Pertanyaan

Sebutkan jenis kapasitas paru-paru manusia !

Sebutkan jenis kapasitas paru-paru manusia ! 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kapasitas vital paru-paru terdiri atas volume tidal, volume cadangan inspirasi, volume cadangan ekspirasi.

kapasitas vital paru-paru terdiri atas volume tidal, volume cadangan inspirasi, volume cadangan ekspirasi.undefined 

Pembahasan

Kapasitas vital paru adalah volume paru udara maksimal yang dapat masuk dan keluar paru-paru selama satu siklus pernapasan yaitu setelah inspirasi maksimal dan ekspirasi maksimal. Macam–macam volume paru dan kapasitas paru antara lain: Volume tidal adalah volume udara yang diinspirasi atau diekspirasi setiap kali melakukan pernapasan normal, besarnya kira–kira 500 mL. Volume cadangan inspirasi adalah volume udara ekstra yang dapat diinspirasi setelah melakukan inspirasi secara maksimal. Volume ini sebesar 1.500 mL. Volume cadangan ekspirasi adalah jumlah volume udara ekstra yang dapat diekspirasi dengan cara melakukan ekspirasi sekuat-kuatnya. Volume ini sebesar 1.500 mL. Volume residu adalah volume udara yang masih tetap berada dalam paru –paru setelah ekspirasi paling kuat, volume ini besarnya 1000 mL kapasitas vital paru-paru = Volume tidal + volume cadangan inspirasi + volume cadanan ekspirasi = 500 mL + 1.500 mL + 1.500 mL = 3.500 mL. Jadi, kapasitas vital paru-paru terdiri atas volume tidal, volume cadangan inspirasi, volume cadangan ekspirasi.

Kapasitas vital paru adalah volume paru udara maksimal yang dapat masuk dan keluar paru-paru selama satu siklus pernapasan yaitu setelah inspirasi maksimal dan ekspirasi maksimal. Macam–macam volume paru dan kapasitas paru antara lain:

  1. Volume tidal adalah volume udara yang diinspirasi atau diekspirasi setiap kali   melakukan pernapasan normal, besarnya kira–kira 500 mL.
  2. Volume cadangan inspirasi adalah volume udara ekstra yang dapat diinspirasi  setelah melakukan inspirasi secara maksimal. Volume ini sebesar 1.500 mL.
  3. Volume  cadangan  ekspirasi  adalah  jumlah  volume  udara  ekstra yang  dapat  diekspirasi  dengan  cara  melakukan  ekspirasi  sekuat-kuatnya. Volume ini sebesar 1.500 mL.
  4. Volume residu adalah volume udara yang masih tetap berada dalam paru –paru setelah ekspirasi paling kuat, volume ini besarnya 1000 mL
  5. kapasitas vital paru-paru = Volume tidal + volume cadangan inspirasi + volume cadanan ekspirasi = 500 mL + 1.500 mL + 1.500 mL = 3.500 mL.

Jadi, kapasitas vital paru-paru terdiri atas volume tidal, volume cadangan inspirasi, volume cadangan ekspirasi.undefined 

2rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika kita menghirup napas sedalam-dalamnya kemudian menghembuskannya sekuat-kuatnya, maka volume udara yang masuk keluar sebesar 3.500 cc dan disebut . . . .

4rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia