Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan faktor intern dan ekstern yang menyebabkan perbedaan budaya di Indonesia! Masing-masing berilah penjelasan!

Sebutkan faktor intern dan ekstern yang menyebabkan perbedaan budaya di Indonesia! Masing-masing berilah penjelasan!

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri . antara lain yaitu : Pertambahan jumlah penduduk , jumlah penduduk suatu wilayah akan selalu dinamis, semakin banyak jumlah penduduk akan mempengaruhi kebudayaan,lahan dan kondisi sosial. Penemuan hal baru, ditemukan penemuan baru baik itu teknologi maupun sistem akan memperngaruhi kebudayaan suatu masyarakat, adanya penemuan ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam konteks komunikasi, pola pikir, interaksi, dan perilaku manusia. Konflik yang terjadi dimasyarakat misalnya , antar individu, antar kelompok, dan lainnya akan menyebabkan perubahan sosial budaya. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar masyarakat . antara lain yaitu : Perubahan keadaan alam sekitar, perubahan kondisi wilayah akan mempengaruhi kebudayaan, contohnya lokasi yang terdampak banjir atau longsor maka kebiasaan masyarakat di tempat tersebut akan mempengaruhi kebiasaan masyakarat Terjadinya peperangan , pemberontakan/revolusi dan perang dapat menyebabkan perubahan sosial budaya, poilitik,dan sistem ekonomi Kebudayaan baru yang datang , kebudayaan baru yang datang akan bercampur dengan kebudayaan masyrakat setempat sehingga menghasilkan kebudayaan baru.

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. antara lain yaitu :

  1. Pertambahan jumlah penduduk, jumlah penduduk suatu wilayah akan selalu dinamis, semakin banyak jumlah penduduk akan mempengaruhi kebudayaan,lahan dan kondisi sosial.
  2. Penemuan hal baru, ditemukan penemuan baru baik itu teknologi maupun sistem akan memperngaruhi kebudayaan suatu masyarakat, adanya penemuan ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam konteks komunikasi, pola pikir, interaksi, dan perilaku manusia.
  3. Konflik yang terjadi dimasyarakat misalnya, antar individu, antar kelompok, dan lainnya akan menyebabkan perubahan sosial budaya.

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar masyarakat. antara lain yaitu :

  1. Perubahan keadaan alam sekitar, perubahan kondisi wilayah akan mempengaruhi kebudayaan, contohnya lokasi yang terdampak banjir atau longsor maka kebiasaan masyarakat di tempat tersebut akan  mempengaruhi kebiasaan masyakarat
  2. Terjadinya peperangan, pemberontakan/revolusi dan perang dapat menyebabkan perubahan sosial budaya, poilitik,dan sistem ekonomi
  3. Kebudayaan baru yang datang, kebudayaan baru yang datang akan bercampur dengan kebudayaan masyrakat setempat sehingga menghasilkan kebudayaan baru.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

50

Alkhadiah Permata Ningsih

Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengaruh kondisi geografis terhadap perkembangan budaya di suatu wilayah!

37

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia