Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan kebahasaan teks drama!

Sebutkan dan jelaskan kebahasaan teks drama!space 

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa kaidah kebahsaan teks drama antara lain, yaitu menggunakan konjungsi temporal, kata kerja yang menggambarkan suatu peristiwa, kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh, dan kata sifat untuk menggambarkan tokoh, tempat, atau suasana.

dapat disimpulkan bahwa kaidah kebahsaan teks drama antara lain, yaitu menggunakan konjungsi temporal, kata kerja yang menggambarkan suatu peristiwa, kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh, dan  kata sifat untuk menggambarkan tokoh, tempat, atau suasana.space 

Pembahasan

Teks drama adalah suatu teks cerita yang terdiri dari prolog, dialog, dan epilog yang bertujuan untuk dipentaskan di atas panggung atau biasa disebut teater. Drama secara luas dapat diartikan sebagai salah satu bentuk sastra yang isinya tentang suatu kehidupan yang disajikan atau dipertunjukkan dalam bentuk gerak. Berikut adalah ciri kebahasaan teks drama: Menggunakan konjungsi temporal , konjungsi temporal adalah kata hubung yang digunakan untuk menyatakan urutan waktu, seperti sebelum, sekarang, setelah itu, mula-mula, kemudian. Menggunakan kata kerja yang menggambarkan suatu peristiwa , seperti menyuruh, menobatkan, menyingkirkan, menghadap, beristirahat. Menggunakan kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh , seperti merasakan, menginginkan, mengharapkan, mendambakan, mengalami. Menggunakan kata sifat untuk menggambarkan tokoh, tempat, atau suasana , seperti ramai, bersih, baik, gagah, kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kaidah kebahsaan teks drama antara lain, yaitu menggunakan konjungsi temporal, kata kerja yang menggambarkan suatu peristiwa, kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh, dan kata sifat untuk menggambarkan tokoh, tempat, atau suasana .

Teks drama adalah suatu teks cerita yang terdiri dari prolog, dialog, dan epilog yang bertujuan untuk dipentaskan di atas panggung atau biasa disebut teater. Drama secara luas dapat diartikan sebagai salah satu bentuk sastra yang isinya tentang suatu kehidupan yang disajikan atau dipertunjukkan dalam bentuk gerak.

Berikut adalah ciri kebahasaan teks drama:

  1. Menggunakan konjungsi temporal, konjungsi temporal adalah kata hubung yang digunakan untuk menyatakan urutan waktu, seperti sebelum, sekarang, setelah itu, mula-mula, kemudian.
  2. Menggunakan kata kerja yang menggambarkan suatu peristiwa, seperti menyuruh, menobatkan, menyingkirkan, menghadap, beristirahat.
  3. Menggunakan kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh, seperti merasakan, menginginkan, mengharapkan, mendambakan, mengalami.
  4. Menggunakan kata sifat untuk menggambarkan tokoh, tempat, atau suasana, seperti ramai, bersih, baik, gagah, kuat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kaidah kebahsaan teks drama antara lain, yaitu menggunakan konjungsi temporal, kata kerja yang menggambarkan suatu peristiwa, kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh, dan  kata sifat untuk menggambarkan tokoh, tempat, atau suasana.space 

3rb+

5.0 (4 rating)

Putri. berliana. nabila. azaria

Makasih ❤️

Deladuwi. Riani

Makasih ❤️

Adul Sipacul

Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu kaidah penulisan naskah drama adalah ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia