan mengawasi bank

Sementara itu, tugas bank sentral antara lain:

  • Mencapai dan memelihara kestabilan nilai mata uang domestik
  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.
  • Mengatur dan menjaga sistem pembayaran stabilitas sistem keuangan

0

Roboguru

Bank Indonesia mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah serta mencabut, menarik, dan memusnahkan uang dari peredaran. Dalam hal ini berati Bank Indonesia menjalankan tugas....

Pembahasan Soal:

Mengatur dan menjaga sistem pembayaran merupakan salah satu tugas Bank Indonesia,  untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran Bank Indonesia adalah satu-satunya lembaga mempunyai wewenang untuk mengeluarkan, mengedarkan, mencabut, atau menarik hingga memusnahkan uang rupiah dari peredaran.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved