Roboguru

Sebutkan Faktor-Faktor integrasI sosial?

Pertanyaan

Sebutkan Faktor-Faktor integrasI sosial?space 

  1. ...space 

  2. ...space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Integrasi sosial adalah proses penyatuan atau kesatuan yang ada dalam masyarakat yang pada akhirnya menciptakan tercapainya tujuan bersama di dalam masyarakat itu sendiri. faktor pendorong integrasi sosial di antaranya;

1. Perasaan senasib dan seperjuangan

2. Rasa nasionalisme yang tinggi

3. Adanya hasrat dan keinginan untuk bersatu dalam sebuah kesatuanspace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor penyebab munculnya integrasi sosial adalah...

Pembahasan Soal:

Integrasi sosial merupakan proses pembauran unsur-unsur yang berbeda meliputi ras, suku, agama, bahasa, adat isiadat, dan sistem nilai norma di masyarakat. Terjadinya integrasi di masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut.

  1. Homogenitas kelompok. Semakin homogen suatu kelompok dalam masyarakat, maka semakin mudah pula proses integrasi di antara anggota kelompok masyarakat yang bersangkutan.
  2. Besar kecilnya kelompok. Kelompok yang kecil akan lebih mudah mencapai integrasi karena hubungan sosial antar anggotanya berlangsung secara intensif dan proses komunikasimaupun bertukar unsur budaya akan semakin mudah dan cepat.
  3. Mobilitas geografis. Anggota kelompok yang baru haruslah menyesuaikan diri dengan kebiasaan masyarakat setempat, sehingga semakin sering terjadi mobilitas sosial yang dilakukan anggota masyarakat maka akan semakin sulit tercapainya integrasi.
  4. Efektivitas komunikasi. Semakin efektf tingkat komunikasi antar anggota kelompok maka semakin cepat integrasi sosial di masyarakat dapat tercapai. space

0

Roboguru

Perhatikan penyataan berikut! Homogenitas kelompok Besar kecilnya kelompok Mobilitas sosial Efektivitas komunikasi Luasnya wilayah imbas Dari pernyataan di atas yang termasuk faktor-faktor...

Pembahasan Soal:

Beberapa faktor yang memengaruhi cepat-lambatnya proses integrasi sosial, yaitu:

  1. Homogenitas kelompok. Kelompok sosial yang memiliki tingkat kemajemukan rendah, integrasi sosialnya cenderung cepat dicapai. Sementara dalam kelompok sosial atau masyarakat yang tingkat kemajemukannya tinggi, integrasi sosial cenderung sulit dicapai atau membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan semakin banyak perbedaan yang ada di masyarakat, maka akan sulit juga untuk menyatukannya, baik dari segi pemikiran, tujuan, dan sebagainya.

  2. Besar kecilnya kelompok. Kelompok sosial yang memiliki kehidupan sosial relatif kecil cenderung mudah untuk mencapai integrasi sosial. Hal tersebut terjadi karena dalam kelompok kecil hubungan sosial antar anggotanya terjadi secara intensif sehingga proses komunikasi dan proses pertukaran budaya akan semakin cepat. Sedangkan dalam kelompok besar, proses komunikasi dan proses pertukaran budaya berlangsung secara lambat sehingga proses integrasi sosialnya pun berlangsung lambat.

  3. Mobilitas sosiogeografis. Semakin banyak anggota yang pergi maupun datang, maka proses integrasi sosial akan sulit tercapai. Proses integrasi sosial yang cepat justru terjadi pada kelompok sosial atau masyarakat yang memiliki mobilitas rendah, contohnya suku pedalaman.

  4. Efektivitas dan efisiensi komunikasi. Semakin efektif dan efisien komunikasi yang dilakukan, maka proses integrasi sosial akan cepat dicapai. Selain itu, komunikasi dan interaksi yang intens antar anggota masyarakat atau kelompok sosial juga akan mempercepat proses integrasi sosial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A dan B.space spacespace space

0

Roboguru

Tuliskan faktor pendorong integrasi secara internal dalam masyarakat!

Pembahasan Soal:

Integrasi sosial merupakan pembauran unsur budaya yang berbeda meliputi ras, etnis, agama, kebiasaan, sistem nilai dan norma di masyarakat menjadi satu kesatuan. Terjadinya integrasi sosial di masyarakat bergantung pada faktor-faktor sebagai berikut.

  1. Homogenitas kelompok. Semakin homogen suatu kelompok atau masyarakat, maka semakin mudah proses integrasi antar anggota di dalam suatu kelompok atau masyarakat.
  2. Besar kecilnya suatu kelompok. Dalam kelompok kecil tingkat kemajemukan anggota masyarakat biasanya relatif rendah sehingga integrasi sosial lebih mudah dicapai. Hal tersebut disebabkan karena dalam kelompok kecil hubungan sosial anatr anggota terjadi secara intensif dan komunikasi serta proses bertukrar budaya semakin cepat,  dan begitu pula sebaliknya.
  3. Mobilitas geografis. Anggota masyarakat yang baru tentu harus menyesuaikan dirinya dengan nilai norma dari masyarakat yang dituju. Semakin sering anggota masyarakat yang datang dan pergi maka semakin sulit pula terjadi proses integrasi.
  4. Efektivitas komunikasi. Semakin efektif komunikasi di masyarakat, semakin cepat pula integrasi di antara anggota masyarakat dan begitu pula sebaliknya. space

0

Roboguru

Faktor-faktor apakah yang memengaruhi kuat dan lemahnya integrasi sosial?

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan tentang faktor pendorong dan penghambat integrasi sosial.

Soal ini berkaitan dengan faktor yang memengaruhi terjadinya intergrasi, diantaranya faktor pendorong seperti : homogenitas kelompok, besar kecilnya kelompok, mobilitas geografis dan efektivitas komunikasi. Sedangkan faktor penghambat seperti : heterogenitas kelompok, besarnya kelompok, tidak adanya mobilitas geografis dan kurang efektifnya proses komunikasi.

Sehingga, yang dapat memperkuat integrasi adalah faktor-faktor yang mendorong dan yang dapat memperlemah adalah faktor yang menghambat seperti yang sudah dijelaskan diatas. 

0

Roboguru

Besar kecil nya sebuah kelompok tentunya akan memengaruhi sebuah integrasi. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat dijelaskan bahwa integrasi dapat ditentukan dengan ….

Pembahasan Soal:

Faktor yang memengaruhi integrasi sosial salah satunya adalah  besar-kecilnya kelompok. Besar kecilnya kelompok dapat diartikan juga dengan banyak dan sedikitnya jumlah penduduk pada suatu wilayah. Semakin besar suatu kelompok maka perbedaan yang muncul akan semakin banyak dan integrasi sosial pun akan lebih sulit terjadi. Sedangkan dalam kelompok yang relatif kecil atau berjumlah sedikit, hubungan pribadi cenderung lebih akrab karena perbedaan diantara mereka yang semakin sedikit. Sehingga, kesepakatan dan integrasi sosial lebih mudah terjadi.

Maka jawaban yang benar adalah D. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved