Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan dampak positif dan negatif kelompok teman sepermainan (peer group) !

Sebutkan dan jelaskan dampak positif dan negatif kelompok teman sepermainan (peer group)!space 

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Dampak positif teman sepermainan (sebaya) yaitu : Mengontrol impuls-impuls agresif. Melalui interaksi dengan teman sebaya, remaja belajar bagaimana menyelesaikan pertentangan - pertentangan dengan cara-cara lain selain tindakan secara langsung. Memperoleh dorongan emosional dan sosial serta menjadi lebih independen. Teman sebayanya memberikan dorongan bagi remaja untuk mengambil peran dan tanggung jawab yang baru. Dorongan yang diperoleh remaja dari teman-teman sebaya mereka ini menyebabkan berkurangnya ketergantungan remaja pada dorongan keluarga mereka. Meningkatkan ketrampilan-ketrampilan sosial, mengembangkan kemampuan penalaran, dan belajar untuk mengekspresikan perasaan-perasaan dengan cara-cara yang lebih matang. Mengembangkan sikap terhadap seksualitas dan tingkah laku peran jenis kelamin. Memperkuat penyesuaian moral dan nilai-nilai. Umumnya orang dewasa mengajarkan kepada anak-anak mereka tentang apa yang benar dan apa yang salah. Di dalam teman sebaya, remaja mencoba mengambil keputusan atas diri mereka sendiri. Remaja mengevaluasi nilai yang dimiliknya dan yang dimiliki oleh lingkungan teman sebayanya, serta memutuskan mana yang benar. Proses evaluasi ini dapat membantu remaja mengambangkan kemampuan penelaran moral mereka. Meningkatkan harga diri. Menjadi orang yang disukai oleh sejumlah besar teman-teman sebayanya membuat remaja merasa enak atau senang tentang dirinya. Dampak negatif teman sepermainan (sebaya) yaitu : Apabila sedang terjadi konflik antar teman dapat berdampak buruk secara sosial dan psikologis. Teman sepermainan yang kebetulan memiliki kebiasaan buruk akan menularkan nilai - nilai yang menyimpang dari nilai umum masyarakat . Sehingga dalam hal ini teman sepermainan menjadi subbudaya menyimpang. Teman sepermainan dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Sehingga adanya pergaulan yang menyimpang dapat menyebabkan perilaku menyimpang yang akan menjadi kepribadian seseorang menjadi menyimpang. Kondisi ini akan berdampak pada masa depan seseorang menjadi suram.

Dampak positif teman sepermainan (sebaya) yaitu :

  • Mengontrol impuls-impuls agresif. Melalui interaksi dengan teman sebaya, remaja belajar bagaimana menyelesaikan pertentangan - pertentangan dengan cara-cara lain selain tindakan secara langsung.
  • Memperoleh dorongan emosional dan sosial serta menjadi lebih independen. Teman sebayanya memberikan dorongan bagi remaja untuk mengambil peran dan tanggung jawab yang baru. Dorongan yang diperoleh remaja dari teman-teman sebaya mereka ini menyebabkan berkurangnya ketergantungan remaja pada dorongan keluarga mereka.
  • Meningkatkan ketrampilan-ketrampilan sosial, mengembangkan kemampuan penalaran, dan belajar untuk mengekspresikan perasaan-perasaan dengan cara-cara yang lebih matang. 
  • Mengembangkan sikap terhadap seksualitas dan tingkah laku peran jenis kelamin.
  • Memperkuat penyesuaian moral dan nilai-nilai. Umumnya orang dewasa mengajarkan kepada anak-anak mereka tentang apa yang benar dan apa yang salah. Di dalam teman sebaya, remaja mencoba mengambil keputusan atas diri mereka sendiri. Remaja mengevaluasi nilai yang dimiliknya dan yang dimiliki oleh lingkungan teman sebayanya, serta memutuskan mana yang benar. Proses evaluasi ini dapat membantu remaja mengambangkan kemampuan penelaran moral mereka. 
  • Meningkatkan harga diri. Menjadi orang yang disukai oleh sejumlah besar teman-teman sebayanya membuat remaja merasa enak atau senang tentang dirinya. 

Dampak negatif teman sepermainan (sebaya) yaitu :

  • Apabila sedang terjadi konflik antar teman dapat berdampak buruk secara sosial dan psikologis.
  • Teman sepermainan yang kebetulan memiliki kebiasaan buruk akan menularkan nilai - nilai yang menyimpang dari nilai umum masyarakat. Sehingga dalam hal ini teman sepermainan menjadi subbudaya menyimpang.
  • Teman sepermainan dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Sehingga adanya pergaulan yang menyimpang dapat menyebabkan perilaku menyimpang yang akan menjadi kepribadian seseorang menjadi menyimpang. Kondisi ini akan berdampak pada masa depan seseorang menjadi suram.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

38

Farah nur Azizah

Makasih ❤️

Ayesha Qurunin Ula

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut yang termasuk sosialisasi sekunder adalah ...

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia