Roboguru

Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari listrik tegangan AC dan DC.

Pertanyaan

Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari listrik tegangan AC dan DC.  

Pembahasan Soal:

Arus searah (DC = Direct Current) adalah arus yang selalu mengalir dalam satu arah saja. Misalnya baterai dan aki mobil. Nilai arus hanya bisa positif atau negatif saja. Sementara itu arus bolak-balik (AC = Alternating Current) adalah arus yang mengalir dengan siklus yang selalu berubah-ubah. Misalnya arus PLN. Nilai arus pada setengah siklus positif dan pada setengah siklus lainnya negatif.

Kelebihan arus DC adalah dapat dibawa kemana saja, karena tegangan yang menghasilkan arus DC ini dapat disimpan dalam bentuk yang lebih portable, seperti aki atau baterai. Namun, kekurangan arus DC adalah adanya keterbatasan pasokan listrik, maka dari itu perlu melakukan isi ulang atau dicas.

Sementara itu, kelebihan arus AC adalah dapat dirubah jumlah skala tegangannya, baik itu dinaikkan ataupun diturunkan. Sedangkan Kekurangan AC tidak dapat dibawa, hal ini karena arus AC tidak bisa ditempatkan pada suatu wadah seperti baterai dan lainnya. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Afrianto

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sumber tegangan listrik terdiri atas .... dan ....

Pembahasan Soal:

Sumber tegangan listrik terdiri atas sumber tegangan DC dan sumber tegangan AC.

Roboguru

Pernyataan yang benar mengenai sumber arus adalah ….

Pembahasan Soal:

Sumber arus AC memiliki nilai arus listrik yang berubah terhadap waktu secara periodik. Sumber arus DC memiliki nilai arus listrik tetap dan tidak berubah terhadap waktu.

Sumber arus DC terbagi menjadi dua, yaitu elemen primer dan elemen sekunder.

Elemen primer adalah sumber arus listrik yang tidak dapat diisi ulang ketika energinya sudah habis, contohnya adalah elemen volta dan baterai kering.

Elemen sekunder adalah sumber arus listrik yang dapat diisi ulang ketika energinya sudah habis, contohnya adalah akumulator (aki) atau baterai Li-Ion.

Maka pernyataan yang tepat dinyatakan oleh pilihan jawaban D.undefined 

Roboguru

Sumber arus listrik terbagi menjadi dua, yaitu sumber arus listrik AC dan sumber arus listrik DC. Pernyataan yang benar mengenai sumber arus listrik adalah …

Pembahasan Soal:

Sumber arus AC memiliki nilai arus listrik yang berubah terhadap waktu secara periodik.

Sumber arus DC memiliki nilai arus listrik tetap dan tidak berubah terhadap waktu. Sumber arus DC terbagi menjadi dua, yaitu elemen primer dan elemen sekunder.

  • Elemen primer adalah sumber arus listrik yang tidak dapat diisi ulang ketika energinya sudah habis, contohnya adalah elemen volta dan baterai kering.
  • Elemen sekunder adalah sumber arus listrik yang dapat diisi ulang ketika energinya sudah habis, contohnya adalah akumulator (aki) atau baterai Li-Ion.

Dengan demikian, pernyataan yang tepat adalah baterai Li-ion (elemen sekunder) merupakan sumber arus listrik yang dapat diisi ulang ketika energinya habis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Tuliskan berbagai macam jenis baterai dan jelaskan kelebihannya!

Pembahasan Soal:

Jenis-jenis baterai:

  • Baterai Primer (Tidak dapat diisi ulang). Kelebihan baterai primer adalah mudah digunakan dan harganya terjangkau. Contoh baterai jenis ini adalah baterai alkaline, baterai lithium, dll.
  • Baterai sekunder (Dapat diisi ulang). Kelebihan baterai sekunder adalah kapasitasnya lebih besar dibanding baterai primer. Contoh baterai jenis ini adalah baterai Li-ion, dll.space 
Roboguru

Jenis arus listrik yang memiliki ciri nilai arus listrik yang dihasilkannya berubah terhadap waktu secara periodik disebut ….

Pembahasan Soal:

AC (Alternating Current) atau arus listrik bolak-balik. Pada arus bolak-balik, nilai arus listriknya dapat berubah positif ke negatif ke positif lagi, dan seterusnya secara periodik. Ini berarti, pada arus bolak balik, nilai arus listrik yang dihasilkan berubah terhadap waktu secara periodik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved