Roboguru

Sebutkan kegunaan dari:

Pertanyaan

Sebutkan kegunaan dari:

a point space Na H C O subscript 3 b point space K Cl O subscript 3 c point space Mg S O subscript 4 d point space Ca O Cl subscript 2 e point space K Mn O subscript 4space  

Pembahasan Soal:

  • Na H C O subscript 3 (natrium bikarbonat) berguna untuk mengatasi asidosis metabolik, urine yang terlalu asam, dan asam lambung berlebih. Obat ini bekerja dengan cara mengurai natrium dan bikarbonat di dalam air untuk membentuk alkaline yang menetralkan asam. 
  • K Cl O subscript 3 (kalium klorat) adalah sebuah senyawa kristal beracun yang digunakan sebagai agen pengoksidasi, pemutih, dan desinfektan dalam membuat bahan peledak, korek api, dan kembang api.
  • Mg S O subscript 4 (magnesium sulfat) adalah suplemen mineral yang digunakan untuk mengatasi kondisi rendahnya kadar magnesium dalam darah (hipomagnesemia). Obat ini juga digunakan untuk mengobati dan mencegah kejang akibat eklamsia.
  • Ca O Cl subscript 2 (kalsium hipoklorit) digunakan sebagai serbuk pengelantang dan desinfektan. 
  • K Mn O subscript 4 digunakan sebagai antiseptik,  dapat digunakan secara luas dalam industri pengolahan air, dan sebagai pereaksi untuk sintesis senyawa organik.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Rahayu

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel berikut! Pasangan data yang berhubungan tepat antara unsur, pembuatan, dan kegunaannya ditunjukkan oleh angka...

Pembahasan Soal:

  • Unsur natrium dapat dibuat dengan mereduksi air laut yang mengandung NaCl, nyala logam Na adalah kuning.
  • Unsur flourin dapat dibuat melalui eletkrolisis Hidrogen florida dan flourin digunakan sebagai bahan baku freon untuk pendigin ruangan.
  • Unsur klorin dapat dibuat dengan proses deacon(oksidasi) dan kegunaan klrorin adalah sebagai antiseptik/pembasmi kuman.
  • Unsur kalsium diperoleh dengan dengan proses reduksi dari garam floridanya dan biasanya digunakan dalam bahan tambahan dalam industri besi.
  • Unsur mangan diperoleh dengan proses reduksi senyawa oksidanya dan digunakan dalam industri pembuatan baja.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah 3 dan 4.

Jadi, tidak ada jawaban yang benar.space 

Roboguru

Unsur-unsur yang diperlukan tumbuhan secara makro (dalam jumlah besar) ialah ....

Pembahasan Soal:

Secara garis besar, tanaman atau tumbuhan memerlukan 2 (dua) jenis unsur hara untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.  Dua jenis unsur hara tersebut disebut unsur makro dan unsur mikro. Unsur makro atau unsur yang diperlukan oleh tumbuhan dalam jumlah besar adalah nitrogen, oksigen, hidrogen, kalium, kalsium, fosfor, karbon, sulfur, dan magnesium. Sedangkan unsur mikro atau unsur yang diperlukan dalam jumlah kecil oleh tumbuhan adalah besi, boron, dan mangan.
 

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Unsur natrium dan kalium merupakan logam alkali. Keduanya dapat bereaksi hebat dengan air. a. Bagaimana kereaktifan unsur kalium dibandingkan dengan unsur natrium ?

Pembahasan Soal:

Logam alkali dapat bereaksi dengan air dimana terbentuk gas hidrogen:

begin mathsize 14px style L open parentheses italic s close parentheses and H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses yields LOH open parentheses italic a italic q close parentheses plus H subscript 2 open parentheses italic g close parentheses end style 

Deret potensial elektroda standar:

Li K Ba Sr Ca Na Mg Al Mn Zn Cr Fe Cd Co Ni Pb H Cu Hg Ag Pt Au

Deret potensial di atas diurutkan berdasarkan nilai potensial elektroda standar dari yang terkecil (paling negatif) sampai yang terbesar (paling positif), yaitu Au. Semakin ke kanan semakin mudah tereduksi dan sebaliknya semakin ke kiri semakin mudah teroksidasi. Posisi logam K lebih kiri daripada logam Na sehingga logam K lebih mudah teroksidasi dan tentunya lebih reaktif terhadap air daripada logam Na.

Roboguru

Natrium (Z = 11) dan kalium (Z = 19) merupakan unsur-unsur golongan alkali. Jika direaksikan dengan air, natrium lebih mudah bereaksi dibandingkan dengan kalium. Benarkah pernyataan tersebut?

Pembahasan Soal:

Unsur natrium dan kalium merupakan unsur yang berada pada satu golongan yang sama yaitu unsur golongan alkali. Berdasarkan konfigurasi elektronnya,

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Na presubscript 11 end cell equals cell open square brackets Ne close square brackets space 3 s to the power of 1 end cell row cell K presubscript 19 end cell equals cell open square brackets Ar close square brackets space 4 s to the power of 1 end cell end table 

unsur natrium berada pada kulit ketiga sedangkan kalium kulit keempat. Sifat unsur golongan alkali adalah sangat reaktif, karena hanya memiliki satu elektron pada kulit terluar yang sangat tidak stabil dan mudah lepas. Hal ini menyebabkan reaksi Na maupun K dengan air menghasilkan reaksi yang hebat. Namun, dibandingkan natrium, kalium lebih mudah bereaksi. Sifat kereaktifan unsur alkali dari atas ke bawah dalam satu golongan adalah semakin meningkat. Hal ini disebabkan jumlah kulit bertambah sehingga gaya tarik inti terhadap elektron di kulit terluar pun semakin lemah (semakin mudah lepas, semakin mudah bereaksi).

Jadi, pernyataan tersebut salah, seharusnya kalium lebih mudah bereaksi dibanding natrium.

Roboguru

Sifat-sifat reduktor logam-logam alkali juga dapat ditunjukkan berdasarkan reaksinya dengan oksigen, hidrogen, dan nitrogen. Tuliskan reaksi-reaksi antara Li, Na, dan K dengan O2​, H2​, dan N2​. Tulis...

Pembahasan Soal:

Pereduksi (reduktor) adalah zat yang mengalami reduksi. Reaksi-reaksi antara Li, Na, dan K dengan O2, H2, dan N2 sebagai berikut:

  • Reaksi Li, Na, dan K dengan O2.
    Logam alkali mereduksi oksigen membentuk senyawa oksida, peroksida, dan superoksida. Li membentuk LiO; Na membentuk NaO2K, Rb, dan Cs membentuk MO2 (M=K,Rb,Cs), dengan reaksi sebagai berikut:


                          


    Dengan demikian, berdasarkan reaksi di atas maka logam Li, Na, dan K berperan sebagai pereduksi karena mengalami oksidasi.
     
  • Reaksi Li, Na, dan K dengan H2 sebagai berikut:


                     


    Dengan demikian, berdasarkan reaksi di atas maka logam Li, Na, dan K berperan sebagai pereduksi karena mengalami oksidasi.
     
  • Reaksi Li, Na, dan K dengan N2 sebagai berikut:
    Hanya Li yang dapat bereaksi dengan N2 sedangkan Na dan K tidak bereaksi, reaksi sebagai berikut:


                    


    Dengan demikian, berdasarkan reaksi di atas maka logam Li berperan sebagai pereduksi karena mengalami oksidasi.
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved