Iklan

Iklan

Pertanyaan

sebutkan dan jelaskan jenis-jenis manusia purba Austrolopithecus !

sebutkan dan jelaskan jenis-jenis manusia purba Austrolopithecus  !

Iklan

F. Freelancer4

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat kita ketahui bahwa terdapat empatjenis manusia purba Austrolopichecus. Antara lain Autrolopithecus Anamonsis, Autrolopithecus Afarensis, Austrolopithecus Africanus, dan Autrolopithecus Sediba.

dapat kita ketahui bahwa terdapat empatjenis manusia purba Austrolopichecus. Antara lain Autrolopithecus Anamonsis, Autrolopithecus Afarensis, Austrolopithecus Africanus, dan Autrolopithecus Sediba.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Australopithecus berarti “kera dari selatan”, yakni Afrika. Makhluk purba ini diperkirakan menjadi awal dari evolusi manusia, dimana bentuk fisiknya masih amat primitif menyerupai kera. Terdapat empat jenis Australoputhecus sebagai berikut Australopithecus Anamonsis , yang diperkirakan hidup 4,2 juta hingga 3,9 juta tahun lalu, dimana fosilnya ditemukan di dekat Danau Turkana Kenya (1965). Diperkirakan manusia purba ini bipedal yaitu berjalan dengan kedua kali meskipun belum tegak. Australopithecus Afarensis , spesies ini paling popular dan diperkirakan hidup 3,2 juta tahun lalu. Fosilnya ditemukan di Hadar, Ethiopia (1974). Adapun ciri dari manusia purba ini, bagian atas masih menyerupai kera tetapia da beberapa bagian tubuh bagian bawah sudah menyerupai manusia. JIka melihat dari bentuk fisiknya maka manusia purba ini melangkah dengan kedua kakinya. Australopithecus Africanus , diperkirakan hidup antara 3 juta hingga 2,4 juta tahun lalu. Secara alami, manusia purba ini sama dengan yang lain tetapi ada kekhasan tersendiri yaitu dari organ pengunyahannya, dimana organnya lebih mengakomodasi kebutuhan mengunyah yang kuat. Australopithecus Sediba , diperkirakan hidup sekitar 2 juta tahun lalu, fosilnya ditemukan di gua Malapa Transvaal, Afrika Selatan (2008). Kekhasan ciri fisik berupa jari-jari tangan yang memendek dan jempol yang memanjang mengindikasikan spesies ini telah menggunakan alat untuk menunjang kehidupannya Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa terdapat empatjenis manusia purba Austrolopichecus. Antara lain Autrolopithecus Anamonsis, Autrolopithecus Afarensis, Austrolopithecus Africanus, dan Autrolopithecus Sediba.

Australopithecus berarti “kera dari selatan”, yakni Afrika. Makhluk purba ini diperkirakan menjadi awal dari evolusi manusia, dimana bentuk fisiknya masih amat primitif menyerupai kera. 

Terdapat empat jenis Australoputhecus sebagai berikut
 

  • Australopithecus Anamonsis, yang diperkirakan hidup 4,2 juta hingga 3,9 juta tahun lalu, dimana fosilnya ditemukan di dekat Danau Turkana Kenya (1965). Diperkirakan manusia purba ini bipedal yaitu berjalan dengan kedua kali meskipun belum tegak.
  • Australopithecus Afarensis, spesies ini paling popular dan diperkirakan hidup 3,2 juta tahun lalu. Fosilnya ditemukan di Hadar, Ethiopia (1974). Adapun ciri dari manusia purba ini, bagian atas masih menyerupai kera tetapia da beberapa bagian tubuh bagian bawah sudah menyerupai manusia. JIka melihat dari bentuk fisiknya maka manusia purba ini melangkah dengan kedua kakinya.
  • Australopithecus Africanus, diperkirakan hidup antara 3 juta hingga 2,4 juta tahun lalu. Secara alami, manusia purba ini sama dengan yang lain tetapi ada kekhasan tersendiri yaitu dari organ pengunyahannya, dimana organnya lebih mengakomodasi kebutuhan mengunyah yang kuat.
  • Australopithecus Sediba, diperkirakan hidup sekitar 2 juta tahun lalu, fosilnya ditemukan di gua Malapa Transvaal, Afrika Selatan (2008). Kekhasan ciri fisik berupa jari-jari tangan yang memendek dan jempol yang memanjang mengindikasikan spesies ini telah menggunakan alat untuk menunjang kehidupannya

Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa terdapat empatjenis manusia purba Austrolopichecus. Antara lain Autrolopithecus Anamonsis, Autrolopithecus Afarensis, Austrolopithecus Africanus, dan Autrolopithecus Sediba.

Latihan Bab

Manusia Purba di Indonesia

Manusia Purba di Dunia

Manusia Modern

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan jenis-jenis dan ciri-ciri manusia purba Afrika!

4rb+

3.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia