Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan fungsi komponen-komponen sel elektrokimia.

Sebutkan fungsi komponen-komponen sel elektrokimia.

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

komponen-komponen sel elektrokimia memiliki fungsi masing-masing seperti di atas.

komponen-komponen sel elektrokimia memiliki fungsi masing-masing seperti di atas.

Iklan

Pembahasan

Elektrokimia mempelajari kaitan antara respons listrik dengan reaksi redoks. Reaksi redoks terjadi dalam dua jenis sel yang berbeda, yaitu sel volta atau sel galvani dan sel elektrolisis. Berikut beberapa komponen kedua sel tersebut beserta fungsinya. 1. Jembatan garam Jembatan garam dipasang sebagai penghubung antara 2 tabung yang berisi larutan pada sel volta . Fungsi jembatan garam adalah untuk menetralkan muatan pada larutan. Pada Anode akan terbentuk banyak elektron sehingga akan bermuatan negatif, dan di katode akan bermuatan positif, sehingga untuk menetralkan muatan keduanya dipasang jembatan garam. 2. Sumber listrik luar Sumber listrik berfungsi sebagai penghasil arus listrik dalam sel elektrolisis contohnya baterai. Sumber listrik diperlukan karena pada sel elektrolisis reaksi yang terjadi tidak spontan. 3. Elektrode Dua buah elektrode dicelupkan ke dalam elektrolit yang terlibat dalam reaksi atau yang mengemban muatan listrik. Anode adalah elektrode tempat terjadinya reaksi oksidasi , sedangkan katode adalah elektrode tempat terjadinya reaksi reduksi. 4. Voltmeter Komponen ini yang berfungsi menentukan besarnya potensial listrik atau tegangan listrik yang dihasilkan. 5. Elektrolit Fungsi elektrolit sebagai zat yang dapat menghantarkan listrik. Jadi, komponen-komponen sel elektrokimia memiliki fungsi masing-masing seperti di atas.

Elektrokimia mempelajari kaitan antara respons listrik dengan reaksi redoks. Reaksi redoks terjadi dalam dua jenis sel yang berbeda, yaitu sel volta atau sel galvani dan sel elektrolisis. Berikut beberapa komponen kedua sel tersebut beserta fungsinya.

1. Jembatan garam

Jembatan garam dipasang sebagai penghubung antara 2 tabung yang berisi larutan pada sel voltaFungsi jembatan garam adalah untuk menetralkan muatan pada larutan. Pada Anode akan terbentuk banyak elektron sehingga akan bermuatan negatif, dan di katode akan bermuatan positif, sehingga untuk menetralkan muatan keduanya dipasang jembatan garam.  

2. Sumber listrik luar  

Sumber listrik berfungsi sebagai penghasil arus listrik dalam sel elektrolisis contohnya baterai. Sumber listrik diperlukan karena pada sel elektrolisis reaksi yang terjadi tidak spontan.

3. Elektrode

Dua buah elektrode dicelupkan ke dalam elektrolit yang terlibat dalam reaksi atau yang mengemban muatan listrik. Anode adalah elektrode tempat terjadinya reaksi oksidasi, sedangkan katode adalah elektrode tempat terjadinya reaksi reduksi.

4. Voltmeter

Komponen ini yang berfungsi menentukan besarnya potensial listrik atau tegangan listrik yang dihasilkan.

5. Elektrolit

Fungsi elektrolit sebagai zat yang dapat menghantarkan listrik.


Jadi, komponen-komponen sel elektrokimia memiliki fungsi masing-masing seperti di atas.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Delina hrvy

Pembahasan tidak menjawab soal Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pada setiap selelektrokimia terjadi oksidasi pada anode dan reduksi pada katode. SEBAB Reaksi pad...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia