Roboguru

Sebutkan faktor-faktor yang mengakibatkan perubahan lingkungan pada bencana tanah longsor!

Pertanyaan

Sebutkan faktor-faktor yang mengakibatkan perubahan lingkungan pada bencana tanah longsor!

Pembahasan Soal:

Tanah longsor adalah bencana alam yang ditandai dengan terjadinya pergeseran/pergerakan tanah dari tempat semula. Tanah longsor dapat terjadi karena gempa, banjir, dan berbagai faktor lainnya. Dampak dari tanah longsor selain menimbulkan kerusakan dan kerugian bagi manusia, adalah mengakibatkan perubahan lingkungan, antara lain:

  1. Menimbulkan mengurangi anggota populasi makhluk hidup, sebab beberapa makhluk tidak dapat menghadapi perubahan yang diakibatkan tanah longsor, sehingga menimbulkan ketidak seimbangan ekosistem.
  2. Merusak kesuburan tanah.
  3. Merusak habitat beberapa makhluk hidup.
  4. Beberapa kasus dapat menyebabkan rusaknya kualitas dan mengurangi ketersediaan air yang merupakan komponen penting lingkungan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Hernandez

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 19 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gambar tentang kerusakan lingkungan:   Perhatikan semua gambar di atas . . . . d. Carilah penyebab terjadinya pencemaran tersebut!

Pembahasan Soal:

Pada gambar di atas penyebab terjadinya pencemaran udara adalah asap pabrik, pencemaran air bisa terjadi karena pabrik industri, pertanian, rumah tangga, yang membuang limbahnya ke sungai. Pencemaran tanah berupa menumpuknya limbah nonbiodegradable disebabkan oleh masyarakat yang tidak peduli membuang sampah secara benar dan sampah tersebut tidak diolah oleh pihak yang berwajib.space 

0

Roboguru

Berikut ini merupakan beberapa perubahan lingkungan akibat perbuatan manusia ....

Pembahasan Soal:

Keseimbangan ekosistem bisa rusak akibat ulah manusia dalam memanfaatkan alam. Salah satu dampak yang diakibatkan oleh manusia yaitu mengubah rantai makanan dalam ekosistem. Salah satu contohnya menurunnya hasil pertanian karena serbuan burung-burung. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Perhatikan beberapa polutan berikut! Detergen Kaleng bekas Karet Cacing parasit Kadmium Bakteri Secara berurutan polutan pencemaran biologis, fisik, dan kimia dalam tabel berikut yang benar ...

Pembahasan Soal:

Pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Bahan penyebab pencemaran disebut polutan. Terdapat 3 jenis polutan berdasarkan sifatnya, yaitu:

  1. Polutan fisik, yaitu polutan yang memiliki bentuk fisik (padat, air, dan gas) dan dapat mencemarkan lingkungan.
  2. Polutan kimiawi, yaitu polutan yang berbentuk dari senyawa kimia baik senyawa sintetis maupun alami. 
  3. Polutan biologis, yaitu polutan yang disebabkan oleh makhluk hidup yang dapat menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan.

Berdasarkan soal, maka yang termasuk polutan biologis yaitu cacing parasit dan bakteri, polutan fisik yaitu kaleng bekas dan karet, sedangkan polutan kimia aitu detergen dan kadmium.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space 

1

Roboguru

Tingkat pencemaran pada masa sekarang relatif tinggi air sungai berwarna hitam dan berbau busuk udara menjadi tidak segar serta kesuburan tanah semakin menurun perubahan lingkungan ini dapat menyebabk...

Pembahasan Soal:

Tingkat pencemaran pada masa sekarang relatif tinggi. Air sungai berwarna hitam dan berbau busuk, udara menjadi tidak segar, dan kesuburan tanah menurun. Perubahan lingkungan ini dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Akibat dari perubahan lingkungan tersebut adalah keseimbangan lingkungan terganggu. Keseimbangan lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun aktivitas manusia dalam menjaga kestabilan kehidupannya. Keseimbangan lingkungan dapat terganggu jika terjadi perubahan lingkungan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. Faktor penyebab perubahan lingkungan (ancaman terhadap lingkungan) dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  1. Faktor alam, antara lain gempa bumi, gunung meletus, gelombang tsunami, tanah longsor, banjir, angin topan, dan kemarau panjang.
  2. Faktor manusia, antara lain pembakaran dan penebangan hutan, pembangunan industri dan pemukiman, penambangan secara liar, sistem pertanian monokultur, dan pencemaran lingkungan (misalnya, akibat penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang berlebihan, pembuangan limbah rumah tangga ke sungai). 

0

Roboguru

Suatu lingkungan dikatakan sudah tercemar bila . . . .

Pembahasan Soal:

Pencemaran lingkungan adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi ataupun komponen yang lain ke dalam lingkungan dan bisa menyebabkan berubahnya tatanan yang sudah ada sebelumnya. Pencemaran lingkungan akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas lingkungan sampai satu batas tingkatan tertentu yang mengakibatkan lingkungan tersebut menjadi kurang dan tidak dapat berfungsi kembali sesuai dengan tatanannya. Bahan atau zat berbahaya yang masuk ke dalam lingkungan disebut juga sebagai polutan. Polutan tersebut bisa merusak kualitas lingkungan di sekitarnya mencakup dari air, udara hingga tanah. Suatu lingkungan dikatakan tercemar bila jumlah atau kadar polutan melebihi ambang batas, sehingga menyebabkan menurunnya kualitas atau daya dukung lingkungan dan terganggungnya kehidupan makhluk hidup.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved