Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri kelas vertebrata!

Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri kelas vertebrata!space space 

Iklan

A. Agustina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Vertebrata mempunyai karakteristik berupa tulang belakang yang membentuk sumbu rangka tubuhnya. Tulang belakang merupakan sumbu penyokong tubuh primer (notokorda) selama perkembangan embrio. Tulang belakang disusun oleh serangkaian tulang silindris ( vertebrae ) yang saling bersambungan dari ujung ke ujung. Vertebrata memiliki tubuh bersimetri bilateral dengan kepala jelas yang berisi otak. Berdasarkan penutup tubuh, alat gerak, dan cara berkembangbiak, hewan vertebrata dibedakan menjadi lima kelompok, yaitu: Pisces (ikan), Amfibi, Reptil, Aves, dan Mamalia. Pisces memiliki ciri yaitu habitat di air, baik air tawar maupun air asin. Tubuh ditutupi sisik, bergerak menggunakan sirip, memiliki insang untuk bernapas, memiliki jantung sederhana yang terbagi menjadi dua ruang yaitu satu serambi dan satu bilik. Kelompok pisces merupakan hewan berdarah dingin (poikiloterm), yang artinya suhu tubuh mereka bisa berubah-ubah sesuai suhu lingkungannya. Pisces berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Amphibia memiliki ciri dapat hidup di air dan dapat hidup di darat, berkembang biak secara bertelur, tapi pembuahannya bisa terjadi secara internal (di dalam tubuh induk) atau eksternal (di luar tubuh induk). Amfibi memiliki 3 ruang jantung yatu satu bilik dan memiliki dua serambi. Amfibi juga bersifat poikiloterm atau berdarah dingin. Reptil dapat hidup di air dan di darat, tubuhnya juga ditutupi oleh sisik. Mereka berpindah tempat dengan cara merayap atau melata. Reptil memiliki empat ruang pada jantungnya, dua serambi dan dua bilik, tetapi sekat tidak sempurna. Reptil bersifat poikiloterm, berkembang dengan dua cara yaitu bertelur (ovipar) atau bertelur dan melahirkan (ovovivipar), tetapi pembuahannya hanya bisa terjadi di dalam tubuh induknya (internal). Aves memiliki ciri seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu kecuali pada paruh dan kakinya. Habitat dapat hidup di darat, memiliki sepasang sayap serta kaki untuk bergerak. Jantung aves memiliki empat ruang sempurna yang berupa dua serambi dan dua bilik. Aves juga memiliki pundi-pundi udara yang dapat membantu proses pernapasan saat mereka sedang terbang. Kelompok aves adalah hewan berdarah panas atau homoioterm yang artinya suhu tubuh mereka stabil dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Mamalia memiliki rambut di permukaan tubuhnya dan memiliki kelenjar susu. Habitanya di darat, tapi ada juga beberapa jenis mamalia yang hidup di air. Kelompok mamalia bersifat homoioterm dan berkembangbiak dengan cara vivipar (melahirkan). Mamalia memiliki jantung dengan empat ruang yang sempurna.

Vertebrata mempunyai karakteristik berupa tulang belakang yang membentuk sumbu rangka tubuhnya. Tulang belakang merupakan sumbu penyokong tubuh primer (notokorda) selama perkembangan embrio.  Tulang belakang disusun oleh serangkaian tulang silindris (vertebrae) yang saling bersambungan dari ujung ke ujung. Vertebrata memiliki tubuh bersimetri bilateral dengan kepala jelas yang berisi otak. Berdasarkan penutup tubuh, alat gerak, dan cara berkembangbiak, hewan vertebrata dibedakan menjadi lima kelompok, yaitu: Pisces (ikan), Amfibi, Reptil, Aves, dan Mamalia.

  • Pisces memiliki ciri yaitu habitat di air, baik air tawar maupun air asin. Tubuh ditutupi sisik, bergerak menggunakan sirip, memiliki insang untuk bernapas, memiliki jantung sederhana yang terbagi menjadi dua ruang yaitu satu serambi dan satu bilik. Kelompok pisces merupakan hewan berdarah dingin (poikiloterm), yang artinya suhu tubuh mereka bisa berubah-ubah sesuai suhu lingkungannya. Pisces berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).
  • Amphibia memiliki ciri dapat hidup di air dan dapat hidup di darat, berkembang biak secara bertelur, tapi pembuahannya bisa terjadi secara internal (di dalam tubuh induk) atau eksternal (di luar tubuh induk). Amfibi memiliki 3 ruang jantung  yatu satu bilik dan memiliki dua serambi. Amfibi juga bersifat poikiloterm atau berdarah dingin.
  • Reptil dapat hidup di air dan di darat, tubuhnya juga ditutupi oleh sisik. Mereka berpindah tempat dengan cara merayap atau melata. Reptil memiliki empat ruang pada jantungnya, dua serambi dan dua bilik, tetapi sekat tidak sempurna. Reptil bersifat poikiloterm, berkembang dengan dua cara yaitu bertelur (ovipar) atau bertelur dan melahirkan (ovovivipar), tetapi pembuahannya hanya bisa terjadi di dalam tubuh induknya (internal).
  • Aves memiliki ciri seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu kecuali pada paruh dan kakinya. Habitat dapat hidup di darat, memiliki sepasang sayap serta kaki untuk bergerak. Jantung aves memiliki empat ruang sempurna yang berupa dua serambi dan dua bilik. Aves juga memiliki pundi-pundi udara yang dapat membantu proses pernapasan saat mereka sedang terbang. Kelompok aves adalah hewan berdarah panas atau homoioterm yang artinya suhu tubuh mereka stabil dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan.
  • Mamalia memiliki rambut di permukaan tubuhnya dan memiliki kelenjar susu. Habitanya di darat, tapi ada juga beberapa jenis mamalia yang hidup di air. Kelompok mamalia bersifat homoioterm dan berkembangbiak dengan cara vivipar (melahirkan). Mamalia memiliki jantung dengan empat ruang yang sempurna.space space 

Latihan Bab

Klasifikasi Animalia

Porifera

Cnidaria dan Ctenophora

Plathyhelminthes

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

280

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang siswa membuat kelompok-kelompok makhluk hidup. Kelompok 1 terdiri dari kucing, burung kakatua, dan paus bongkok. Kelompok 2 terdiri dari katak, ikan lele, dan buaya. Pengelompokan tersebut ber...

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia