Pertanyaan

Sebutkan jenis sel saraf berdasarkan struktur dan fungsinya!

Sebutkan jenis sel saraf berdasarkan struktur dan fungsinya!space 

 

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sistem saraf dibangun oleh sel-sel saraf. Sel saraf (neuron) merupakan sebuah sel dengan struktur yang khas. Berdasaran fungsinya sel saraf dapat dibedakan atas sel saraf sensorik (saraf aferen), sel saraf motorik (saraf eferen), dan sel saraf interneuron (saraf konektor, asosiasi, atau ajustor). Sel saraf sensorik merupakan sel saraf membawa informasi dari reseptor yang berhubungan langsung dengan lingkungan menuju ke saraf pusat. Sel saraf motorik merupakan sel saraf yang membawa informasi ke otot atau kelenjar dan membuat mereka bergerak atau bereaksi. Adapun sel saraf interneuron merupakan penghubung informasi antara sel saraf sensorik dan sel saraf motorik. Berdasarkan strukturnya, sel saraf dibedakan atas neuron bipolar, neuronunipolar, dan neuron multipolar. Neuron bipolar memiliki dua juluran dari badan selnya, menjadi dendrit dan akson. Neuron unipolar memiliki satu juluran dari badan sel yang bercabang menjadi dendrit dan akson. Adapun neuron multipolar memiliki banyak juluran dendrit dari badan selnya dan memiliki satu juluran akson.

Sistem saraf dibangun oleh sel-sel saraf. Sel saraf (neuron) merupakan sebuah  sel  dengan  struktur  yang  khas. Berdasaran fungsinya sel saraf dapat dibedakan atas sel saraf sensorik (saraf  aferen),  sel  saraf  motorik  (saraf  eferen),  dan  sel  saraf  interneuron (saraf konektor, asosiasi, atau ajustor). Sel saraf sensorik merupakan sel saraf membawa informasi dari  reseptor  yang  berhubungan  langsung  dengan  lingkungan menuju ke saraf pusat. Sel  saraf motorik merupakan sel saraf yang membawa  informasi  ke  otot  atau  kelenjar  dan  membuat  mereka bergerak atau bereaksi. Adapun sel saraf interneuron merupakan penghubung informasi  antara  sel  saraf  sensorik  dan  sel  saraf  motorik. Berdasarkan strukturnya, sel saraf dibedakan atas neuron bipolar, neuronunipolar,  dan  neuron  multipolar. Neuron  bipolar memiliki dua juluran dari badan selnya, menjadi dendrit dan akson. Neuron unipolar memiliki satu juluran dari badan sel yang bercabang menjadi dendrit dan akson. Adapun neuron multipolar memiliki banyak juluran dendrit dari badan selnya dan memiliki satu juluran akson.space 

494

5.0 (2 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan struktur dan fungsinya, neuron dapat dibagi menjadi beberapa kelompok. Sebutkan dan jelaskan masing- masing!

2rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia