Pertanyaan

Sebutkan faktor penentu cepat atau lambatnya proses integrasi....

Sebutkan faktor penentu cepat atau lambatnya proses integrasi....space space space 

  1. ....space space 

  2. ....space space 

A. Mutiara

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Integrasi sosial merupakan suatu proses untuk menuju kesatuan hidup.Karena merupakan suatu proses, maka integrasi sosial dapat tercipta secara cepat maupun lambat. Cepat-lambatnya proses integrasi sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang memengaruhi cepat-lambatnya proses integrasi sosial, yaitu: Faktor pendorong integrasi sosial : Homogenitas kelompok, kelompok sosial atau masyarakat yang memiliki tingkat kemajemukan rendah, integrasi sosial cenderung cepat dicapai. Besar kecilnya kelompok Kelompok sosial yang memiliki kehidupan sosial relatif kecil cenderung mudah untuk mencapai integrasi sosial. Efektivitas dan efisiensi komunikasi yang berlangsung di dalam masyarakat akan mempercepat proses integrasi sosial. Faktor penghambat integrasi sosial : Masyarakat yang heterogen Wilayah yang cukup luas Kuatnya paham etnosentrisme.Etnosentrisme adalah fanatisme suku bangsa yang mempersepsikan kebudayaan yang dimiliki lebih baik dari kebudayaan lainnya. Hal ini membuat tiap suku di Indonesia menganggap bahwa budayanya lebih baik dari suku lain.

Integrasi sosial merupakan suatu proses untuk menuju kesatuan hidup. Karena merupakan suatu proses, maka integrasi sosial dapat tercipta secara cepat maupun lambat. Cepat-lambatnya proses integrasi sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang memengaruhi cepat-lambatnya proses integrasi sosial, yaitu:

Faktor pendorong integrasi sosial :

  1. Homogenitas kelompok, kelompok sosial atau masyarakat yang memiliki tingkat kemajemukan rendah, integrasi sosial cenderung cepat dicapai.
  2. Besar kecilnya kelompok Kelompok sosial yang memiliki kehidupan sosial relatif kecil cenderung mudah untuk mencapai integrasi sosial.
  3. Efektivitas dan efisiensi komunikasi yang berlangsung di dalam masyarakat akan mempercepat proses integrasi sosial.

Faktor penghambat integrasi sosial :

  1. Masyarakat yang heterogen
  2. Wilayah yang cukup luas
  3. Kuatnya paham etnosentrisme. Etnosentrisme adalah fanatisme suku bangsa yang mempersepsikan kebudayaan yang dimiliki lebih baik dari kebudayaan lainnya. Hal ini membuat tiap suku di Indonesia menganggap bahwa budayanya lebih baik dari suku lain.space space 

174

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika unsur-unsur yang ada dalam lingkungan masyarakat bisa saling menyesuaikan maka akan terwujud ….

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia