Iklan

Iklan

Pertanyaan

Listrik dan Globalisasi

“Edo, nasinya sudah matang, ambil sendiri ya”, ucap ibu menyambut Edo pulang sekolah. Sambil menyendok nasi, Edo mengamati perabot elektronik di rumahnya. Ia memperhatikan betapa menanak nasi sangat mudah dengan bantuan alat penanak nasi. Apabila ingin menyeduh teh, tekan saja tombol mesin pemanas air. Begitupun jika ingin minuman dingin, tinggal membuka lemari es. Saat cuaca panas, ada kipas angin.

Esoknya dini hari, Edo bersama ayah berjalan menuju balai desa untuk menonton final pertandingan sepak bola yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi. Banyak warga, termasuk Edo dan keluarganya tak memiliki pesawat televisi di rumahnya, dan oleh karena itu bapak Kepala Desa mengadakan kegiatan nonton bersama di balai desa bagi seluruh warga.

Perjalanan pada dini hari itu tidak terasa gelap bagi Edo, karena sepanjang jalan desa sudah benderang diterangi lampu jalanan. Sepanjang jalan, Edo berpikir tentang kemudahan yang ia rasakan berkat adanya listrik. Bayangkan, pertandingan final sepak bola yang diselenggarakan di suatu tempat di benua lain, dapat disaksikannya secara langsung!

“Hmm...apa jadinya jika tidak ada listrik...”, gumam Edo dalam hati.

Lamunan Edo terhenti oleh dering telepon genggam ayahnya. Rupanya Paman dari Papua yang menanyakan apakah final pertandingan bola sudah dimulai. Paman Edo tinggal di desa yang aliran listriknya terbatas di pagi hingga sore hari, sehingga ia tak mungkin bisa menyaksikan siaran pertandingan langsung melalui televisi.

-Nuniek-

Sebutkan kemudahan dalam kehidupan sebagai akibat dari adanya listrik!

Sebutkan kemudahan dalam kehidupan sebagai akibat dari adanya listrik!space space 

Iklan

O. Salu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sam Ratulangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kemudahan listrik adalahntuk menggunakan peralatan listrik saat memasak, mencuci, menyetrika, dan untuk membantu berbagai kegiatan manusia yang lain.

kemudahan listrik adalah ntuk menggunakan peralatan listrik saat memasak, mencuci, menyetrika, dan untuk membantu berbagai kegiatan manusia yang lain.space 

Iklan

Pembahasan

Keberadaan listrik telah mempermudah manusia dalam melaksanakan berbagai aktivitas. Listrik juga membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kemudahan karena listrik diantaranya untuk menggunakan peralatan listrik saat memasak, mencuci, menyetrika, dan untuk membantu berbagai kegiatan manusia yang lain. Beberapa peralatan listrik juga digunakan untuk membantu pekerjaan manusia contohnya komputer, mesin pabrik, dan sebagainya. Dengan demikian, kemudahan listrik adalahntuk menggunakan peralatan listrik saat memasak, mencuci, menyetrika, dan untuk membantu berbagai kegiatan manusia yang lain.

Keberadaan listrik telah mempermudah manusia dalam melaksanakan berbagai aktivitas. Listrik juga membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kemudahan karena listrik diantaranya untuk menggunakan peralatan listrik saat memasak, mencuci, menyetrika, dan untuk membantu berbagai kegiatan manusia yang lain. Beberapa peralatan listrik juga digunakan untuk membantu pekerjaan manusia contohnya komputer, mesin pabrik, dan sebagainya.

Dengan demikian, kemudahan listrik adalah ntuk menggunakan peralatan listrik saat memasak, mencuci, menyetrika, dan untuk membantu berbagai kegiatan manusia yang lain.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa listrik dapat memengaruhi globalisasi?

328

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia