Roboguru

Sebutkan dan jelaskan tiga tipe iklim A (khatulistiwa) menurut Iklim Koppen!

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan tiga tipe iklim A (khatulistiwa) menurut Iklim Koppen!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Klasifikasi iklim menurut Koppen didasarkan pada rata-rata curah hujan dan suhu, baik bulanan maupun tahunan. Berdasarakan unsur-unsur cuaca dan iklim tersebut, Koppen membagi permukaan bumi ke dalam lima golongan iklim. Klasifikasi iklim Koppen menggunakan sistem huruf kapital yaitu A (iklim tropis), B (iklim arid atau kering), C (iklim sedang), D (iklim dingin), dan E (iklim kutub).

Iklim A (iklim tropis) dikenal juga dengan iklim khatulistiwa. Daerah yangtermasuk iklim A adalah daerah yang temperatur bulanan terdinginnya lebih dari 8degreeC atau 56undefinedF sehingga kelembapan udaranya tinggi.  Iklim A (tropis/khatulistiwa) dibagi menjadi beberapa tipe berikut ini.

  1. Hutan Hujan Tropis (Af) : terdapat banyak hutan yang lebat, tidak terdapat musim kering, dan curah hujan yang cukup tinggi setiap bulannya.
  2. Monsun Tropis (Am) : terdapat banyak hutan yang cukup lebat, musim kering yang jelas walaupun periodenya sebentar, dan jumlah hujan pada bulanbulan basah dapat mengimbangi kekurangan hujan pada bulan-bulan kering.
  3. Savana (Aw): terdapat padang rumput dan pohon-pohon yang jarang dan jumlah hujan pada bulan-bulan basah tidak dapat mengimbangi kekurangan hujan pada bulan-bulan kering.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan klasifikasi iklim menurut Koppen!

Pembahasan Soal:

Klasifikasi iklim Koppen menggunakan sistem huruf. Huruf pertama terdiri atas lima huruf kapital yang menunjukkan karakter suhu atau curah hujan. Huruf kedua menggunakan huruf kecil yang menunjukkan tingkat kelembapan atau kebekuan wilayah. Huruf-huruf kapital tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Iklim tropis (A), daerah yang termasuk dalam kelompok iklim tropis ini memiliki rata-rata suhu bulanan yang terdingin lebih dari 18oC sehingga kelembapan udaranya tinggi. Iklim tropis dibagi menjadi tiga tipe iklim yaitu, iklim hutan hujan tropis (Af) dengan curah hujan rata-rata pada bulan terkeringnya lebih dari 60 mm sehingga banyak terdapat hutan yang lebat, iklim monsun tropis (Am) dengan ciri jumlah hujan pada bulan-bulan basah dapat mengimbangi kekurangan hujan pada bulan-bulan kering sehingga di daerah ini masih terdapat hutan yang cukup lebat, dan iklim savana (Aw) dengan ciri terdapat padang rumput dan pohon-pohon yang jarang karena hujan pada bulan-bulan basah tidak dapat mengimbangi kekurangan hujan pada bulan-bulan kering.
  2. Iklim kering (B), yaitu daerah dengan cadangan air yang kurang karena tingkat penguapan lebih tinggi daripada curah hujannya. Iklim kering dibagi menjadi dua tipe, yaitu iklim stepa (Bs) yang merupakan daerah setengah kering (semi arid) dan iklim padang pasir (Bw) yang termasuk dalam iklim gurun atau kering (arid) yang curah hujannya kurang dari 250 mm/tahun.
  3. Iklim sedang (C), yaitu daerah yang suhu udara rata-rata bulan terdinginnya lebih dari -3C, tetapi kurang dari 18o C dan rata-rata suhu udara bulanan terpanasnya lebih dari 10o C. Iklim sedang dibagi menjadi tiga tipe iklim, yaitu iklim sedang dengan musim panas yang kering (Cs) dengan ciri adanya musim panas yang kering, iklim sedang dengan musim dingin yang kering (Cw) dengan ciri adanya musim panas yang lembap dan musim dingin yang kering, dan iklim sedang yang lembap (Cf) yaitu daerah yang lembap sepanjang tahun.
  4. Iklim dingin (D), yaitu daerah yang memiliki suhu rata-rata bulan terdinginnya kurang dari -3C dan rata-rata bulan terpanas lebih dari 10o C.
  5. Iklim kutub (E), yaitu daerah yang memiliki rata-rata suhu bulan terpanas kurang dari 10o C. Iklim kutub dibagi menjadi dua tipe yaitu, iklim tundra (Et) yang dapat ditumbuhi lumut saja dan iklim es - salju abadi (Ef).  

0

Roboguru

Simbol yang dipakai Af, Aw, Bs, Bw, Cw, Cs, Cf, dan D adalah simbol iklim ...

Pembahasan Soal:

Iklim Koppen merupakan pengelompokkan iklim berdasarkan pada rata-rata curah hujan dan temperatur. Klasifikasi iklim ini dibagi menjadi 5 tipe, yaitu:

  • A (iklim tropis), dibagi menjadi Af (hutan hujan tropis), Am (hutan musim, dan Aw (sabana tropis)
  • B (iklim arid atau kering), dibagi menjadi Bs (stepa) dan Bw (gurun)
  • C (iklim sedang), dibagi menjadi Cw (musim dingin kering), Cs (musim panas kering), dan Cf (tidak ada musim kering). 
  • D (iklim dingin), dibagi menjadi Df (hujan bersalju, basah sepanjang tahun) dan Dw (hujan bersalju, musim dingin kering)
  • E (iklim kutub), dibagi menjadi Et (tundra) dan Ef (salju abadi)

Jadi, simbol tersebut dipakai pada iklim Koppen.space 

0

Roboguru

Wladimir Koppen mengklasifikasikan iklim berdasarkan ....

Pembahasan Soal:

Klasifikasi iklim Koppen menggunakan sistem huruf. Huruf pertama ditulis secara kapital dan menunjukkan karakteristik suhu. Sementara itu, huruf kedua ditulis secara kecil dan menunjukkan tingkat curah hujan. Jadi, klasifikasi iklim menuru Wladimir Koppen adalah berdasarkan karakteristik suhu dan curah hujan.space 

0

Roboguru

Jelaskan pembagian iklim di Indonesia berdasarkan tipe iklim Koppen! Sebutkan juga daerah / wilayahnya.

Pembahasan Soal:

Pengklasifikasian iklim oleh Koppen ini didasarkan pada sistem klasifikasi iklim empiris vegetasi. Menurut Koppen di Indonesia terdapat tipe-tipe iklim Af, Aw, Am, C, dan D.

  1. Hutan hujan tropis (Af) terdapat di daerah Sumatera dan Kalimantan dan Moonson Tropika/Hutan musim (Am) terdapat di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat.
  2. Sabana (Aw) = terdapat di Indonesia yang letaknya dekat dengan benua Australia seperti daerah-daerah di Nusa Tenggara, Kepulauan Aru, dan Irian Jaya pantai selatan.
  3. Iklim Hujan Sedang C = terdapat di hutan-hutan daerah pegunungan.
  4. Iklim D = terdapat di pegunungan salju Irian Jaya.undefined 

0

Roboguru

Pernyataan: (1)tingkat penguapan tinggi; (2) cadangan airnya kurang; (3) tanaman yang tumbuh misalnya kaktus. Iklim di daerah sesuai ciri-ciri tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

  1. Iklim kering penguapan tinggi, cadangan air kurang, tanaman kaktus
  2. Stepa: padang lumut di daerah dingin
  3. Hujan tropis: curah hujan tinggi
  4. Iklim dingin : ditutupi salju dan tumbuhan tundra
  5. Savana: padang rumput diselingi pepohonan

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved