Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan dua contoh gas di laboratorium yang bersifat racun!

Sebutkan dua contoh gas di laboratorium yang bersifat racun!

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kita perlu mengetahui sifat bahan-bahan kimia serta selalu menggunakan peralatan keselamatan bekerja seperti menggunakan masker dan sarung tangan. Bahaya gas di laboratorium yang bersifat racun dapat membahayakankesehatan manusia atau makhluk hidup lainnya, bahkan dapat menyebabkan kematian apabila terserap ke dalam tubuh lewat pernapasan atau kulit. Contoh gas di laboratorium yang bersifat racun yaitu :

kita perlu mengetahui sifat bahan-bahan kimia serta selalu menggunakan peralatan keselamatan bekerja seperti menggunakan masker dan sarung tangan. Bahaya gas di laboratorium yang bersifat racun dapat membahayakan kesehatan manusia atau makhluk hidup lainnya, bahkan dapat menyebabkan kematian apabila terserap ke dalam tubuh lewat pernapasan atau kulit. Contoh gas di laboratorium yang bersifat racun yaitu :

Iklan

Pembahasan

Dua contoh gas di laboratorium yang bersifat racun diantaranyanitrogen dioksidadan hidrogensianida. Laboratorium kimia terdiri dari berbagai bahan yang memiliki karakteristik dan sifat beragam. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui sifat bahan-bahan kimia serta selalu menggunakan peralatan keselamatan bekerja seperti menggunakan masker dan sarung tangan. Bahaya gas di laboratorium yang bersifat racun dapat membahayakankesehatan manusia atau makhluk hidup lainnya, bahkan dapat menyebabkan kematian apabila terserap ke dalam tubuh lewat pernapasan atau kulit. Contoh gas di laboratorium yang bersifat racun yaitu : Nitrogen dioksida ( NO 2 ​ ) adalahgas beracunyang berwarna cokelat kemerahan atau cokelat kekuningan. Baunya juga sangat menyengat. Sifat racun padanitrogen dioksidaempat kali lebih kuat, daripada sifat racun padanitrogen monoksida. Hidrogensianida ( HCN ) juga dikenal sebagaiasam sianida) adalah senyawa anorganik dengan rumus molekul HCN. Senyawa ini berbentuk cairan tak berwarna atau gas, dan sangat beracun, dengan titik didih sedikit di atas suhu ruangan.

Dua contoh gas di laboratorium yang bersifat racun diantaranya nitrogen dioksida dan hidrogen sianida.

Laboratorium kimia terdiri dari berbagai bahan yang memiliki karakteristik dan sifat beragam. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui sifat bahan-bahan kimia serta selalu menggunakan peralatan keselamatan bekerja seperti menggunakan masker dan sarung tangan. Bahaya gas di laboratorium yang bersifat racun dapat membahayakan kesehatan manusia atau makhluk hidup lainnya, bahkan dapat menyebabkan kematian apabila terserap ke dalam tubuh lewat pernapasan atau kulit. Contoh gas di laboratorium yang bersifat racun yaitu :

  1. Nitrogen dioksida () adalah gas beracun yang berwarna cokelat kemerahan atau cokelat kekuningan. Baunya juga sangat menyengat. Sifat racun pada nitrogen dioksida empat kali lebih kuat, daripada sifat racun pada nitrogen monoksida.
  2. Hidrogen sianida () juga dikenal sebagai asam sianida) adalah senyawa anorganik dengan rumus molekul HCN. Senyawa ini berbentuk cairan tak berwarna atau gas, dan sangat beracun, dengan titik didih sedikit di atas suhu ruangan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan masing-masing 3 bahan kimia alami yang mudah terbakar dan bersifat racun!

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia