Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan pengaruh tektonisme terhadap kehidupan?

Sebutkan dan jelaskan pengaruh tektonisme terhadap kehidupan?

Iklan

A. Tyas

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tektonisme merupakan proses gerakan pada kerak bumi yang menimbulkan lekukan, lipatan, retakan, patahan, sehingga berbentuk tinggi, rendah atau relatif pada permukaan bumi. Pengaruh tektonisme bagi kehidupan adalah Dampak positif Pembentuk gunung baik gunung api maupun tidak, aktivitas tektonisme yang terjadi di bumi akan membawa dampak salah satunya adalah terbentuknya relief- relief permukaan bumi yang tidak rata, seperti gunung, pegunungan, bukit dan perbukitan dan juga lembah maupun jurang. Menghasilkan tempat-tempat sumber tambang, aktivitas tektonisme menyebabkan berbagai bentuk permukaan bumi, seperti lipatan dan juga patahan. Akibat adanya lipatan dan patahan ini maka hasil bumi akan mudah terlihat ke atas Menghasilkan objek pemandangan yang indah, bentukan- bentukan relief permukaan bumi merupakan objek pemandangan yang sangat indah. Dampak Negatif Menyebabkan gunung meletus atau erupsi,Erupsi yang dilakukan oleh gunung berapi bisa berupa erupsi efusif atau ekspolsif.Tipe semburan yang menumpahkan materialdengan intensitas yang besar, hal ini menjadisebuah kerugian bagi masyarakat. Memicu terjadinya bencana alam, beberapa bencana alam yang dapat terjadi adalah gempa bumi, longsor, hingga tsunamiapabila gempa tektonik yang terjadi berpusat di laut dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam.

Tektonisme merupakan proses gerakan pada kerak bumi yang menimbulkan lekukan, lipatan, retakan, patahan, sehingga berbentuk tinggi, rendah atau relatif pada permukaan bumi. Pengaruh tektonisme bagi kehidupan adalah

Dampak positif

  1. Pembentuk gunung baik gunung api maupun tidak, aktivitas tektonisme yang terjadi di bumi akan membawa dampak salah satunya adalah terbentuknya relief- relief permukaan bumi yang tidak rata, seperti gunung, pegunungan, bukit dan perbukitan dan juga lembah maupun jurang.
  2. Menghasilkan tempat-tempat sumber tambang, aktivitas tektonisme menyebabkan berbagai bentuk permukaan bumi, seperti lipatan dan juga patahan. Akibat adanya lipatan dan patahan ini maka hasil bumi akan mudah terlihat ke atas
  3. Menghasilkan objek pemandangan yang indah, bentukan- bentukan relief permukaan bumi  merupakan objek pemandangan yang sangat indah. 

Dampak Negatif

  1. Menyebabkan gunung meletus atau erupsi, Erupsi yang dilakukan oleh gunung berapi bisa berupa erupsi efusif atau ekspolsif. Tipe semburan yang menumpahkan material dengan intensitas yang besar, hal ini menjadi sebuah kerugian bagi masyarakat.
  2. Memicu terjadinya bencana alam, beberapa bencana alam yang dapat terjadi adalah gempa bumi, longsor, hingga tsunami apabila gempa tektonik yang terjadi berpusat di laut dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam.

Latihan Bab

Pengantar Litosfer

Tektonisme

Vulkanisme

Seisme

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9rb+

Raihan

Pembahasan lengkap banget

MR BIASAAJA

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gerak tektonik yang banyak memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan adalah...

174

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia