Roboguru

Sebutkan dua kriteria yang dikemukakan Kerlinger tentang hipotesis!

Pertanyaan

Sebutkan dua kriteria yang dikemukakan Kerlinger tentang hipotesis!space space 

Pembahasan Soal:

Materi yang dibahas pada soal ini mengenai penelitian sosial. Penelitian merupakan suatu kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilaksanakan dengan menggunakan prosedur atau metode tertentu secara sistematis dengan menggunakan fakta yang diperoleh secara obyektif dalam rangka memecahkan masalah atau mendapatkan penemuan-penemuan.

Dalam penelitian seorang peneliti perlu menentukan tema/topik yang akan dipelajari dan dibahas dalam peneltiannya. Dalam rancangan penelitian, peneliti akan membuat hipotesis sebagai suatu pandangan peneliti mengenai fenomena yang akan diteliti.

Hipotesis merupakan kesimpulan sementara dari beberapa masalah yang ada, hal mana masih harus dibuktikan kebenarannya. Dalam hal ini Kerlinger mengajukan dua kriteria tentang hipotesis yang baik, yakni:

  1. Hipotesis merupakan pernyataan tentang hubungan antara dua variabel atau lebih dalam penelitian
  2. Hipotesis dapat diuji secara empirikspace space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Hadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan data berikut! Mengadakan generalisasi terhadap hasil penelitian Mengadakan reduksi kuantitas objek penelitian Menonjolkan sifat umum dari populasi Hal-hal di atas merupakan tujuan da...

Pembahasan Soal:

Tujuan pengambilan sampel adalah:

  1. Mengadakan reduksi (pengurangan) terhadap kuantitas objek yang diteliti. Tidak semua populasi atau peristiwa akan diteliti, tetapi hanya sebagian saja.
  2. Mengadakan generalisasi terhadap hasil penelitian. Generalisasi di sini berarti membuat kesimpulan ringkas terhadap fenomena yang sangat banyak jumlahnya.
  3. Menonjolkan sifat-sifat umum dari populasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space 

Roboguru

Sesuai dengan prinsip ingin tahu, topik yang dipilih oleh peneliti harus …

Pembahasan Soal:

Modal dasar untuk individu atau kelompok individu menjadi peneliti, antara lain:

  1. Objektif, yaitu bebas dari sentimen pribadi atau tidak mudah berprasangka sebelum menemukan fakta atau kebenarannya.
  2. Terbuka, dapat diulang oleh ilmuan lain dengan metode yang sama dan siap menerima pendapat atau kritik dari orang lain.
  3. Rasa ingin tahu, yaitu keingintahuan terhadap suatu hal.
  4. Faktual, yaitu setiap tindakan dan ucapan didasarkan pada fakta.
  5. Analitis, yaitu berpikis secara sistematis dengan didasarkan pada fakta dan teori yang relevan.
  6. Kritis, yaitu berpikir secara mendalam terhadap suatu hal.
  7. Solutif, yaitu bersifat mencari penyelesaian masalah

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan iktisar!

Pembahasan Soal:

Topik yang dibahas pada soal ini adalah penelitian sosial. Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan atau masalah guna mencari pemecahan terhadap masalah tersebut.

Laporan penelitian merupakan hasil akhir dari proses penelitian yang diwujudkan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Pembuatan laporan penelitian terdiri atas beberapa bab yang terbagi menurut kerangka laporan. Hal ini menolong penulisan karya ilmiah dan pembaca untuk mengkaji isi dari setiap laporan.

Salah satu bagian dari isi laporan adalah iktisar. Ikhtisiar yaitu penyajian singkat dari suatu karangan asli yang tidak perlu memberikan isi dari seluruh karangan itu secara proporsional. Pada dasarnya Penulis ikhtisar dapat langsung mengemukakan inti atau pokok masalah dan problematik pemecahannya.space space 

Roboguru

Seorang peneliti tertarik dengan fenomena lingkungan pertemanan siswa yang membentuk sebuah kelompok kecil (klik). Judul penelitian yang dibuat peneliti adalah “Pengaruh Hubungan Pertemanan terhadap H...

Pembahasan Soal:

Hipotesis merupakan kemungkinan jawaban atas permasalahan penelitian. Disebut kemungkinan karena belum dibuktikan lewat penelitian di lapangan. Secara definisi hipotesis memiliki arti sebagai dugaan sementara atau jawaban sementara dari sebuah penelitian. Hipotesis dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Hipotesis Nol (Ho). Hipotesis nol adalah dugaan awal sebelum dilakukan penelitian. Dugaan ini biasanya berisi apa yang ingin dipatahkan atau ditolak dengan melakukan penelitian. Berdasarkan judul penelitian “Pengaruh Hubungan Pertemanan terhadap Hasil Belajar Siswa”, maka hipotesis nol (Ho) yang dapat dibuat adalah ‘hubungan pertemanan siswa tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa’.
  2. Hipotesis kerja atau alternatif (Ha). Hipotesis kerja adalah dugaan yang ingin dibuktikan oleh peneliti. Hipotesis kerja menyatakan adanya hubungan antara variabel X dan Y. Berdasarkan judul penelitian “Pengaruh Hubungan Pertemanan terhadap Hasil Belajar Siswa”, maka hipotesis kerja (Ha) yang dapat dibuat adalah ‘terdapat pengaruh yang signifikan dari hubungan pertemanan siswa terhadap hasil belajar siswa’.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Judul penelitian “Pendapat Remaja tentang Perilaku Seksual di Luar Nikah dalam Kehidupan Masyarakat Kota”. Variabel yang menjadi subjek penelitian judul tersebut adalah …

Pembahasan Soal:

Sugiyono mengemukakan menjelaskan bahwa variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Variabel penelitian dapat didefinisikan segala sesuatu yang dapat mengelompokkan objek pengamatan/penelitian ke dalam dua atau lebih kelompok.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved