Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan faktor-faktorpenyebab terjadinya curah hujan yang tinggi!

Sebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya curah hujan yang tinggi! 

Iklan

N. Ahmad

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Curah hujan adalah jumlah air hujan yang jatuh ke permukaan bumi dalam pada wilayah tertentu dalam kurun waktu tertentu. Curah hujan dapat diukur dalam kurun waktu harian, bulanan, atau tahunan. Faktor-faktor yang mempengaruhi curah hujan; Jarak dari sumber air, semakin dekat suatu tempat dengan laut maka curah hujan yang dimilikinya akan semakin tinggi. Hal demikian karena kondensasi awan akan mencair sebelum mencapai tempat yang jauh dari laut Perbedaan suhu daratan dan perairan, apabila suhu tanah atau daratan lebih tinggi daripada perairan maka hujan akan sering terjadi di perairan dan sebaliknya. Arah angin, angin berperan dalam memindahkan awan dari satu tempat ke tempat lain. Wilayah yang memiliki angin yang lemah memiliki kemungkinan jarang terjadi hujan Topografi, apabila semakin tinggi suatu tempat, maka tempat tersebut memiliki curah hujan yang rendah. hal tersebut karena ketinggian mempengaruhi suhu udara. Garis lintang, wilayah yang memiliki curah hujan terbanyak adalah yang berada di lintang rendah atau mendekati garis khatulistiwa. Semakin jauh suatu tempat dengan khatulistiwa maka curah hujannya semakin sedikit. Luas daratan, semakin luas suatu daratan, maka curah hujan di wilayah tersebut semakin sedikit atau rendah Deretan pegunungan, pegunungan adalah sebuah penghalang bagi awan untuk menuju wilayah dibalik pegunungan. Apabila awan sampai menjumpai deratan gunung maka awan akan terus naik dan belum berhenti sebelum mampu melewati gunung. Dengan demikian daerah yang berada di sekitar pegunungan akan meiliki curah hujan rendah.

Curah hujan adalah jumlah air hujan yang jatuh ke permukaan bumi dalam pada wilayah tertentu dalam kurun waktu tertentu. Curah hujan dapat diukur dalam kurun waktu harian, bulanan, atau tahunan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi curah hujan;

  1. Jarak dari sumber air, semakin dekat suatu tempat dengan laut maka curah hujan yang dimilikinya akan semakin tinggi. Hal demikian karena kondensasi awan akan mencair sebelum mencapai tempat yang jauh dari laut
  2. Perbedaan suhu daratan dan perairan, apabila suhu tanah atau daratan lebih tinggi daripada perairan maka hujan akan sering terjadi di perairan dan sebaliknya.
  3. Arah angin, angin berperan dalam memindahkan awan dari satu tempat ke tempat lain. Wilayah yang memiliki angin yang lemah memiliki kemungkinan jarang terjadi hujan
  4. Topografi, apabila semakin tinggi suatu tempat, maka tempat tersebut memiliki curah hujan yang rendah. hal tersebut karena ketinggian mempengaruhi suhu udara.
  5. Garis lintang, wilayah yang memiliki curah hujan terbanyak adalah yang berada di lintang rendah atau mendekati garis khatulistiwa. Semakin jauh suatu tempat dengan khatulistiwa maka curah hujannya semakin sedikit.
  6. Luas daratan, semakin luas suatu daratan, maka curah hujan di wilayah tersebut semakin sedikit atau rendah
  7. Deretan pegunungan, pegunungan adalah sebuah penghalang bagi awan untuk menuju wilayah dibalik pegunungan. Apabila awan sampai menjumpai deratan gunung maka awan akan terus naik dan belum berhenti sebelum mampu melewati gunung. Dengan demikian daerah yang berada di sekitar pegunungan akan meiliki curah hujan rendah.

Latihan Bab

Ekosistem

Interaksi antar Organisme

Piramida Ekologi dan Perubahan Komunitas

Siklus Biogeokimia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mencairnya glasier bisa mengakibatkan ....

704

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia